Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching dan konvensional, menganalisis motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching dan konvensional, serta  menganalisis korelasi antara kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, kemampuan pemahaman dengan motivasi belajar, dan kemampuan komunikasi dengan motivasi belajar. Metode penelitian adalah mixed method jenis Embedded experimental design. Populasi adalah siswa X IPS MAN di kota Ciamis dengan sampel dua kelas sebanyak 62 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika, angket motivasi belajar, lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching tidak lebih baik dari pembelajaran konvensional 2) Motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Peer Teaching tidak lebih baik dari pembelajaran konvensional 3) Terdapat hubungan yang positif antara peningkatan kemampuan pemahaman dengan peningkatan komunikasi matematika siswa, peningkatan kemampuan pemahaman matematika dengan motivasi belajar siswa, dan peningkatan kemampuan komunikasi dengan motivasi belajar siswa.
 
 

Keywords

Embedded experimental model, Perbandingan Trigonometri, Tutor Sebaya.

Article Details

How to Cite
Asharimudin, M., Damayanti, R., & Fauziah, Y. S. (2022). Model Pembelajaran Peer Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman, Komunikasi Matematika, dan Motivasi Belajar Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 76–91. Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/5337

References

Read More

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.