Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa

Authors

  • juju julaeha juju juju julaeha
  • Roslinda Rosli

Keywords:

Discovery Learning, Motivasi Belajar, Pemecahan Masalah Matematis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran Discovery Learning (DL) dan peserta didik yang menggunakan pembelajaran ekspositori, serta untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Metode Campuran (Mixed Method) dan  tipe penyisipan (Embedded Design). Sampel terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 22 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siwa dengan discovery learning lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori. Motivasi belajar matematika siswa dengan discovery learning lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori. Terdapat hubungan antara motivasi belajar matematika dengan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang sangat kuat, dimana tingkat motivasi belajar siswa yang menggunakan discovery learning lebih baik daripada dengan siswa yang menggunakan ekspositori. Sehingga dengan demikian dapat mempercepat siswa untuk memahami kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apendi, T. (2016). Penerapan model pembelajaran learning cycle 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMK. Unpas Bandung.

Arends, R. I. (2015). Learning to teach (10th ed). New York : McGraw-Hill.

Ariestuti, P. D. (2014). Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 3 Tonja tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2, 2(1), 1–8.

Arohman, B. & Anggo, Z, M. (2020). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1), 141.

Caswita, et al. (2019). Pengaruh discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(03), 776–787.

Ertikanto, et al. (2018). Comparison of mathematical representation skill and science learning result in classes with problem-based and discovery learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 106–113.

Gintings, A. (2014). Esensi praktis belajar dan pembelajaran (Cet. 5). Bandung: Humaniora.

Hendriana, et al. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445.

Indarwati, et al. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan problem based learning untuk siswa kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maulidy, R. I., & Cholik, M. (2020). Pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PDTO kelas X teknik otomotif di SMK Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (JPTM), 9(3), 91–98.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakag) di SMP model pembelajaran generatif di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175.

Muhamad, N. (2015). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 75–90.

Primantiko, et al. (2021). Pengaruh model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 96–102.

Putri, D. A. (2017). Efektivitas metode discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Edukasi, 1(1), 1–9.

Putri, et al. (2017). Pengaruh model 322 terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MAN Bondowoso. Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174.

Retna, et al. (2013). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau berdasarkan kemampuan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 01(02), 71–82.

Roestiyah. (2012). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahrudin, A. (2014). Implementasi strategi pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 1–12.

Sardiman. (2018). Interaksi dan motivasi belajar mengajar (4th ed.). Depok: Raja Grafindo Persada.

Sari, M. Y., & Alzaber. (2019). Pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1 tembilahan hulu. Aksiomatik, 8(3).

Sumartini, T. S. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 1–7.

Uno, H. B. (2017). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-11-30