ANALISIS WACANA KRITIS DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37614Keywords:
Analisis wacana, Iklan, Pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini membahas tentang iklan layanan masyarakat yang bertujuan
memperkuat pendidikan karakter, menggunakan teori Analisis Wacana Kritis Van
Dijk. Tujuan utamanya adalah memahami cara iklan tersebut menyampaikan pesan,
nilai, dan ideologi kepada masyarakat sekaligus perannya dalam membentuk pola
pikir dan perilaku terkait praktik pendidikan karakter. Metode yang digunakan adalah
analisis isi dengan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data diperoleh melalui
teknik mendengarkan, mencatat percakapan, serta menganalisis elemen visual.
Hasilnya menunjukkan bahwa iklan ini menggunakan narasi yang kuat untuk
membangun citra keluarga yang harmonis dan bertanggung jawab, serta
menghubungkan praktik pendidikan karakter. Bahasa dalam iklan bersifat persuasif
dan penuh emosi, dengan frasa seperti "Pegang Teguh Janji Yang Terucap Dengan
Penuh Tanggung Jawab" yang menekankan teladan dan konsistensi. Pembahasan
menunjukkan bahwa iklan ini tidak hanya berfungsi sebagai kampanye sosial, tetapi
juga memperkuat ideologi tentang keluarga ideal dan nilai-nilai karakter yang
diharapkan oleh masyarakat. Namun, representasi yang terbatas pada keluarga
kelas menengah dapat menimbulkan tekanan dan mengurangi inklusivitas karena
tidak mencerminkan keberagaman Indonesia. Temuan ini menyampaikan bahwa
iklan ini efektif menyampaikan pesan moral melalui narasi yang penuh emosi, tetapi
perlu memiliki representasi yang lebih inklusif agar dapat menjangkau seluruh
masyarakat dengan cara yang lebih efektif, Iklan layanan masyarakat mampu
memengaruhi cara orang memandang dan melakukan tindakan mereka, dengan
memanfaatkan cerita, bahasa yang bisa menyakinkan, serta gambar yang kuat.
Analisis ini memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai peran iklan
layanan masyarakat dalam membentuk pendidikan karakter.
Downloads
References
Atika, J., Minawati, R., & Waspada, A.
E. (2018).
IKLAN LAYANAN
MASYARAKAT PEDULI SAMPAH.
2, 188–197.
Gunalan sasih, H. (2020). Analisis
pemaknaan semiotika pada karya
iklan layanan masyarakat. 2(2), 44–
51.
Hastuti, S. (n.d.). Efektivitas iklan
layanan masyarakat di televisi. 67–
72.
Kasali, Rhenald, 2006, Manajemen
Periklanan:Konsep dan Aplikasinya
di Indonesia, Pustaka Grafiti,
Jakarta.
Nisa Khoiru Naima. (2015).
PEMASARAN SOSIAL Naima
Khoiru Nisa. Ilm.
Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan
Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit
ANDI.
Sahiralayalia, D. U. (2025). ANALISIS
ISI EDUKASI ANTI
CYBERBULLYING DALAM IKLAN
LAYANAN MASYARAKAT PADA
AKUNYOUTUBE@CERDASBERK
ARAKTER.KEMDIKDASMEN
SEBAGAI EDUKASI PUBLIK.
Septiana, I., Asrofah, Muhajir, & Rifai
Ahmad. (2020). Aspek
kebahasaan media digital pada
pembelajaran anak usia dini di
masa pandemi covid-19. 53–62.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















