Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain concurrent embedded strategy yang difokuskan pada kemampuan problem solving dan kemampuan representasi matematis siswa SMK PGRI 3 Cianjur dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan problem solving dan kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran matematika; untuk mengetahui kemampuan problem solving siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran biasa; untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran biasa; untuk mengetahui apakah ada korelasi antara problem solving siswa dan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning; untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas siswa pada saat pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan dilakukan di kelas X SMK PGRI 3 Cianjur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa: lembar observasi, wawancara, jurnal harian siswa, angket dan tes kemampuan problem solving dan representasi matematis siswa. Dari data yang diperoleh hasil: Pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan problem solving matematis siswa pada pembelajaran matematika; Pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran matematika; Peningkatan kemampuan problem solving siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran biasa; Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pembelajaran biasa; Terdapat korelasi antara sikap siswa terhadap Problem Based Learning problem solving dengan peningkatan kemampuan problem solving dan representasi matematis siswa. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa m Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan problem solving dan representasi matematis siswa.
Keywords
Article Details
References
- Ahmad dan Nana. (2009). Teknologi Pengajaran. Ban-dung: Sinar Baru Algesindo
- Arends, Richard I. (2004) Learn-ing To Teach. New York: Mc Graw Hill.
- Arikunto ,Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Penedekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
- Besral. 2010. Pengolahan dan An-alisa Data-1 Menggunakan SPSS. Jakarta: Departemen Bio-statistika - FKM UI
- Bounds, David and Falletti, Gra-ham I. (1997) The Challenge of Problem Based Learning. London: Kongan Page.
- Bruce, Joyceand Weil, Marsha. (2010). Model Of Teaching. New Jersey: Practice Hall.
- Dimyati, Mudjiono. (2013). Bela-jar dan Pembelajaran. Jakar-ta: Rineka Cipta.
- Hillman, W . (2003). Learning How to Learn : Problem Based Learning. Australian: Journal of T eacher Educa-tion
- Lu Ann Wilkerson, Wim H. Gijse-laers. (1996) Bringing Prob-lem Based Learning To Higher Education. Jossey-Bass Publishers.
- Paulina Pannen, Dina Mustafa, Mestika Senarwinahyu (2001) Kontrukstivisme Da-lam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAL
- Steven R. (2012) Mixed-Methods Research Methodologies. Florida: Terrell
- Suherman dan Sukjaya. (1990). Petunjuk Praktis Untuk Melaksanakan Evaluasi. Bandung: Wijaya Kusuma
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
- Zaini, Hisyam. (2005) Strategi Pembelajaran Aktif. Yogya-karta: Bintang Pustaka
References
Ahmad dan Nana. (2009). Teknologi Pengajaran. Ban-dung: Sinar Baru Algesindo
Arends, Richard I. (2004) Learn-ing To Teach. New York: Mc Graw Hill.
Arikunto ,Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Penedekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Besral. 2010. Pengolahan dan An-alisa Data-1 Menggunakan SPSS. Jakarta: Departemen Bio-statistika - FKM UI
Bounds, David and Falletti, Gra-ham I. (1997) The Challenge of Problem Based Learning. London: Kongan Page.
Bruce, Joyceand Weil, Marsha. (2010). Model Of Teaching. New Jersey: Practice Hall.
Dimyati, Mudjiono. (2013). Bela-jar dan Pembelajaran. Jakar-ta: Rineka Cipta.
Hillman, W . (2003). Learning How to Learn : Problem Based Learning. Australian: Journal of T eacher Educa-tion
Lu Ann Wilkerson, Wim H. Gijse-laers. (1996) Bringing Prob-lem Based Learning To Higher Education. Jossey-Bass Publishers.
Paulina Pannen, Dina Mustafa, Mestika Senarwinahyu (2001) Kontrukstivisme Da-lam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAL
Steven R. (2012) Mixed-Methods Research Methodologies. Florida: Terrell
Suherman dan Sukjaya. (1990). Petunjuk Praktis Untuk Melaksanakan Evaluasi. Bandung: Wijaya Kusuma
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Zaini, Hisyam. (2005) Strategi Pembelajaran Aktif. Yogya-karta: Bintang Pustaka
