MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH DAN KERJASAMA MATERI PERSAMAAN SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL SABUMI PADA SISWA KELAS V SDN TERANTANG 2 KAB. BARITO KUALA

Authors

  • Dina Irsalina Universitas Lambung Mangkurat
  • Noorhapizah Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Riandy Agusta Universitas Lambung Mangkurat
  • Tika Puspita Widya Rini Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30288

Keywords:

problem-solving, coorperation, SABUMI model

Abstract

The research problem is the low problem-solving ability and collaboration skills of students, caused by abstract and passive learning methods, as well as the lack of varied learning models. The study aims to address this issue using the SABUMI model. The objectives are to describe and analyze improvements in problem-solving skills, and collaboration abilities. This research employs Classroom Action Research (CAR) with 10 fifth-grade students from SDN Terantang 2, Barito Kuala Regency, using both qualitative and quantitative approaches. The results showed that problem-solving ability increased from 60% with the criteria of "quite skilled" to 90% with the criteria of "very skilled". Cooperation skills also increased from 30% with the criteria of "quite skilled" to 90% with the criteria of "very skilled". The findings conclude that the SABUMI model effectively enhances students' problem-solving abilities and collaboration skills in learning Simple Equations. Therefore, it is recommended as an alternative teaching approach for this topic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, M. I., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Volume Kubus Menggunakan Model Peniti pada Kelas V SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin. JTTP: Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(01), 281–288. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index

Adawiyah, R., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Menggunakan Model Himung Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 58–69. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss3.1121

Agusta, A. R., Lestari, N. C., Suriansyah, A., Nofirman, & Rukhmana, T. (2022). Pendidikan Inspiratif Era Cybernetics (Strategi Menjadikan Iklim Pembelajaran Bermakna di Era Digital). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 4303–4311. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Ananda, H., & Agusta, A. R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerjasama Menggunakan Model Pelita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 466–494.

Aslamiah, Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2022). Pengelolaan Kelas (A. Suriansyah (ed.)). PT. Rajagrafindo Persada.

Asshadiqy, M. M., & Prastitasari, H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Betuah Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Matematika Di Kelas III …. Jurnal Pendidikan Sosial Dan …, 2(2), 651–661. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/1462%0Ahttps://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/download/1462/1314

Ayuni, H., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Progres Dan Media Tts Pada Kelas Iv Sdn Terantang 2. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 63–73. http://dx.doi.org/10.xxxxx.

Chairani, M. A., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model PBL, Mind Mapping, dan TGT, Dengan Media Augmented Reality Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 537–542. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2

Elisa, H., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Berpikir Kritis dengan Model Pbl , Tai , dan Talking Stick Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 735–744.

Fathonah, S., & Metroyadi. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KERJA SAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PBL, NHT, DAN TGT DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(04), 341–359.

Gina, A., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pintar Pada Siswa Kelas V SDN Nusa Indah 1. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ), 02(01), 227–234.

Hayati, G., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pintar Pada Siswa Kelas V SDN Nusa Indah 1 Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). 02(01), 227–234.

Larasati, N., & Aslamiah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Muatan IPA Menggunakan Model Pembelajaran BARITO di Kelas V SDN 3 Landasan Ulin Barat. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 956–965.

Maharani, A., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Pesona Pada Kelas V SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ), 02(01), 198–205.

Napisah, A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Pada Kelas IV Di SDN Beringin 2. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1158–1172. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/557/501

Noorhapizah, N., Diani Ayu Pratiwi, & Karmilla Ramadhanty. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 613–624. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i2.3773

Noorhapizah, Nur’alim, Agusta, A. R., & Fauzi, Z. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi Penting Dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (Dia), Think Pair Share (Tps) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banja. Proceeding Biology Education Conference, 5(2), 95–108.

Olfah, K., Purwanti, R., & Suriansyah, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Kerja Sama Menggunakan Model Pembelajaran Solid Berbantuan Media Audio Visual Pada Muatan Ipas Kelas Iv Sdn Kuin Utara 5 Banjarmasin. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 435–463.

Puteri, N. A. F., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Menggunakan Model Manis Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 2 Banjarmasin. EduCurio: Education Curiosity, 3(1), 16–24. https://doi.org/10.71456/ecu.v3i1.974

Putri, R. F., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model CANGKAL di SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 642–650.

Putri, T. N., & Agusta, A. R. (2024). Penerapan Kombinasi Model Panutan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Muatan Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(03), 422–435.

Qalbi, M. D., Agusta, A. R., Jannah, F., & Rafianti, W. R. (2025). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan kerjasama, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran CANGKAL dan Media WORDWALL pada Muatan IPS Kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(4), 1277–1285.

Rafianti, W. R., & Maulana, J. R. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model INTAN di Kelas V SDN Labat Muara. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.116907

Rahmah, N., Fauzi, Z. A., & Fa’uni, A. M. (2024). Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Di Kelas VB. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(01), 177–185.

Rahmawati, S., & Sunarno, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas V SDN Irpan, A., Pada, A., & Asia, N. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Menggunakan Model P. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 591–599.

Ramadhanty, R. M., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model GESIT Berbasis TPACK Pada Siswa Kelas VB SDN Kebun Bunga 4 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ), 02(01), 220–226.

Sitompul, E., & Pratiwi, D. A. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA MENGGUNAKAN MODEL SPIRIT DAN MEDIA TTS DI SDN 3 PALAM BANJARBARU. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 139–157.

Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blanded Learning ANTASARI Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. JEE: Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90–110. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jee/article/view/4102

Suriansyah, A., Wahdini, E., Purwanti, R., Prastitasari, H., & Ausyra, A. (2022). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru PAUD KKG Gugus Tulip Kabupaten Banjar. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 340–345. https://doi.org/10.24036/abdi.v4i2.301

Wahyudha, M., & Maimunah. (2024). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Berkat Untuk Siswa Kelas IV SDN Manduin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 513–521.

Downloads

Published

2025-09-13

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2