MERAJUT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KOLABORASI, DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SINERGI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31370Abstract
This study aims to improve student activity, critical thinking skills, collaboration skills, social skills, and student learning outcomes. This type of research applies Classroom Action Research conducted in 3 meetings. The subjects of this study were 17 fifth-grade students of SDN Sungai Lakum 1. Research findings indicate that student activity has developed to be very active. Students' critical thinking skills, collaboration skills, and social skills have developed to be highly skilled. This has a positive effect on improving student learning outcomes so that they meet the completion criteria.Downloads
References
Abidin, M. I., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Volume Kubus Menggunakan Model Peniti pada Kelas V SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin. JTTP: Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(01), 281–288. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index
Adawiyah, R., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Menggunakan Model Himung Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 58–69. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss3.1121
Adirilany, S. F., Sari, S. Y., Ferdiansyah, S., Nisa, K., & Doutel, J. D. S. (2023). Pengawasan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa di Era Society5.0. Prosiding Seminar Nasional “Peran Manajemen Pendidikan Untuk Menyiapkan Sekolah Unggul Era Learning Society 5.0” Departemen Administrasi PendidikanFakultas Ilmu Pendidikan, 359–367.
Aditya, U. B., & Wahyudi. (2024). Implementasi Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(01), 88–97. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p88-97
Agusta, A. R., & Ngadimun. (2024). Empowerment and Participation of Community Social Institutions in Educational Development Decisions in Rural. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 26–38. https://ijesmad.ulm.ac.id/ojs/index.php/IJESMAD/index
Agusta, A. R., Suriansyah, A., Noorhapizah, & Pratiwi, D. A. (2020). Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Menggunakan Metode Pembelajaran Online pada Masa Pandemi COVID-19 Ditinjau dari Pengetahuan dan Kemampuan Guru dalam Mengemas Perangkat Pembelajaran. Web-Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis) “Akreditasi Sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional,” 211–230. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/24835/Prosiding Semnas 27 juni 2020_DIANI.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Agusta, A. R., Suriansyah, A., & Setyosari, P. (2021). Model Blended Learning Gawi Manuntung untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 63. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4101
Agustin, S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2021). Kajian Tentang Keaktikan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166–176. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32917
Ain, N. Q., & Suriansyah, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Lentera Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. 2(2), 332–340.
Aldi, & Purwanti, R. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKn Menggunakan Model Patri pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 568–585. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10630
Alpiyatul, G., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pintar Pada Siswa Kelas V SDN Nusa Indah 1. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 2(01), 227–234.
Amalia, R., & Prastitasari, H. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan Matematika Mengunakan Model Pjp Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn Teluk Tiram 2. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 2548–6950.
Ananda, H., & Agusta, A. R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerjasama Menggunakan Model Pelita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 466–494. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/291%0Ahttps://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/download/291/282
Anggraini, S. N., & Amberansyah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama, Dan Hasil Belajar Muatan IPA Tema 6 Menggunakan Kombinasi Model PJBL, GI, Dan NHT Pada Siswa Kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 896–903.
Apriyani, S., & Agusta, A. R. (2025). Meningkatkan motivasi , berpikir kritis , dan hasil belajar didik menggunakan model pembelajaran Lenture pada mata pelajaran matematika materi mengenal sifat-sifat bangun ruang kelas V SDN Seberang Mesjid 5 Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ), 02(03), 871–877. https://jprinsip.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpri/article/view/258
Astuti, R. D. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Crystal Di SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 608–616.
Aulia, L. R., Pebriani, Y. N., Arifin, M. H., & Yona Wahyuningsih. (2023). Mengembangkan Keterampilan Sosial dalam Kehidupan Melalui Model Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI) 17 (1): 66-74, 2023 Http://Ejournal.Unikama.Ac.Id/Index.Php/JPPI, 17(1), 1–9. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/6742/4006
Aulia, S. R., & Rafianti, W. R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS,HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL BERANI DI KELAS VA SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(03), 322–338.
Ayuni, H., & Noorhafizah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Progres Dan Media Tts Pada Kelas Iv Sdn Terantang 2. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 63–73. http://dx.doi.org/10.xxxxx.
Az-Zahra, S., Suriansyah, A., Harsono, A., Rafianti, W., & Sari, D. (2024). Pemetaan Kelas Inklusi Untuk Mendukung Keberhasilan Pembelajaran Di SDN Benua Anyar 8 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(02), 742–748.
Azizah, A., & Prastitasari, H. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model PRESTASI. Publikasiilmiah.Com, 2(2), 504–512. http://www.publikasiilmiah.com/wp-content/uploads/2019/02/13.-ACHMAD-SYAHRONI-937-949.pdf
Azzahra, F. M., Hidayat, A., Agusta, A. R., & Sari, D. D. (2025). Implementasi Model PEGIAT Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). 03(01), 8–14.
BAHARAS, V. R. S., JANNAH, F., AGUSTA, A. R., & HIDAYAT, A. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PANTING DI SEKOLAH DASAR. 4(3), 229–238.
Bormayanti, H., & Rafianti, W. R. (2024). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V terhadap Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PBL, Talking Stick dan Scramble. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 443–449. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i4.616
Desy Rahmayati, Fathul Jannah, Akhmad Riandy Agusta, & Ari Hidayat. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Rasa Ingin Tahu, Dan Hasil Belajar Muatan PPKn Pada Peserta Didik Menggunakan Model Provit Di Kelas Iv SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158, 1(2), 99–111. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.65
Dihyatul Qalbi, M., Riandy Agusta, A., Jannah, F., Rafianti, W. R., Guru, P., Dasar, S., Lambung, U., & Banjarmasin, M. (2025). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan kerjasama, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran CANGKAL dan Media WORDWALL pada Muatan IPS Kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Konseling (JPDSK), 02(4), 1277–1285. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
Diky, R. A., Agusta, A. R., Jannah, F., & Rafianti, W. R. (2025). Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Menggunakan Model MEANING GREAT Dengan Media Animasi Berbasis Interaktif Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN Kebun Bunga 4 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Konseling (JPDSK), 02(4), 1286–1293. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
Hasanah, L. N., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 884–889. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.548
Helwaniah, F., & Prastitasari, H. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 865–871. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26769
Herdayanti, T., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Menggunakan Model Group Investigation. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 764–770. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2.1501
Hidayat, A., & Jannah, F. (2021). Implementasi Model Bahimat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan Pkn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 31–38.
Inayah, N., Aslamiah, Cinantya, C., & Amelia, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Dan HasilBelajar Menggunakan Model BestariPada Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 156–169.
Jonas, S. G. E., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Mind Pada Kelas V Sanggar Bimbingan Intan Baiduri Malaysia. 02(02), 545–552.
Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis HOTS untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 267–276. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i4.182
Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971
Liana, N., & Suriansyah, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ips Menggunakan Model Pintar Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 755–764.
Maharani, A., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Pesona Pada Kelas V SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin. 02(01), 198–205.
Meiliana, E. I., Sari, R., Jannah, F., & ... (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Lanting Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah …, 09(September). http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/16542%0Ahttps://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/16542/7363
Munawar, M. H., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN MODEL PANDIR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 351–378.
Nabilla Azahra, & Fathul Jannah. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Hasil Belajar Muatan PPKn Kelas IV A Menggunakan Model Pesat Di SDN Manarap Lama 1. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(4), 299–315. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i4.2470
Nahdia, A., & Agusta, A. R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PE MANCHING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV. 09(04), 549–567.
Najah, N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PENTAS Pada Muatan IPA Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(02), 635–643.
Napisah, A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Pada Kelas IV Di SDN Beringin 2. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1158–1172. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/557/501
Nashar, A. F., Sa’dah, N., Aslamiah, & Cinantya, C. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Mutu Di Lingkungan Pendidikan Sdn Sungai Sandung 2. JIRK Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(7), 5091–5098.
Nazar, M., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPS Menggunakan Model Project Based Learning , Jigsaw dan Talking Stick di Kelas IV SDN Antasari 2 Amuntai. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 123–129.
Ningsih, D. A., & Pratiwi, D. A. (2023). Implementasi Model GEMA Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(10), 1393–1404.
Noorfarida, S., Jannah, F., Riandy, A., Sari, R., Kolaborasi, K., & Belajar, H. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model BANGKIT di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 8458–8466. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/29510
Noorhapizah, Diani Ayu Pratiwi, & Karmilla Ramadhanty. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 613–624. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i2.3773
Noorhapizah, N., Syaifudin, A. R., Prihandoko, Y., Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2024). Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah Unggul di Lingkungan Lahan Basah. Journal of Education Research, 5(4), 4604–4611. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1636
Noorhapizah, Pratiwi, D. A., Agusta, A. R., Prihandoko, Y., & Syaifudin, A. R. (2024). Pendampingan Implementasi Digitalisasi Program Bangkit untuk Mewujudkan Sekolah Unggul di Lingkungan Lahan Basah pada KKG Aluh-Aluh. Communnity Development Journal, 5(5), 8521–8528.
Noorhapizah, Riandy, A., & Pratiwi, D. A. (2021). Developing Blended Learning Model GAWI SABUMI Based on Ecopedagogy Study to Improve Ecological Awareness and Industrial Revolution 4.0 Skills on Elementary Education. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 525(Icsse 2020), 104–119. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210222.015
Norlatifah, E., Aslamiah, & Wahyu. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kreativitas, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Lembaga PAUD di Kecamatan Amuntai Tengah. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 325–338. https://doi.org/10.29313/ga
Nurdin, R. A., Kadir, J., Wungubelen, A. L., Bahri, A., & Masni, M. (2024). Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berbasis InvestigationBased Scientific Collaborative (IBSC) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 111–121. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1862
Olfah, K., Purwanti, R., & Suriansyah, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Kerja Sama Menggunakan Model Pembelajaran Solid Berbantuan Media Audio Visual Pada Muatan Ipas Kelas Iv Sdn Kuin Utara 5 Banjarmasin. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 435–463.
Pradella, M., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN Sungai Rangas. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 803–809. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2.1529
Prastitasari, H., & Norhidayah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Kombinasi Model PBL, TALKING STICK, Dan TGT Kelas V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 01(03), 436–442. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/79
Puspitasari, S., Hayati, K. N., & Purwaningsih, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Basicedu, 6(1), 1252–1262. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2186
Putri, R. F., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model CANGKAL di SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin. 2(2), 642–650.
Putri, T. N., & Agusta, A. R. (2024). Penerapan Kombinasi Model Panutan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Muatan Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(03), 1–333.
Rahmah, N., Fauzi, Z. A., & Fa’uni, A. M. (2024). Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Di Kelas VB. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(01), 177–185.
Rahman, M. R., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Analisis Efektivitas Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2210–2216. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.585
Rahmawati, & Prastitasari, H. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PRIMER di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 736–747. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
Ramida, N., Habibah, Sa’adah, N., Sari, M. K., Aslamiah, & Cinantya, C. (2025). Peran Guru sebagai ebagai Pemimpin dalam Pembelajaran Paud yang ang Efektif. 1(4).
Rezqia Maulida, Ahmad Suriansyah, Arta Mulya Budi Harsono, Latifa Putri Ridhaningtyas, & Wahdah Refia Rafianti. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Educreations Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 Sd Negeri Pemurus Dalam. Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158, 1(2), 234–241. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.136
Ridhani, N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Indonesian Journal of Primary Education Increase activity , critical thinking skills and student collaboration using the PERMATA model and wordwall media in elementary schools. 8(1), 113–128.
Riska Aulia Utami, Agusta, A. R., Jannah, F., & Hidayat, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPAS Dengan Model Panting Siswa Kelas V SDN Danda Jaya 2. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 810–821.
Sakung, N. T., Wahidah, N. I., & Fitriana, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 532–537. https://doi.org/10.5281/zenodo.7008219.
Saputra, E. Ek. (2024). Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar dalam Konteks Pendidikan Multikultural Pada Mata Pelajaran IPS. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 158–164. https://doi.org/10.70115/semesta.v2i3.175
Saputra, H. (2024). Penguatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 287–302. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i2.640
Satriani, Amran, M., Taris, L., & Amin, M. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd Dalam Mengerjakan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(4), 551–557.
Simangunsong, D. I. R., & Purwanti, R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), VISUAL AUDITORY KINESTETIK (VAK), DAN TALKING STICK PADA MUATAN IPAS SEKOLAH DASAR Daniela. 09(3), 341–357.
Sitompul, E., & Pratiwi, D. A. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA MENGGUNAKAN MODEL SPIRIT DAN MEDIA TTS DI SDN 3 PALAM BANJARBARU Elprida. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(4), 139–157.
Steven Riyadh Akbar, & Agusta, A. R. (2024). IMPLEMENTASI MODEL BERAMEAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SDN MELAYU 2 BANJARMASIN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 81–94.
Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102
Wardianti, R., & Rini, T. P. W. (2024). Improving Student Activities and Learning Outcomes Using PBL, TGT Models and Experimental Methods for Elementary School Students. Journal Educational Research and …, 01(01), 23–32. https://jurnal.globalscients.com/index.php/jerd/article/view/20%0Ahttps://jurnal.globalscients.com/index.php/jerd/article/download/20/20
Winanda, E. A., & Rafianti, W. R. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPAS Menggunakan Kombinasi Model PBL, TPS, dan TGT. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 431–436. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i4.609
Yasmiyanah, K. A., & Pratiwi, D. A. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL INSPIRED DAN MEDIA EDUCAPLAY SDN MELAYU 5. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 233–247.
Zulfida, Y., & Aslamiah. (2023). MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MENGGUNAKAN MODEL DIRAUT PADA ANAK KELOMPOK B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(2), 44–56.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.