UPAYA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KOMUNIKASI DAN KARAKTER CITIZENSHIP SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BATIK

Authors

  • Muhammad Fauzan Lavionda Arsyad Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Riandy Agusta Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31371

Keywords:

Berpikir Kritis, Citizenship, Komunikasi, Model Batik

Abstract

This study aims to improve student activity, critical thinking skills, citizenship, communication, and learning outcomes in Pancasila Education at SDN Murung Sari 4. The identified problems included low student engagement and unsatisfactory learning outcomes due to monotonous teaching methods, limited interaction, and classroom conditions that did not support active student participation. To address these issues, the BATIK learning model was implemented, which combines Problem-Based Learning (PBL), Two Stay Two Stray (TSTS), and the Talking Stick method. This research employed a Classroom Action Research (CAR) design conducted over three meetings involving seven fifth-grade students in the even semester of the 2024/2025 academic year. Data collection techniques included observations of teacher and student activities, tests of critical thinking skills, citizenship, communication, and learning outcomes. Data were analyzed using qualitative descriptive and quantitative percentage techniques. The results showed that the implementation of the BATIK model successfully increased student activity from “less active” to “very active.” In addition, students' critical thinking, citizenship, and communication skills improved to the “good” and “very good” categories. Student learning outcomes also experienced continuous improvement in each meeting. Based on these results, the BATIK model is considered effective for enhancing student activity, skills, and learning outcomes, and is recommended as an innovative teaching strategy to support the implementation of the Merdeka Curriculum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, M. I., & Noorhapizah (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Volume Kubus Menggunakan Model Peniti Pada Kelas V SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(1), 281-288.

Adawiyah, R., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Menggunakan Model Himung Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(3), 58-69.

Akbar, S. R., & Agusta, A. R. (2024). Implementasi Model Beramean Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SDN Melayu 2 Banjarmasin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 81-94

Amin, S. M. (2023). Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Talking Stik Pada Materi Kisah Istimewa Fathu Makkah Kelas V SD Negeri II Poigar. 2, 432–445.

Ananda, H., & Agusta, A. R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerjasama Menggunakan Model Pelita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 466–494.

Anggraini, Y. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 507–511. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.171

Anisa, S. (2020). Model Pembelajaran Talking stick Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan Pembelajaran Sejarah Bagi Peserta Didik. https://doi.org/10.31219/osf.io/2f7jk

Asshadiqy, M. M., & Prastitasari, H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Betuah Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Matematika Di Kelas III Mi Al-Aman. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 651-661.

Aulia, S. R., & Rafianti, W. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar Serta Keterampilan Sosial Siswa Muatan IPS Menggunakan Model Berani di Kelas VA SDN Kuin Selatan 1 BANJARMASIN. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 332-388.

Ayuni, H., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Progres Dan Media Tts Pada Kelas Iv Sdn Terantang 2. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar , 01(02), 96–108. http://dx.doi.org/10.xxxxx.

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Az-Zahra, S., Suriansyah, A., Harsono, A., Rafianti, W., & Sari, D. (2024). Pemetaan Kelas Inklusi Untuk Mendukung Keberhasilan Pembelajaran Di SDN Benua Anyar 8 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(02), 742–748.

Baharas, V. R. S., Jannah, F., Agusta, A. R., & Hidayat, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Panting Di Sekolah Dasar. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(3), 229-238.

Bormayanti, H., & Rafianti, W. R. (2024). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V terhadap Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PBL, Talking Stick dan Scramble. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 443-449.

Chairani, M. A., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model PBL, Mind Mapping, dan TGT, Dengan Media Augmented Reality Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 537-542.

Chandra, H. A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Karakter Disiplin Menggunakan Model Paten Pada Siswa Kelas IV SDN Teluk Dalam 11. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 110–122. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Damanik, R. (2019). Hubungan kompetensi guru dengan kinerja guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).

Desy Rahmayati, Fathul Jannah, Akhmad Riandy Agusta, & Ari Hidayat. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Rasa Ingin Tahu, Dan Hasil Belajar Muatan PPKn Pada Peserta Didik Menggunakan Model Provit Di Kelas Iv SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158, 1(2), 99–111. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.65

Dewi, R. S., Aslamiah, A., Noorhapizah, N., & Novitawati, N. (2024). Quality of Work Life Among Lecturers Working in Medical Field. E-CHIEF Journal, 4(2), 47. https://doi.org/10.20527/e-chief.v4i2.14196

Elisa, H., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Berpikir Kritis dengan Model Pbl, Tai, dan Talking Stick Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 735-744.

Munawar, M. H., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN MODEL PANDIR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 351–378.

Fadillah, R., & Jannah, F. (2024). Meningkatkan Kedisiplinan, Aktivitas, dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Proses dan Media Geoboard pada Muatan Matematika di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10205-10218.

Fajriah, N., & Metroyadi, M. (2024). Mengembangkan Aktivitas, Kemandirian dan Kemampuan Motorik Kasar Anak Menggunakan Model Explicit Instruction, Problem Based Learning Melalui Media Playmate Permainan Tradisional Engklek Kelompok B di TK Insan Azkia Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(3), 15-26.

Giemael, A., Rahmansyah, H., & Hasibuan, S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Siswa Di Sd Negeri 100950 Tolong. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(3), 117–122. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i3.161

Hasanah, L. N., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 884-889.

Hafizhah, Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2025). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pendidikan di Sekolah Dasar. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 94–101. https://doi.org/10.60126/maras.v3i1.649

Hayati, R. P., Suriansyah, A., Purwanti, R., & Agusta, A. R. (2023). Implementasi model cakap berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara berbantuan media visual. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 334–351.

Hefny, I. R., & Rini, T. P. W. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model PJBL, SAVI, & NHT Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 676–683. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Husna, N. S., Octaviani, R., Sahara, Z., & Usiono, U. (2024). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Kelas Iii Di Mis Al-Wardah. Khazanah Pendidikan, 18(1), 53. https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.20311

Jonas, S. G. E., & Noorhapizah (2024). Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Mind Pada Kelas V Sanggar Bimbingan Intan Baiduri Malaysia. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 545-552.

Lidia, W., Hairunisya, N., & Sukwatus Sujai, I. (2018). Pengaruh Model Talking stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p081

Meiliana, E. I., Sari, R., Jannah, F., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Lanting di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 11-22

Monica, S., & Hadiwinarto. (2020). Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMKN 1 Lubuklinggau. Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 3(2), 12–23. https://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation/article/view/3054

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Murwanto. (2022). Pendidikan Transformatif Dalam Pembentukan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 1(1). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/344

Nahdia, A., & Agusta, A. R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PE MANCHING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV. 09(04), 549–567.

Napisah, A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Pada Kelas IV Di SDN Beringin 2. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1158–1172.

Nofianti, S. W. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe The Two stay two stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 32 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 190–198. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.11952

Noorhapizah, N., Alim, N., Agusta, A. R., & Ahmad Fauzi, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi Penting Dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (Dia), Think Pair Share (Tps) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V Sdn Pemurus Dalam 7 Banjarmasin.

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nurlayali, H. (2024). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran PKN Pada Siswa Kelas V di SDN Karang Tengah 1 Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(2), 436–449.

Olfah, K., Purwanti, R., & Suriansyah, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Kerja Sama Menggunakan Model Pembelajaran Solid Berbantuan Media Audio Visual Pada Muatan Ipas Kelas Iv Sdn Kuin Utara 5 Banjarmasin. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(3), 435–463.

Pradella, M., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN Sungai Rangas. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 803-809.

Prastitasari, H. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan Matematika Menggunakan Kombinasi Model PBL, GI, dan Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN Belitung Selatan 5. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 432-443.

Pratiwi, D. A. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model Magic Dengan Permainan Citizenship Match Master SDN Teluk Dalam 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 931-944.

Putri, T. N., & Agusta, A. R. (2024). Penerapan Kombinasi Model Panutan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Muatan Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(03), 1–333

Putu, N., Parwati, Y., & Pramartha, N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadari, 22(1), 143–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256

Qurratu’Ain, N., & Suriansyah, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Lentera Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 332-340.

Rahmayati, D., Jannah, F., Agusta, A. R., & Hidayat, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Rasa Ingin Tahu, Dan Hasil Belajar Muatan PPKn Pada Peserta Didik Menggunakan Model Provit Di Kelas Iv SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Journal Educational Research and Development| E-ISSN: 3063-9158, 1(2), 99-111.

Rahmasafitri, D., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Perbandingan Efektivitas Penggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Direct Instruction (DI) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas Tinggi pada Mata Pelajaran Matematika. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2171–2177. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.588

Riska Aulia Utami, Agusta, A. R., Jannah, F., & Hidayat, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPAS Dengan Model Panting Siswa Kelas V SDN Danda Jaya 2. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 810–821.

Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76. https://doi.org/10.24269/adi.v4i2.2106

Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SD. Journal on Education, 5(1), 919–932. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.672

Safitri, I., Ibrahim, M. M., & Nursalam, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Talking stick Dengan Bantuan Media Choose Number Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Smp Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Biotek, 6(1), 131. https://doi.org/10.24252/jb.v6i1.5144

Syarifah, & Hidayat, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Bakayuh Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(01), 224–231.

Saputri, M., & Muhtarom, T. (2025). Pembelajaran Di Sekolah Citra Alam Yogyakarta. 8(1), 23–29.

Sari, S. Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two stay two stray dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se Indonesia, September, 43–56. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/prosidingPGMI/article/download/802/437

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Sirait, J. E. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. Diegesis : Jurnal Teologi, 6(1), 49–69. https://doi.org/10.46933/dgs.vol6i149-69

Subiyakto, A., Rufiana, I. S., & Nur Hidayah, D. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two stay two stray (TSTS) Berbantuan Teknik Scaffolding. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 7. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5673

Suhaimi, & Amawaddah, N. (2024). Meningkatkan Aktivitas , Berpikir Kritis , dan Hasil Belajar Menggunakan Model PENA Pada Muatan Pendidikan Pancasila. 2(1), 235–244.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.

Suriansyah, A., Aslamiah, A., Sulaiman, S., & Noorhafizah, N. (2014). Strategi pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Syamsiah, S., & Gunansyah, G. (2014). Penerapan model kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran ips untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv a sdn simomulyo 8 surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 02(1), 1–9.

Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil. 1(2), 1–7.

Toyibah Toyibah, Yessy Yanita Sari, & Irdalisa Irdalisa. (2024). Pengembangan LKPD berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Tumbuhan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 31–45. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.311

Umarsono, & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Belajar Siswa Muatan IPA Dengan Model Proses Pada Siswa Kelas V. TRIGONOMETRI Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 1–17.

Utami, D. S., & Appulembang, O. D. (2022). Pembentukan Kelompok Belajar untuk Siswa pada Pembelajaran Daring. Sukma: Jurnal Pendidikan, 6(1), 35–60. https://doi.org/10.32533/06103.2022

Wardianti, R., & Rini, T. P. W. (2024). Improving Student Activities and Learning Outcomes Using PBL, TGT Models and Experimental Methods for Elementary School Students. Journal Educational Research and Development| E-ISSN: 3063-9158, 1(1), 23-32.

Wati, F. R., & Hidayat, A. (2024). Meningkatkan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Patri Dengan Media Pantar Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Damar Lima Batu Ampar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran (JTPP), 02(02), 569–577.

Winanda, E. A., & Rafianti, W. R. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPAS Menggunakan Kombinasi Model PBL, TPS, dan TGT. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 431-436.

Downloads

Published

2025-08-10