Learning Motivation, Cooperation MENINGKATKAN MOTIVASI KERJASAMA PADA MUATAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL BALANTING SISWA KELAS V SDN BASIRIH 11
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30888Keywords:
Learning Motivation, Cooperation, BALANTING ModelAbstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan kolaborasi siswa kelas V mata pelajaran IPAAS di SDN Basirih 11. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang monoton, tidak variatif, dan minimnya tugas kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama tiga kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran BALANTING. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V SDN Basirih 11 yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pendekatan kualitatif dan kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, yaitu motivasi belajar siswa meningkat dari 47% (cukup tinggi) menjadi 97% (sangat tinggi), dan keterampilan kolaborasi meningkat dari 50% (cukup terampil) menjadi 90% (sangat terampil). Disimpulkan bahwa penerapan model BALANTING pada pembelajaran Indonesiaku yang Kaya dapat meningkatkan motivasi belajar dan kolaborasi. Model ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran materi Indonesiaku yang Kaya.Downloads
References
Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945-951.
Amrah, Nursiah, & Hasanah, R. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Di Kelas IV SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Global Journal Basic Education, 1(3), 193 211.
Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 2415-2422.
Aslamiah, A. (2023). Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Menggunakan Model Diraut Pada Anak Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(2).
Ayuni, H., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Progres Dan Media Tts Pada Kelas Iv Sdn Terantang 2. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar , 01(02), 96–108. http://dx.doi.org/10.xxxxx.
Azmy, N., & Asniwati, A. (2023). Implementasi Model PANTING Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(3), 56-67.
Chairunnisa, D., Afriatin, T. S., & Firmansyah, M. I. (2020). Implementasi Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Dalam Pembelajaran PAI di SMP Inovatif Al-Ibda’. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 53-64.
Hadi, M. S. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa, Menggunakan Kombinasi Model PBL, Discovery Learning dan Talking Stick. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 866-875.
Husna, N. S., Octaviani, R., Sahara, Z., & Usiono, U. (2024). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Kelas III Di Mis Al-Wardah. Khazanah Pendidikan, 18(1), 53-58.
Jatiningsih, N. A. L. B., Hamidah, L., & Storytellingtri, E. N. (2023, July). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas VII F SMP Negeri 9 Semarang Melalui Model Problem Based Learning Berpendekatan Culturally Responsive Teaching. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan pemodelan matematis dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153-164.
Lubis, M., & Yusri, D. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1-18.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Kemampuan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Guru, 12(1), 29-40.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019, October). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).
Maulina, M., Ignacio, J. F., Bersabe, L. A. C., Serrano, A. J. D., Carpio, N. G., & Santos, E. G. D. (2022). Technology-based media used in teaching listening skills. Exposure: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 11(1), 85-99.
Mubarak, F., & Suomi, R. (2022). Elderly forgotten? Digital exclusion in the information age and the rising grey digital divide. INQUIRY: The Journal of Health Care Organization, Provision, and Financing, 59, 00469580221096272.
Murtiningsih, E. (2021). Model pembelajaran STAD untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa 8I SMPN 1 Dolopo. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 198-207.
Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., Prihandoko, Y., Ayuni, H., & Putri, T. A. S. (2023). Development of HOTs-based teaching materials, multiple intelligence, and baimbai wood characters for river-bank elementary schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 94-107.
Putri, D. N. P., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Peran kinerja guru dalam membentuk karakter kerjasama pada siswa kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(2), 176-189.
Putri, M. F. J. L., Putriani, F., Santika, H., Mudhoffar, K. N., & Putri, N. G. A. (2023). Peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1983-1988.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7174-7187.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.
Simanjuntak, S., & Ginting, G. M. M. B. (2023). Hubungan Antar Kepercayaan Diri Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 055981 Beruam Kec. Kuala TA 2022/2023. Science and Education Journal (SICEDU), 2(2), 395-399.
Subagio, L., Karnasih, I., & Irvan, I. (2021). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model discovery-learning dan problem-based-learning berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 15-26.
Suhaimi, S., & Amberansyah, A. (2023). School Partnership Management with the Community SDN in the District Wetlands North Banjarmasin. Repository Universitas Lambung Mangkurat.
Umi Hijriyah, U. (2016). Menyimak strategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa.
Wahab, A., Anwar, M., & Yasrie, A. (2018). Kepuasan Kerja Memediasi Motivasi Dan Kecedasan Emosional Terhadap Kinerja Dosen PNS DPK dan Dosen Yayasan Pada Kopertis Wilayah XI Kalimantan (Studi Pada Fe Uvaya, Fe Uniska Dan Stimi Banjarmasin). Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(2), 351-369.
Warsini, T. (2020). Penerapan model tai untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar matematika materi barisan dan deret kelas IXC SMP Negeri 4 Sumbang Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 5(2), 9-14.
Warsini, T. (2020). Penerapan model tai untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar matematika materi barisan dan deret kelas IXC SMP Negeri 4 Sumbang Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 5(2), 9-14.
Widayanti, R., & Nur’aini, K. D. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.