Main Article Content

Abstract

Penelitian ini untuk bertujuan mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran SQ3R dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 11 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji Mann whitney. Berdasarkan hasil uji hipotesis data N-gain disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran SQ3R dan kelas kontrol dengan model konvensional karena terlihat bahwa tingkat signifikan yang diperoleh dari uji Mann whitney adalah 0,000 yang berarti tingkat signifikan < 0,05. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 54,12 dan kategori sedang. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 22,34 dan dikategorikan rendah

Keywords

Implementation, SQ3R learning, mathematical concept understanding ability.

Article Details

How to Cite
Riansyah, tubagus M. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2). Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/6055

References

Read More

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.