STRATEGI REKRUTMEN DAN SELEKSI TENAGA PENDIDIK DI SMA NEGERI 11 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36406Keywords:
Strategi, Rekrutmen dan seleksi, Tenaga Pendidik, dan SMA NegeriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat dalam proses rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik di SMA Negeri 11 Samarinda, Kalimantan Timur. Dalam prosesnya penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang diuraikan secara deskriptif dengan sumber data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengambilan data dengan menggunakan subjek penelitian yang diperoleh dari 3 informan utama, yaitu 1 kepala sekolah, 1 wakil kepala sekolah bidang Humas dan 1 guru. Pengolajan data menggunakan uji kredibilitas data dalam yaitu dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rekrutmen dan seleksi di SMA Negeri 11 Samarinda telah dilaksanakan berdasarkan prinsip transparansi, objektivitas, dan kompetensi, meskipun terdapat tantangan dalam hal keterbatasan fasilitas pelatihan dan beban administrasi guru. Kepala sekolah berperan sentral dalam perencanaan kebutuhan guru, sedangkan wakil kepala sekolah memastikan pelaksanaan teknis dan guru menjadi pelaksana kebijakan yang berorientasi pada peningkatan profesionalisme. Temuan ini menegaskan bahwa sinergi antarkomponen sekolah melalui pendekatan sistem menjadi kunci keberhasilan manajemen pendidikan yang berkelanjutan
Kata kunci : Strategi, Rekrutmen dan seleksi, Tenaga Pendidik, dan SMA Negeri
Downloads
References
Meningkatkan Mutu Lembaga. 7(4), 1623–1627. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1455
Hidayat, A., Raden Intan Lampung, U., Wahab Syakhrani STAI Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, A., & UIN Antasari Banjarmasin, S. (2024). The Dynamics of Human Resource Management in Education. In Indonesian Journal of Education (INJOE) (Vol. 4, Issue 2).
Ibnu Prayoga, F., Masruroh, N., & Vina Safitri, N. (n.d.). Social, Humanities, and Educational Studies SHEs: Conference Series 7 (3) (2024) 613-622 Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Izzati, N., Maulana, A. R., & Bashith. (2025). Perkembangan Kualitas Guru dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Dasar.
Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. In Journal of Education Research (Vol. 1, Issue 2).
Ping, T., Warman, W., & Komariyah, L. (2022). Management of Educator Recruitment in Improving the Quality of Education at Samarinda Catholic Elementary School. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(3), 273–283. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1152
Setiawan, I., Zohriah, A., Firdaos, R., & Syaripudin, E. (2024). Strategi Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dengan Teori Poac Terry (Study Di MAN 4 Pandeglang). Jurnal Wahana Pendidikan, 11(1), 117–130. https://doi.org/10.25157/jwp.v%vi%i.13550
Sholeh, M., Windasari, Lestari, D. N., & Widodo, B. S. (2023). Selection Process of School Principals in Indonesia and Some Other Countries. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 88–95. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.56174
Sukmara, A. R. (n.d.). Human Resource Management (HR) To Maintain The Quality Of Education-Ading Rahman Sukmara Human Resource Management (HR) To Maintain The Quality Of Education. Jurnal Ekonomi, 13, 2024. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i03
Susanti, S., Fakhrul Uman, A., Aida fitriyah Ridwan, S., & Maf’ulah, S. (2023). Manajemen Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 574–581. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.2916
Umam, K., Afina Fidaroin Naja, Arie Wahyu Maulidya, Syunu Trihantoyo, & Muhammad Sholeh. (2025). Rekrutmen dan Seleksi Tenaga Pendidik dan Kependidikan : Studi Literatur Sistematis dengan Prisma. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 8(3), 830–838. https://doi.org/10.31539/fj676806
Yasir, J., Yuniati, S., Annisah, K., & Rahmi, D. (2024). Profesionalisme Guru dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















