PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PENERAPAN P5 DI SMA N 1 SAWAHLUNTO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30432Keywords:
Kata Kunci: Kata Kunci 1 Kurikulum Merdeka 2 Budaya LokalAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Kurikulum merdeka memberikan kebebasan kepada peserta didik dengan memperhatikan muatan internal untuk pemahaman dan penguatan kompetensi peserta didik. Salah satu ciri khas dari Kurikulum Merdeka Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, program ini memberikan solusi terhadap permasalahan dan sekaligus menerapkan nilai-nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan, untuk menganailisis perencanaan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya lokal di SMAN 1 Sawahlunto, mengetahui bagaimana Pelaksanaan kegiatan Kurikulum Merdeka Berbasis Budaya Lokal dalam Penerapan P5 di SMAN 1 Sawahlunto, dan menemukan kendala saat Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Lokal Dalam Penerapan P5 di SMAN 1 Sawahlunto. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teori Kontruktivisme yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Metode yang digunakan kualitatif. Informan berjumlah 12 orang terdiri dari Wakil Kurikulum, Koordinator P5, Guru Pengampu P5, dan siswa. Analisa data menggunakan Miles dan Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 2 tahap dalam Perencanan Pelaksanaan KM Berbasis Budaya Lokal (1). Pemilihan Tema (2). Penentuan Topik. Adapun 4 tahap dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Berbasis Budaya Lokal Dalam Penerapan P5 yaitu (1). Guru Memberikan Orientasi kepada peserta didik (2). Kontekstualisasi Peserta didik Dalam Pembelajaran Randai (3). Aksi Randai (4). Refleksi Tentang Randai. Kendala yang di hadapi dalam Pelaksanaan P5 (1). Guru mengalami kendala dikarnakan guru pengampu P5 ini bukan asli orang yang mengenal lebih dalam randai akan tetapi guru mapel. (2). Peserta didik mengalami kendala dalam gerakan, tarian dan cerita yang diiringi dalam randai.Downloads
References
Jurnal
Aisyah Rahmadani, Hafizah Zarga Anggrayni, Nabila Muthia Rezky Maghfirah, & Nashiro Jamila. (2023). Kearifan Lokal Sebagai Implementasi P5 Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(1), 145–151.
Bahardur, I. (2018). Kearifan Lokal Budaya Minangkabau Dalam Seni Pertunjukkan Tradisional Randai. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 7(2), 145.
Deswita, E., Rahmafitri, F., Sari, M., Batusangkar, S., Mahmud, U. I. N., Batusangkar, Y., Mahmud, U. I. N., & Batusangkar, Y. (2023). MENINGKATKAN NILAI KEARIFAN LOKAL MELALUI IMPLEMENTASI PROGRAM P5 SILEK TUO PAGARUYUNG Al-Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam Al-Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam │ 296. 7(September).
Melati, P. D., Rini, E. P., Musyaiyadah, M., & Firman, F. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikukulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2808–2819. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6762
Syaifuddin, M. ., & Fahyuni, E. . (2019). Melalui Kurikulum Muatan Lokal. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(November), 267–285.
Taufan, A. (2023). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Indonesia. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).
Skripsi
Nu’man, M. (2023). Impelentasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember. Aleph, 87(1,2), 149–200.
Rohmiyati, H. (2024). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sdn Menteng Atas. In Repository UIN Syarif Hidayatullah.
Safitri, M. M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Wangon Kabupaten Banyumas. 1–76.
Buku
Fadriati. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang. Nusantara Abadi.
Kemendikbud. (2022). B. Dimensi, Elemen, dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila.
Rizal. (2021). Merdeka Belajar. Jakarta. Pemuda Pelajar Merdeka.
Sugiyono. 2015. “Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. “(Ikapi(ED)). Ikapi.
Tjahyadi, I. (2019). Kajian Budaya Lokal. Probolinggo. Pagan Press
Umarella, S. (2020). Kearifan Lokal Dan Budaya Organisasi. Sintesa Prophetica.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.