EFEKTIVITAS METODE TASMI’ MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN DI SMP IT AL-FIKRI MAKASSAR

Authors

  • Muh Yusuf Habibi Suwedi Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Qahar Zainal Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia
  • Akhmad Syahid Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31600

Keywords:

Metode Tasmi', Kualitas Hafalan, Hafalan Al-Qur'an

Abstract

Hafalan Al-Qur’an adalah aktivitas penting yang melibatkan pengulangan dan pengingatan ayat-ayat suci tanpa melihat mushaf. Di SMP IT Al-Fikri Makassar, metode tasmi’ diterapkan untuk meningkatkan kualitas hafalan peserta didik kelas VIII. Metode ini tidak hanya melibatkan satu orang saja, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar bersama teman-teman mereka, sehingga membuat proses hafalan lebih bervariasi. Peran guru dalam pesantren sangat krusial dalam menjaga dan meningkatkan kualitas hafalan. Lingkungan di sekitar siswa juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mereka dalam menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode tasmi’ yang diajarkan oleh guru dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan instrumen berupa observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tasmi’ memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an. Uji normalitas residual menunjukkan adanya pengaruh positif antara kualitas metode tasmi’ dan kualitas hafalan siswa. Semakin baik pelaksanaan metode tasmi’, semakin tinggi kualitas hafalan siswa. Selain itu, indikator kelancaran hafalan menjadi komponen paling berpengaruh. Rata-rata kualitas hafalan siswa berada dalam kategori baik, serta analisis regresi menunjukkan hasil yang valid dan dapat dipercaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Yanti Amalia, Saehudin Saehudin, and Siti Asma Hafifah. 2023. “Efektivitas Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an.” TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):117–30. doi: https://doi.org/10.69768/jt.v1i2.12.

Cynthia, Riries Ernie, and Hotmaulina Sihotang. 2023. “Melangkah Bersama Di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):31712–23. doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12179.

Fatmawati, Fatmawati. 2020. “Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Shalat (Analisis Terhadap Ayat-Ayat Tentang Shalat Di Dalam Al-Qur’an).” Al-Amin Journal: Educational and Social Studies 5(1):76–94.

Hakim, Anwar, Abdul Azis, and Umy Fitriani Nasution. 2022. “Upaya Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Muraja’ah Santriwati Rumah Tahfiz Al-Bayyinah Medan.” Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(2):70–75.

Hidayah, Andi, Ahmad Hakim, Akhmad Syahid, Syarifa Raehana, and M. Hasibuddin. 2024. “Strategi Pendidikan Sekolah Menengah Islam Terpadu Di Tengah Peluang Dan Tantangan Globalisasi.” Education and Learning Journal 5(1):40–47. doi: https://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i1.

Ibad, Fafiru Irsyadul, and Ariga Bahrodin. 2023. “Pengaruh Metode Tasmi’Terhadap Kualitas Hafalan Siswa Program Tahfidz Di MTs Ar Rahman Nglaban Diwek Jombang.” AN-NIBRAAS 2(2):109–26.

Indonesia, Republik. 2018. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.

Kemendikbudristek. 2021. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.

Khamid, Abdul, Rofiqotul Munifah, and Aida Dwi Rahmawati. 2021. “Efektifitas Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Santri Pondok Pesantren.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 14(1):31–41.

Matandra, Zulkarnain, Abdul Wahab, and Syaharuddin Syaharuddin. 2020. “Ta’awun’s Role in Alleviating Poverty in Makassar City.” Gorontalo Development Review 3(2):72–87. doi: https://doi.org/10.32662/golder.v3i2.1151.

Mustamin, Mustamin, Abdul Qahar Zainal, and Humairah M. 2023. “Efektivitas Metode Al Miftah Untuk Melatih Kemampuan Qawa’id Pada Peserta Didik Kelas X Keagamaan Di Madrasah Aliyah.” Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam 1(1):8–18. doi: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.226.

Nadhifah, Diana, Ahmad Khumaidi, and Bahruddin Zaini. 2025. “Strategi Metode Uji Tasmi’ Pada Program Tahfidz Pondok Putri Hafshawaty Timur Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo.” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 4(6):971–80. doi: https://doi.org/10.54443/sibatik.v4i6.2810.

Nisa, Laily Khoirun, and Mujibur Rohman. 2025. “Implementasi Metode Tasmi’ Dalam Menghafal Al-Qur’an Di MA Muhammadiyah Purwokerto.” Merdeka Indonesia Jurnal International 5(1):120–37. doi: https://doi.org/10.69796/miji.v5i1.335.

Nonci, Darmiah, and Abdul Qahar Zainal. 2023. “Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Teks Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII A MTs DDI Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang.” QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies 2(1):39–44.

Partono, Partono, and Shinta Ulya Rizqiyah. 2022. “Penerapan Metode Tasmi’dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Putri Tahfidz Al-Ghurobaa’Tumpangkrasak Jati Kudus.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 3(2):133–44. doi: https://doi.org/10.21154/maalim.v3i2.4927.

Rahmadani, Rizka. 2023. “Pengaruh Metode Tasmi’ Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa Di MTsN 4 Madina.” AR-RASYID: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(1):1–9. doi: https://doi.org/10.30596/arrasyid.v3i1.14774.

Rosalinda, Rosalinda, Luthfiyah Luthfiyah, and Ferdiansyah Ferdiansyah. 2025. “Implementasi Metode 3T+ 1M (Tasmi’, Tafahhum, Tikrar Dan Muroja’ah) Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Di SMP Islam Tahfidz Qur’an (ITQ) Kelurahan Kolo Kota Bima.” Action Research Journal Indonesia (ARJI) 7(1):511–21. doi: https://doi.org/10.61227/arji.v7i1.312.

Saputra, Wendi, and Marwan Marwan. 2023. “Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Quran Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Pekanbaru Melalui Penerapan Metode At-Taisir.” Instructional Development Journal 6(3):205–10. doi: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.28668.

Ulfah, Tsaqifa Taqiyya, Muhammad Shaleh Assingkily, and Izzzatin Kamala. 2019. “Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2):59–69. doi: http://dx.doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54.

Zahraini, Zahraini, and Ibnu Hizam. 2024. “Implementasi Metode Tasmi’dalam Memperkuat Hafalan Al-Qur’an Mahasantri Rumah Tahfidz Cahaya Al-Qur’an An-Nahl 4 Mataram.” Journal of Contemporary Islamic Education 4(1):152–65. doi: https://doi.org/10.25217/jcie.v4i1.4421.

Downloads

Published

2025-08-17