PENGGUNAAN MODEL SCRAMBLE UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MIT TAHFIDZ AL-MUBARAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28401Keywords:
Membaca Pemahaman, model scramble, Siswa Kelas IVAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di MIT Tahfidz Al-Mubarak. Masalah tersebut muncul akibat kurangnya variasi metode pembelajaran yang mampu mengaktifkan daya nalar dan keterlibatan siswa dalam memahami teks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan model scramble. Model ini melibatkan siswa dalam aktivitas menyusun kata, kalimat, dan paragraf acak agar menjadi urutan teks yang logis, sehingga dapat meningkatkan pemahaman secara eksplisit dan implisit. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca pemahaman siswa setelah penerapan model scramble. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 62,94 dengan tingkat ketuntasan 31,25%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,44 dengan ketuntasan mencapai 87,5%. Siswa menunjukkan partisipasi aktif, semangat, serta peningkatan dalam menyusun makna teks. Dengan demikian, model scramble terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran di sekolah dasar.Downloads
References
Akib, A. S., Amir, J., & Nensilianti, N. (2025). Efektifitas Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Sramble dan Model Directed Reading Thinking Activity dalam Pembelajaran Membaca Teks Aksara Lontara di SMAN 7 Wajo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 11(2), 1662-1671.
Albi Anggito. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak.
Amelia, S. (2023). Penggunaan Media Ajar Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2250–2260. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.928
Jannah, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana dengan menggunakan Model Pembelajaran Scramble pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bireuen. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan sastra), 3(1), 17-24.
Meyvasari, D., & Ramadanti, M. (2025). Analisis Tingkat Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Peserta Didik Kelas I Sd N 38 Lubuklinggau Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scrambel. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 5(1), 47-55.
Mulyono, E., & Syamsudin, A. (2018). Pengaruh Keterbacaan Teks terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2).
Pujasari, D., & Samsudin, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Bacaan Pada Siswa Kelas III SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2031–2044. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.508
Putri, A. R., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2022). Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1192–1199. https://doi.org/
10.31949/educatio.v8i3.3162
Setiawan, T. Y. S. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 176–179. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.394
Tanjung, R., Supandi, & Toyyib, M. A. (2021). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri Pasirkaliki II Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.