Pengaruh Media Audiobook Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di Era Digital

Authors

  • Rahmi Septiana Universitas Negeri Makassar
  • Hamsidar PBSI Universitas Negeri Makassar
  • Salsabila PBSI Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Haliq PBSI Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24544

Abstract

Keterampilan membaca adalah salah satu kemampuan penting dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Kehadiran media pembelajaran menjadi sangat penting karena dapat membantu guru menguraikan konsep pembelajaran secara nyata di dalam kelas. Media audiobook merupakan salah satu media yang berkembang pesat dan memiliki potensi dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiobook dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian ini melibatkan tinjauan literatur yang ekstensif dengan menggunakan buku-buku referensi dan jurnal ilmiah sebagai sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiobook pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap literatur pendidikan dan memberikan panduan praktis sebagai sarana pembelajaran yang inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984

Fachrurrozi, F., Utami, N. C. M., & Aldian, R. (2021). Pengembangan Buku Audio Digital Sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 17–31. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p17-31

Fathonah, A. M. (t.t.). Audiobook Menjadi Media Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. Vol 1, No 1(https://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/issue/view/152). https://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1956

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. 9(1). https://doi.org/10.58230/27454312.2

Koniyo, R., Juniarti, G., & Damity, F. (2023). Wujud Determinisme Teknologi dalam Audiobook untuk Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Audience, 6(1), 28–43. https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.7869

Putri, F. A. A. (2022). Strategi Meningkatkan Minat Baca Melalui Pemanfaatan Audiobook Sebagai Pintu Gerbang Informasi Bagi Pemustaka Tunanetra. 5.

Rizkia, A., Hidayatullah, M. F., & Raju, S. (2024). The use of audiobooks as an alternative language learning in elementary school. 1(1).

Sastabila, N., & Iswara, P. D. (t.t.). Pengembangan Media Audiobook untuk Pembelajaran Membaca dan Memirsa pada Siswa Fase B. Jurnal Educatio, Vol 10, No 1. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6705

Sugiharto, R., & Susanto, R. (2024). Penggunaan audio book dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia untuk keterampilan membaca dongeng pada siswa di sekolah dasar. Education and Social Sciences Review, 5(2), 70. https://doi.org/10.29210/07essr476000

Susilo, S. V. (2020a). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Susilo, S. V. (2020b). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).

Downloads

Published

2025-06-07

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>