Main Article Content

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan model pembelajaran matematika knisley yang diduga dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan melihat dampaknya terhadap self-confidence siswa, ditinjau dari keseluruhan siswa dan kategori Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa (unggul dan asor). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Design dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ar-Rohmah Bandung. Instrumen yang digunakan: tes KAM, tes kemampuan koneksi matematis, skala self-confidence lembar observasi dan wawancara. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Ditinjau dari keseluruhan, peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika knisley lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori; 2) Apabila ditinjau dari kategori KAM, peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa unggul dan asor yang memperoleh model pembelajaran matematika knisley lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran ekspositori; 3) Ditinjau dari keseluruhan, peningkatan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran matematika knisley lebih baik daripada self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori; 4) Apabila ditinjau dari kategori KAM, peningkatan self-confidence siswa unggul dan asor yang memperoleh model pembelajaran matematika knisley lebih baik daripada Self-confidence siswa unggul dan asor yang memperoleh pembelajaran ekspositori; 5) Gambaran self-confidence siswa yaitu self-confidence siswa dapat menunjang keberhasilan belajar matematika, dalam hal ini yaitu kemampuan koneksi matematis. Siswa yang memiliki self-confidence yang baik, siswa tersebut akan menunjukan sikap semangat dalam belajar, pantang menyerah, mampu mempertahankan argumentasinya, dan berani mempresentasikan hasil pekerjaannya; dan 6) Terdapat dampak positif antara kemampuan koneksi terhadap Self-confidence.

Keywords

Model pembelajaran Matematika Knisley, Kemampuan koneksi Matematis, Self Confidence

Article Details

How to Cite
Trisnawati, T. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Matematika Knisley (Mpmk) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.23969/pjme.v5i1.2518

References

Read More

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.