Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Media Gambar Dengan Media Model Padat Pada Materi Geometri

Authors

  • Pupung Syaeful Rohman AKAMigas Balongan
  • Lusi Susianti MTsN 1 Purwakarta
  • Mohamad Jamaludin Kepala SMK Miftahul Huda Ciwaringin

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v11i2.4571

Keywords:

Geometri, Hasil Belajar Matematika, Media Gambar, Media Model Padat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar matematika siswa pada materi geometri yang pembelajarannya menggunakan media gambar dengan media model padat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI PUI Dermayu Sindang Indramayu dengan jumlah 119 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas dengan mengambil sampel 2 kelas secara acak kelas dengan teknik simple random sampling. Instrumen untuk mengukur hasil belajar berupa tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis datanya menggunakan uji statistik. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa (1) hasil belajar siswa yang menggunakan media model padat lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar; (2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi geometri antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media gambar dengan media model padat; (3) penggunaan media model padat pada pembelajaran matematika dengan materi geometri pada penelitian ini lebih baik dibandingkan dengan penggunaan media gambar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arunti, Rindang. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil belajarMatematika Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ponjong Gunungkidul Tahun ajaran 2012/2013. [Online]. Tersedia: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9206/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. [1 Juli 2021]

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004).

Daher, Wajeeh. 2020. Students' positioning and emotions in learning geometric definition. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/9057/pdf. [5 Juli 2021]

Denizli, Zeynep Akkurt;Erdoğan, Abdulkadir. 2018. Development of a three dimensional geometric thinking test for early graders. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/5741/pdf. [5 Juli 2021]

Firdaus, Indra Cahya. 2017. Jurnal Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa Terhadap Haisl Belajar Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika/article/view/1505/pdf. [8 Juli 2021].

Ismawati, Lilik. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Di Kabupaten Gresik. [Online]. Tersedia: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpeka/article/view/1948/1331. [10 Juli 2021].

Kariadinata, R., dkk. 2017. The implementation of GeoGebra software-assited DDFC instructional model for improving students' Van-Hiele geometry thinking skill. [Online]. Tersedia: https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/3124116.3124129?casa_token=74beBKfy3SQAAAAA:JTKky3Ka5htwrtBpC-SdNc_obBgq12NN-iMqNCVdXHn7_Iv_AIGBQgcnyAuhWuL3j-ldVbMPvG9Ajek. [15 Juli 2021].

Karo-karo, Isran Rasyid Karo-Karo, Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778/1411. [8 Juli 2021].

Lastrijanah., Prasetyo, T., & Mawardani, A. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. [Online]. Tersedia: https://ojs.unida.ac.id/index.php/jtdik/article/view/895 , [8 Juli 2021].

Mustika, Sara. 2018. Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. [Online]. Tersedia: http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/8668/3703. [5 Juli 2021]

Noto Muchamad Subali, Nanang Priatna, Jarnawi Afgani Dahlan. 2019. Mathematical Proof: The Learning Obstacles Of Pre-Service Mathematics Teachers On Transformation Geometry. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/5379/pdf. [6 Juli 2021].

Nurhayati., Arafat, Yasir., & Fitriani, Yessi. 2020. Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Matematika dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. [Online]. Tersedia:http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/download/1036/580 , [8 Juli 2021].

Nurwidayanti, Dewi, Mukminan. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. [Online]. Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/17743/12824. [10 Juli 2021]

Pratama , Ryan Angga., Ananta, Rudi., & Yuniarti, Suci. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Matematika (Monotika) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/article/view/291, [8 Juli 2021]

Pratiwi, Noor Komari. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil belajarBahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember. [Online]. Tersedia: http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/320. [5 Juli 2021]

Purwasih, Silviana Maya. 2020. Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK. [Online]. Tersedia: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/10087/pdf, [11 Juli 2021].

Putri, Kabita Camelia. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n2_14./362. [8 Juli 2021]

Rizkianto, Ilham; Zulkardi; Darmawijaya. 2013. Constructing geometric properties of rectangle, square, and triangle in the third grade of Indonesian primary schools. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/414/pdf. [8 Juli 2021]

Robiana, Asep; Hendri Handoko. 2020. Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n3_15/641. [8 Juli 2021]

Rostina Sundayana, Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika (Bandung: Alfabeta, 2016)

Samura, Asri Ode. 2015. Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/145/108. [8 Juli 2021].

Sari, Siska Puspita; Madio, Sukanto Sukandar. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatipe Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv2n1_4/197. [5 Juli 2021].

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyati. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. [Online]. Tersedia: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1259/481. [5 Juli 2021].

Sukayati. 2003. Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jogjakarta : Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.

Suryani, Lely. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Geometri Ruang pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. [Online]. Tersedia: https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/jupika/article/view/672/663. [8 Juli 2021].

Sutiarso Sugeng, M. Coesamin, Nurhanurawati. 2018. The Effect of Various Media Scaffolding on Increasing Understanding of Students’ Geometry Consepts. [Online]. Tersedia: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1173673.pdf. [10 Juli 2021].

Tatan Z.M. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. [Online]. Tersedia: https://core.ac.uk/download/pdf/236195944.pdf. [5 Juli 2021].

Tehayanti. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Realita Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas III. [Online]. Tersedia: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/9956/9734, [8 Juli 2021].

Warti, Erlis. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_15/278. [10 Juli 2021].

Widjayanti, Wegita Reski. 2019. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/6294/pdf. [10 Juli 2021].

Yaniawati, R. P., dkk. 2017. Accelerated learning method using edmodo to increase students' mathematical connection and self-regulated learning. [Online]. Tersedia: https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/3124116.3124128?casa_token=baYAArVWuYEAAAAA%3Ab05Yjq_Jp7JJjdVSAKjpzGa3SjtP6yHumiyzxUBLxJ7d_Zb0N1P2AEpVFG_xCFrx8E6DFpXcumyEmQI. [15 Juli 2021].

Zulkardi. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Zul Zagir. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil belajarSiswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 04 BATI Tahun Pelajaran 2016/2017. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. [Online]. Tersedia: https://www.neliti.com/id/publications/271596/analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-rendahnya-prestasi-belajar-siswa-pada-m. [10 Juli 2021]

Downloads

Published

2021-11-30