Main Article Content

Abstract

Belajar matematika memerlukan kecakapan untuk berpikir dan beralasan secara sistematis untuk menyelesaikan soal-soal baru dan mempelajari ide-ide baru yang akan dihadapi oleh peserta didik dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan self-esteem matematis siswa dengan sampel secara purposif sampel tiga kelas VIII siswa SMP Bina Mandiri Sukamanah Kab. Garut tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah metode campuran tipe konvergen. Instrumen tes yang digunakan adalah pre-test dan post-test sedangkan untuk instrumen non tes adalah lembar observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan uji N-gain, uji Kruskal Wallis H dan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan e-learning portal rumah belajar lebih baik daripada siswa yang menggunakan model PBL dan metode ceramah dilihat dari data keseluruhan dan KAM; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran yang menggunakan e-learning portal rumah belajar, model PBL dan metode ceramah dengan KAM terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (3) self-esteem matematis siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning portal rumah belajar lebih baik daripada yang menggunakan model PBL dan metode ceramah dilihat dari keseluruhan dan KAM.

Keywords

Pemahaman Matematis, Self Esteem matematis, e-learning portal rumah belajar, dan Problem Based Learning (PBL)

Article Details

How to Cite
Kurnia, A. .-., & Mansor, M. A. . (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Self Esteem Matematis melalui Pembelajaran E-Learning Berbasis Portal Rumah Belajar. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2). Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/6023

References

Read More

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.