Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif quasi experimental dengan bentuk the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di suatu sekolah menengah pertama di Cianjur yaitu MTs Negeri 6, dipilih 2 kelas yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan VIII H sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Setiap kelas memiliki 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes tulis kemampuan literasi matematis. Pengolahan data peningkatan literasi matematis menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapatkan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik.

Keywords

Literasi PMR Saintifik Siswa MTs

Article Details

How to Cite
Maulyda, M., & Mudrikah, A. . (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56–67. Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/7566

References

Read More

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.