MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEMAMPUAN KERJASAMA MUATAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL BAIMBAI PADA SISWA KELAS IVA SDN TELAGA BIRU 7 BANJARMASIN

Authors

  • Annisa Nur Syifa Universitas Lambung Mangkurat
  • Noorhapizah Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Riandy Agusta Universitas Lambung Mangkurat
  • Tika Puspita Widya Rini Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30971

Keywords:

interpersonal intelligence, cooperation, BAIMBAI model

Abstract

The issue addressed in this study concerns the low levels of students interpersonal intelligence and collaboration skills. This condition is attributed to the underdevelopment of communication skills and a lack of active student participation during the learning process. To overcome this issue, the BAIMBAI model was implemented. This study aims to describe and analyze the improvement in students’ interpersonal intelligence and collaboration skills through the application of the BAIMBAI model. A classroom action research (CAR) approach was employed, using both qualitative and quantitative methods over the course of four instructional sessions. The research subjects consisted of 18 fourth-grade students at SDN Telaga Biru 7 Banjarmasin. Data were collected through observations based on indicators of interpersonal intelligence and collaboration ability. The findings revealed a significant increase in students' interpersonal intelligence, from 28% "moderately skilled" to 89% "highly skilled" between the first and fourth sessions. Likewise, collaboration skills improved from 33% to 94% in the same period. These results suggest that implementing the BAIMBAI model in IPAS instruction can effectively enhance students’ interpersonal intelligence and their ability to collaborate.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, M. I., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Volume Kubus Menggunakan Model Peniti Pada Kelas V SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(01), 281–288.

Adawiyah, R., & Agusta, R. A. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Menggunakan Model Himung Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp

Agusta, A. R., Suriansyah, A., & Setyosari, P. (2021). MODEL BLENDED LEARNING GAWI MANUNTUNG UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 63–89.

Akbar, S. R., & Agusta, A. R. (2024). IMPLEMENTASI MODEL BERAMEAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SDN MELAYU 2 BANJARMASIN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 81–94.

Ananda, H., & Agusta, A. R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerjasama Menggunakan Model Pelita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 466–494.

Anita, Jannah, F., & Rini, T. P. W. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PENA. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 01(02), 64–75.

Ayuni, H., & Noorhapizah. (2023). MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROGRES DAN MEDIA TTS PADA KELAS IV SDN TERANTANG 2. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 01(02), 96–108. http://dx.doi.org/10.xxxxx.

Faridah, A., & Jannah, F. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan IPS Menggunakan Model BAGUS. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25682–25692.

Hairunnisa, & Noorhapizah. (2023). Implementasi Model Panting Muatan PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi, dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 1 Murung A Hulu Sungai Tengah. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), 215–232. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2413

Handayani, A., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Motivasi Muatan IPS Model PRINTING Siswa Kelas V SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 115–122.

Hasanah, L. N., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(3), 884–889. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3

Indriyani, V. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS di Kelas III SDN Kalangsari IV Kecamatan Rengasdengklok Karawang. ISLAMIKA : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 395–405. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1956

Kenedi, A. K., Fauziah, P. Y., & Wibawa, L. (2023). Lingkungan Keluarga dan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6), 2322–2332. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5702

Khatimah, H., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Pantas DI SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(01), 189–194.

Maharani, A., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Pesona Pada Kelas V SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(01).

Najah, N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PENTAS Pada Muatan IPA Kelas IV SD. 02, 635–643.

Napisah, A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Pada Kelas IV Di SDN Beringin 2. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1158–1172.

Nazar, M., Puspita, T., & Rini, W. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPS Menggunakan Model Project Based Learning, Jigsaw dan Talking Stick di Kelas IV SDN Antasari 2 Amuntai. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 123–129. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Noorhapizah, N., Alim, N., Agusta, A. R., & Ahmad Fauzi, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi Penting Dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (Dia), Think Pair Share (Tps) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V Sdn Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. Rosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 101–116.

Noorhapizah, Pratiwi, D. A., & Ramadhanty, K. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN SMART MODEL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 613–623.

Prastitasari, H., Fitria, M., Jumadi, J., Sunarno, S., Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). PENINGKATAN PRESTASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PBL, SR, DAN QOD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1792. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9250

Pratiwi, D. A., & Nursidah, V. O. (2021). Implementasi Model Taman Ceria Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. ITQAN: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan, 12(2), 245–260. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i2.280

Putri, H. A., & Maimunah. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan IPA Menggunakan Model Problem Based Learning dan Student Teams Achievement Division. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 713–719. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2.1479

Qalbi, M. D., Agusta, A. R., Jannah, F., & Rafianti, W. R. (2025). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan kerjasama, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran CANGKAL dan Media WORDWALL pada Muatan IPS Kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Sosial Konseling (JPDSK), 02(4), 1277–1285. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Qowiyah, S. H. (2020). ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B. Cakrawala Dini, 11(2).

Rahayu, M. R., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model PROSPEK Pada Siswa Kelas V SDN Lokrawa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 478–484. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2

Rahmawati, S., & Suriansyah, A. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MUATAN PKN MELALUI MODEL BALOGO DI KELAS V SDN ANTASAN KECIL TIMUR 1 BANJARMASIN. Journal Tunas Bangsa, 11(1), 15–30. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa

Ramadhanty, R. M., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model GESIT Berbasis TPACK Pada Siswa Kelas VB SDN Kebun Bunga 4 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 2(1).

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Sari, N., Ananda, R., & Fauziddin, M. (2022). MENINGKATAN KETERAMPILAN KERJASAMA SISWA MELALUI MODEL PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1548–1557. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.1444

Silalahi, A. E. C., Aryanti, F., & Futriani, N. L. (2024). Studi Literatur: Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(04), 18495–18509.

Suhaimi, & Khadijah. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Dan Hasil Belajar Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Sederhana Menggunakan Model Kombinasi Problem Based Learning (PBL), Direct Instruction (DI),Dan Game Based Learning (GBL) Pada Siswa Kelas IV Di SDN Tamban Raya Baru. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 2(1), 142–150.

Suriansyah, A., Amelia, R., & Fitriyani, H. A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Kombinasi Model Think Pair And Share (TPS), Mind Mapping Dan Course Review Hooray (CRH) Pada Siswa Kelas IV SDN Pemakuan Kabupaten Banjar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 25–32.

Suriansyah, A., Riandy Agusta, A., Purwanti, R., Adiattoni, M., & Nurmala, D. (2023). Pengembangan Media Gawi Manuntung untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat 5.0 dan Karakter Waja Sampai Kaputing. Journal of Education Research, 4(4).

Tiana, & Rini, T. P. W. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL, TPS, dan Make a Match pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), 64–78. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2261

Wardiati, R., & Rini, T. P. W. R. (2024). Improving Student Activities and Learning Outcomes Using PBL, TGT Models and Experimental Methods for Elementary School Students. Journal Educational Research and Development, 01(1), 23–32.

Wati, E. K., Maruti, E. S., & Budiarti, M. (2020). ASPEK KERJASAMA DALAM KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 97–114.

Yasmiyanah, K. A., & Pratiwi, D. A. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL INSPIRED DAN MEDIA EDUCAPLAY SDN MELAYU 5. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4).

Downloads

Published

2025-08-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>