ANALISIS PENGARUH PERENCANAAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36609Keywords:
Perencanaan Tenaga Kependidikan, Mutu Pendidikan, Society 5.0, Kompetensi Digital, Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh perencanaan tenaga kependidikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di era Society 5.0. Perencanaan tenaga kependidikan memerlukan pendekatan yang integratif dengan memperhatikan kesesuaian antara kebutuhan organisasi, perkembangan teknologi, serta kompetensi individu agar mampu mendukung tujuan pendidikan yang berorientasi pada mutu dan keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literature review melalui analisis deskriptif. Data diperoleh dari berbagai jurnal ilmiah lima tahun terakhir yang relevan. Proses pengumpulan dilakukan dengan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis hasil penelitian sebelumnya guna memperoleh dasar teoritis yang kuat dan mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan terkait manajemen tenaga kependidikan di era digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa perencanaan tenaga kependidikan yang efektif terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Lembaga pendidikan yang menerapkan perencanaan strategis berbasis data, digitalisasi sistem, dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia mampu meningkatkan efisiensi operasional hingga 40%. Strategi tersebut meliputi rekrutmen berbasis teknologi seperti Big Data, Artificial Intelligence (AI), Machine Learning. Dengan demikian, peningkatan mutu pendidikan tidak hanya ditentukan oleh kecanggihan teknologi yang digunakan, tetapi juga oleh kualitas sumber daya manusia yang mampu mengintegrasikan teknologi dengan nilai-nilai kemanusiaan dalam pembelajaran. Kesimpulannya, semakin baik perencanaan tenaga kependidikan yang dilakukan secara sistematis, berbasis data, dan berorientasi pada pengembangan kompetensi digital, semakin besar pula peluang tercapainya mutu pendidikan yang unggul, adaptif, dan berkelanjutan
Downloads
References
Amalia, N. F., & Munif, M. V. M. (2023). Tantangan Dan Upaya Pendidikan Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Maana: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–13.
Antasari, A., Juniarti, Y., & Lestari, Z. (2025). Educational Transformation In The Era Of Society 5.0: Challenges And Opportunities For Educators. International Journal Of Teaching And Learning (Injotel), 3(6), 971–985.
Anwar, M. S., & Sutarto, J. (2022). Analisis Beban Kerja Dan Stress Kerja Tenaga Kependidikan Di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 45-60.
Arianto, A., Aziza, Az., Ningrum, Y. S., & Wijaya, C. (2019). Perencanaan Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di Sd Panca Budi Medan. Sabilarrsyad, 4(1), Januari–Juni 2019.
Dadang, A. M., Munir, S., Rinaldi, F., Sukmana, I. K. T., & Supriatna, M. J. (2024). Peningkatan Produktivitas Karyawan: Peluang Dan Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Society 5.0. Edunomika, 8(2).
Eliwatis, Aprison, W., Maimori, R., Herawati, S., & Putri, Y. M. (2022). Challenges Of Society Era Education 5.0: Revitalization Of Teacher Competencies And Learning Models. Darussalam: Journal Of Psychology And Educational, 1(1), Juni 2022, 1–8.
Fahmi, A., & Rahman, T. (2023). Digital Literacy For Educational Staff: Challenges And Training Strategies In The Post-Pandemic Era. International Journal Of Educational Management, 12(2), 112-125.
Fazira, A., Budimansyah, D., & Mahpudz, A. (2024). Transformasi Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Society 5.0: Menerapkan Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001), 809-824. https://doi.org/10.58230/27454312.1381.
Gunawan, N. R., & Handayani, A. N. (2023). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknik Dan Edukasi Teknologi, 3(3), 134–138. https://Doi.Org/10.17977/Um068v3i32023p134-138.
Hartati, S., Syahril, S., & Setyaningsih, R. (2022). Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik Di Smkn 1 Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 382–388.
Kurniawan, D., & Samsuri, S. (2021). Membangun Budaya Kerja Kolaboratif Antara Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 78-92.
Maulansyah, R., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting Dan Genting. Journal Of Information Systems And Management, 02(05), 31-35. https://jisma.org/index.php/jisma.
Nurlindah, Mustami, M. K., & Musdalifah. (2020). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Idaarah, 4(1)
Prasetyo, H., & Zulkifli, Z. (2022). Strategic Human Resource Planning For Educational Staff In Facing The Society 5.0 Era. Journal Of Education And Learning, 16(3), 345-355.
Putri, D., Fauziah, S. N., & Gaol, P. L. (2023). Implementasi Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Mempersiapkan Era Society 5.0. Jurnal Sumber Daya Aparatur (Jsda) Https://Doi.Org/10.32834/Jsda.V5i2.648
Rafsanjani, A. Z., & Irama, Y. (2022). Islam Dan Society 5.0: Pembacaan Ulang Teologi Islam Perspektif Mohammed Arkoun Di Era Digital. Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 12(2), 115-133. https://doi.org/10.36781/kaca.v12i2.271.
Rahmawan, A. Z., & Effendi, Z. (2021). Implementasi Society 5.0 Dalam Kebijakan Dan Strategi Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), Januari 2021.
Ritonga, Z. S. (2020). Perencanaan Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Smp Swasta Graha Kirana Medan. Equity In Education Journal (Eej), 2(2), 77–87.
Rizadiliyawati, R., Busro, A., Dahrani, D., & Afriza, A. (2025). Analisis Perencanaan Kebutuhan Tenaga Pendidik Di Smpn 2 Batu Belah Kecamatan Siantan Timur Kabupaten Kepulauan Anambas. Al Mikraj: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(2), 1378–1387. Https://Doi.Org/10.37680/Almikraj.V5i2.6995
Sakiinah, A. N., Mahya, A. F. P., & Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan Di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(2), November 2022.
Santoso, G., Abdulkarim, A., Maftuh, B., & Murod, M. (2022). Citizenship Education Perspective : Strengths, Weaknesses, And Paradigm Of The Curriculum In 2022. Proceedings Of The 1st Pedagogika International Conference On Educational Innovation, Picei 2022, 15 September 2022, Gorontalo, Indonesia, 2. Https://Doi.Org/10.4108/Eai.15-9-2022.2335929
Sari, H. P. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Al-Thariqah: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 8(2), 15026. Doi: 10.25299/Al-Thariqah.2023.Vol8(2).15026.
Sari, P. I., & Hidayat, R. (2021). Profesionalisme Tenaga Kependidikan Dalam Perspektif Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 210-221.
Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembiring, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia, 05(03), 6933-6941. https://jonedu.org/index.php/joe.
Sukinawan, K. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Jiip), 7(8), 8374–8379.
Tavares, M. C., Azevedo, G., & Marques, R. P. (2022). The Challenges And Opportunities Of Era 5.0 For A More Humanistic And Sustainable Society—A Literature Review. Societies, 12(4), 149. Doi: 10.3390/Soc12040149.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wibowo, A. (2020). Perencanaan Strategis Sumber Daya Manusia Tenaga Kependidikan Berbasis Data. Jurnal Kajian Pendidikan, 10(2), 155-167.
Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 3(2), 108–116.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















