MODEL SANTAI: INOVASI PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KERJASAMA, KECERDASAN MUSIKAL DAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Authors

  • Muhammad Adiattoni Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Riandy Agusta Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31364

Keywords:

Critical Thinking, Collaboration, Musical Intelligence, Interpersonal Intelligence, SANTAI Model

Abstract

This research is motivated by the low activity of teachers and students, critical thinking skills, cooperation, and musical and interpersonal intelligence in science learning. This is caused by a monotonous learning model, lack of variety, and minimal student involvement. The solution offered is the implementation of the SANTAI learning model. The model is a combination of learning models Problem Basic Learning, Group Investigation, dan Talking Stick. This study aims to describe the activities of teachers and students and analyze the improvement of skills and student learning outcomes. This Classroom Action Research (CAR) was conducted during three meetings in the second semester of the 2024/2025 academic year in class IV of SDN Kamayahan, with 8 students as subjects. Data were collected through observation and written tests, then analyzed descriptively qualitatively and quantitatively. The results of the study showed a significant increase in various aspects, such as teacher activity (very good), student activity (43% to 88%), critical thinking (43% to 88%), cooperation (57% to 100%), musical intelligence (29% to 88%), interpersonal intelligence (71% to 100%), and learning outcomes (43% to 100%). In conclusion, the SANTAI learning model is effective in improving various aspects of learning and is recommended as an alternative innovative model for teachers, principals, and researchers.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, Rabiatul, dan Akhmad Riandy Agusta. 2024. “Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Menggunakan Model Himung Pada Peserta Didik Sekolah Dasar.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 3(3):58–69. doi: 10.57218/jupeis.vol3.iss3.1121.

Akbar, Steven Riyadh, dan Akhmad Riandy Agusta. 2024. “IMPLEMENTASI MODEL BERAMEAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SDN MELAYU 2 BANJARMASIN.” 08:1348–63.

Anggraini, Renni, Ahmad Suriansyah, dan Novitawati Novitawati. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD di Kota Banjarmasin.” Journal of Education Research 5(3):3514–24. doi: 10.37985/jer.v5i3.1439.

Anwar, M. Farid Nurul, dan Ika Widayanti. 2021. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sdn 1 Landungsari Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal 2(2):157–67. doi: 10.29303/pendas.v2i2.552.

Arsyad, Muhammad Fauzan Lavionda, Ahmad Suriansyah, Arta Mulya Budi Harsono, Aldy Ferdiyansyah, dan Eka Cahya Sari Putra. 2024. “Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Ceramah Dan Metode Audio-Visual Dalam Pembelajaran.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2(2):661–66.

Ayuni, Helwa, dan Noorhapizah. 2023. “Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Progres Dan Media Tts Pada Kelas Iv Sdn Terantang 2.” DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 01(02):96–108.

Chandra, Herdyan Azoka, dan Akhmad Riandy Agusta. 2024. “Meningkatkan Aktivitas Dan Karakter Disiplin Menggunakan Model Paten Pada Siswa Kelas IV SDN Teluk Dalam 11.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling 2(1):110–22.

Desy Rahmayati, Fathul Jannah, Akhmad Riandy Agusta, dan Ari Hidayat. 2024. “Meningkatkan Aktivitas, Rasa Ingin Tahu, Dan Hasil Belajar Muatan PPKn Pada Peserta Didik Menggunakan Model Provit Di Kelas Iv SDN Pangeran 1 Banjarmasin.” Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158 1(2):99–111. doi: 10.62379/jerd.v1i2.65.

Dewi, Rooswita Santia, Aslamiah Aslamiah, Noorhapizah Noorhapizah, dan Novitawati Novitawati. 2024. “Quality of Work Life Among Lecturers Working in Medical Field.” E-CHIEF Journal 4(2):47. doi: 10.20527/e-chief.v4i2.14196.

Dihyatul Qalbi, Muhammad, Akhmad Riandy Agusta, Fathul Jannah, Wahdah Refia Rafianti, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Lambung, dan Mangkurat Banjarmasin. 2025. “Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan kerjasama, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran CANGKAL dan Media WORDWALL pada Muatan IPS Kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan dan Sosial Konseling (JPDSK) 02(4):1277–85.

Elisa, Helda, dan Tika Puspita Widya Rini. 2024. “Meningkatkan Berpikir Kritis dengan Model Pbl , Tai , dan Talking Stick Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling 2(2):735–44.

Fauzah, Siti Nurul, Isri Rusdiyani, dan Fadhullah Fadhullah. 2023. “Penerapan Kegiatan Bermain Angklung dalam Mengembangkan Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun.” SELING: Jurnal Program Studi PGRA 9(1):100–108.

Fransiska, Nola, Akhmad Riandy Agusta, dan Wahdah Refia Rafianti. 2024. “Improving Activities and Learning Outcomes with The SENANG Model in Primary Students.” Journal Of Foreign Language Learning and Teaching 4(1):11–20. doi: 10.23971/jfllt.v4i1.8657.

Hafizhah, Ahmad Suriansyah, dan Wahdah Refia Rafianti. 2025. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pendidikan di Sekolah Dasar.” MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin 3(1):94–101. doi: 10.60126/maras.v3i1.649.

Hayati, Lisa Muzdhalifah, dan Noorhapizah. 2024. “Meningkatkan Berpikir Kreatif Dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Bhinneka Di Kelas V SDN Murung Raya 4 Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling 2(3):890–97.

Hayati, Rasona Pooza, Ahmad Suriansyah, Ratna Purwanti, dan Akhmad Riandy Agusta. 2023. “Implementasi model cakap berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara berbantuan media visual.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 3(1):334–51.

Hidayat, Hidayat, Sukmawarti Sukmawarti, dan Nurul Fadilah. 2022. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Dengan Menggunakan Chip Bilangan.” Js (Jurnal Sekolah) 6(4):160. doi: 10.24114/js.v6i4.38854.

Irawanti, Herlia Prisma, dan Tika Puspita Widya Rini. 2023. “Implementasi Model PBL, PAP Dan MAKE A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling 01(3):401–6.

Madina, Raudatul, Wahdah Refia Rafianti, Aslamiah Aslamiah, dan Noorhapizah Noorhapizah. 2024. “Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model PBL, NHT dan Make A Match di Kelas V Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(3):473–84. doi: 10.17509/pedadidaktika.v11i3.77085.

Mubarak, Muhammad Azril. 2022. “Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Model GANESA di SDN Sungai Bilu 1 Banjarmasin.”

Najah, Nadratun, Ahmad Suriansyah, dan Ratna Purwanti. 2024. “Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PENTAS Pada Muatan IPA Kelas IV SD.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP) 02(02):635–43.

Nisa, Khairun, Fathul Jannah, Akhmad Riandy Agusta, dan Ari Hidayat. 2024. “Meningkatkan Aktivitas, Kerja Sama. Dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Pola Di Sekolah Dasar.” 8(September):635–46.

Nurhamidah, Nurhamidah, Nadia Amida, dan Rina Elvia. 2022. “Model Pembelajaran Discovery Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Mahasiswa.” Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia 10(1):1. doi: 10.33394/hjkk.v10i1.4884.

Putri, Try Novia, dan Akhmad Riandy Agusta. 2024. “Penerapan Kombinasi Model Panutan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Muatan Matematika.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP) 01(03):1–333.

Raudah, Syufi, Ahmad Suriansyah, dan Celia Cinantya. 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Keaktifan dan Minat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar.” MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin 2(4):2092–97. doi: 10.60126/maras.v2i4.559.

Rini, Tika Puspita Widya, Ali Rachman, dan Dessy Dwitalia Sari. 2022. “Bimbingan Teknis Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif 3D Popup Book Dalam Menghadapai Era Normal Baru Bagi Guru Sekolah Dasar.” Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 12(2):154. doi: 10.24114/esjpgsd.v12i2.35681.

Tiana, dan Tika Puspita Widya Rini. 2023. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL, TPS, dan Make a Match pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya 2(4):64–78. doi: 10.55606/jpbb.v2i4.2261.

Umarsono, dan Akhmad Riandy Agusta. 2024. “Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Belajar Siswa Muatan IPA Dengan Model Proses Pada Siswa Kelas V.” TRIGONOMETRI Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 1(1):1–17.

Wahyudi, Gery Fitma, Ahmad Suriansyah, dan Wahdah Refia Rafianti. 2024. “Analisis Efektivitas Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin 2(4):2270–78. doi: 10.60126/maras.v2i4.576.

Winanda, Erika Aulia, dan Wahdah Refia Rafianti. 2024. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPAS Menggunakan Kombinasi Model PBL, TPS, dan TGT.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 5(4):431–36. doi: 10.54371/ainj.v5i4.609.

Yuni, Reno. 2023. “Upaya peningkatan hasil belajar IPA menggunaan metode diskusi pada siswa kelas VII.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 8(1):83.

Zahwa, Laila, Ni Kadek, dan Aris Rahmadani. 2025. “Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Angklung Untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun.” 8(2020):7365–73.

Downloads

Published

2025-08-10