ANALISIS SWOT KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 11 SAMARINDA

Authors

  • Ambar Sri Pratiwi Universitas Mulawarman
  • Yasinta Monitasari Universitas Mulawarman
  • Hendra Putra Sastranegara Universitas Mulawarman
  • Zainal Pahmiyadi Universitas Mulawarman
  • Alya Puspita Zahra Universitas Mulawarman
  • Widyatmike Gede Mulawarman Universitas Mulawarman
  • Akhmad Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36390

Keywords:

Analisis SWOT, Kompetensi Guru, Kurikulum Merdeka, SMA

Abstract

Penelitian ini menganalisis kekuatan dan kelemahan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 11 Samarinda dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan melibatkan guru, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan kepala sekolah yang ditentukan melalui purposive dan snowball sampling. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman serta diperdalam melalui analisis SWOT untuk memetakan kondisi internal secara objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki pemahaman yang baik terhadap komponen utama Kurikulum Merdeka seperti diferensiasi, modul ajar, dan asesmen formatif. Guru juga memperoleh dukungan melalui kolaborasi MGMP dan komunitas belajar sekolah serta kepemimpinan yang mendukung. Pemahaman guru yang belum merata, pemanfaatan teknologi yang terbatas serta pelaksanaan kokurikuler yang belum konsisten menjadi kendala dalam pengimpelmentasian kurikulum merdeka. Keterbatasan sarana digital serta beban administrasi turut menjadi hambatan dalam pelaksanaan kurikulum. Penelitian menyimpulkan bahwa kompetensi guru berada pada tingkat cukup hingga baik, namun memerlukan pengembangan profesional berkelanjutan khususnya dalam penguasaan teknologi, pengembangan modul, serta penerapan pembelajaran berbasis proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, A. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penguatan Program Dalam Perencanaan Pendidikan.

Alim, A. A., Mugirah, Suwarno, & Murniati, N. A. N. (2024). Perencanaan Strategis dengan Analisis SWOT dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Anggraeni, Y., Ningrum, L. I., Istikomah, & Murniati, N. A. N. (2025). Konsep Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Arifin, A. D., Solekha, S., Ardiani, T., Ayu, N., Murniati, N., Pendidikan, M., & Upgris, P. (n.d.). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berbasis Analisis SWOT di SD Negeri 03 Wanamulya.

Cresswell, J. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design - 3rd Edition.

Gumiandari, S. S. (n.d.). Analisis SWOT Mutu Evaluasi Pembelajaran.

Hapsari, N. D., & Hendrajaya. (2024). Strategi Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Jurusan Perhotelan SMK N 1 Kalasan Melalui Kegiatan Kokurikuler di Edotel Kalasan.

Helmi, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru.

High School, J., Talang, G., Regency Zulhendri, S., Hendra, R., & Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar Corresponding Author, U. (2025). Analysis SWOT of the Implementation of the Merdeka Curriculum in State. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 4(3), 171–184. https://doi.org/10.55927/jiph.v4i3.53

Marwiyah, S. (2019). Kompetensi Profesionalisme Guru dan Peranannya dalam Mengimplementasikan Kurikulum. In Jurnal Kependidikan (Vol. 8, Issue 2). https://jurnaldidaktika.org51

Muslimah, atul, Khamidi, A., & Purwoko, B. (2025). Studi Literatur : Analisis SWOT Strategi Branding Kelas Olimpiade UPT SMP Negeri 1 Gresik.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan (Vol. 5, Issue 2).

Pujoko, Supriati, A., Sudadi, & Nuraini. (2025). Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 1 Rembang.

Safitri, S., & Nikmah Rahmatih, A. (2025). Analisis Kompetensi Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 47 Cakranegara 1.

Samosir, N., Gede Mulawarman, W., Akhmad, A., Komariyah, L., Haeruddin, H., & Dwiyono, Y. (2022). Sarcouncil Journal of Education and Sociology under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 (CC BY-NC-ND 4.0) International License Strategic Management of School Principals in Strengthening Character Education in Elementary Schools in Samarinda City. https://doi.org/10.5281/zenodo.16628797

Saugi, W., Gede Mulawarman, W., Basataka Usfandi Haryaka, J., Haryaka, U., Agama, K., & Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, U. (2024). Metode Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kristis Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Bontang Vol. 7, Issue 2).

Shilviana, K. F., & Hamami, T. (2020). PENGEMBANGAN KEGIATAN KOKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER.

Susanto, D., Jailani, Ms., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim

Wulan, N., Palupi, I., Ummah, S. R., & Larasati, P. (2025). Konsep dan Praktik Metode Kualitatif untuk Penelitian Sosial. 188–198. https://doi.org/10.62383/risoma.v3i4.860

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan.

Zulfikri, & Wihdiyanto, A. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka.

Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Isalam di MAN 1 Medan Pendidikan Dan Pengajaran |, 3, 2022. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i2.11758

Zulhendri, Hendra Ritman, Adripen, & M.Haviz. (2025). Analysis SWOT of the Implementation of the Merdeka Curriculum in State. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 4(3), 171–184. https://doi.org/10.55927/jiph.v4i3.53

Downloads

Published

2025-12-13

Most read articles by the same author(s)