Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian tingkat kemampuan Self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika berbasis E-learning di Era Pandemi Covid-19 ini. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif deskriptif dengan desain penelitiannya yaitu deskriptif  kualitatif.  Tahapan peneltian kualitatif deskriptif ini yaitu melakukan observasi awal mengenai kemampuan awal matematis siswa, mengkonstruksi instrumen, validasi instrumen, melakukan penelitian dan penyebaran angket melalui google form, dan analisis hasil penelitian secara deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di salah satu SMK Kota Bandung. Di sekolah tersebut terdapat lima Jurusan yang diteliti yaitu Jurusan Keuangan dan Akuntansi, Otomotif, Perhotelan, TIK1 dan TIK2. Dari empat Jurusan tersebut yang subjek penelitiannya diambil secara purposive akan diteliti menggunakan Self-confidence dengan pembelajaran matematika berbasis E-learning. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan Angket yang disebarkan melalui google form. Data yang diperoleh akan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Self-confidence  siswa dengan pembelajaran matematika berbasis E-learning secara keseluruhan yaitu memiliki presentase sebesar 57%yang mana berada dalam katagori sedang. Secara per kelas kelas dengan Jurusan Keuangan dan Akuntansi memiliki capaian 13,3%; kelas dengan Jurusan Otomotif memiliki capaian Self-confidence sebesar 20%; kelas dengan Jurusan Perhotelan memperoleh 28,9%; kelas dengan Jurusan TIK1 memperoleh persentase 24,4%; dan kelas dengan Jurusan TIK2 memperoleh persentase sebesar 13,3%.

Keywords

Self-Confidence, Pembelajaran Daring, Covid-19

Article Details

How to Cite
Rokhmah, N. (2021). Capaian Kemampuan Self-confidence Siswa SMK dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring di Era Covid-19. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 38–51. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i2.4502

References

Read More

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.