Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Afandi, A., Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi digital-age literacy dalam pendidikan abad 21 di Indonesia. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 113-120). https://core.ac.uk/download/pdf/289791953.pdf
- Afrianti, N., Asdar, A., & Ismail, I. (2024). Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan culturally responsive teaching. Global Journal Education Humanity, 1(2), 172-176. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjeh/article/view/2138
- Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
- Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653-1660. https://repository.umj.ac.id/14011/1/13143-Article%20Text-40838-1-10-20230402.pdf
- Alfaruqi, A. Z., & Nurwahidah, N. (2025). Reflection on indonesia's pisa scores and the 2024 madrasah teacher competency assessment results: challenges in enhancing teacher competence. Jurnal Pendidikan IPS, 15(1), 11-19. https://doi.org/10.37630/jpi.v15i1.2559
- Arifah, A. N., Rahma, A. L., Savon, I. M., Mutiara, K., Sekarningrum, S. A., & Marini, A. (2023). Pembelajaran IPS sekolah dasar dengan aplikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 115-122. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/6750
- Arifin, A. H., Pratiwi, W. R., Andriyansah, A., & Sultan, Z. (2024). Peningkatan kreativitas guru PAUD di Kota Tangerang dalam membuat media pembelajaran berbasis canva. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 151-157. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.571
- Asmaliyah, F., Keriyani, N. M. I., & Nugroho, S. (2025). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model problem-based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 840-850. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3136
- Astuti, H. Y. (2023). Evaluasi efektivitas pembelajaran berdiferensiasi materi matriks dengan memperhatikan kearifan lokal pertanian padi sebagai konteks belajar. JSG: Jurnal Sang Guru, 2(3). http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/article/view/7939
- Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2021). Kemajuan pendidikan, pembalikan pembelajaran: Profil pembelajaran Indonesia antara tahun 2000 dan 2014. Jurnal Internasional Pengembangan Pendidikan, 85. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436
- Comstock, M., Litke, E., Hill, K. L., & Desimone, L. M. (2023). A culturally responsive disposition: How professional learning and teachers’ beliefs about and self-efficacy for culturally responsive teaching relate to instruction. AERA Open, 9, 23328584221140092. https://doi.org/10.1177/23328584221140092
- Damayanti, L., Hiltrimartin, C., & Wati, D. (2023). Cultural responsive teaching: increasing student PPKN learning outcomes. Journal of Basic Education Research, 4(3), 85-90.. https://doi.org/10.37251/jber.v4i3.723
- Enjelina, R. F., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39-51. https://doi.org/10.69533/t35nhb59
- Fauzi, H., Yaniawati, R. P., & Sari, N. M. (2024). Penerapan pembelajaran computer-based learning dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 225-240. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1671
- Fahlevi, M. R. (2022). Upaya pengembangan number sense siswa melalui kurikulum merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11-27. DOI: https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414
- Firdausy, I. A., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Penerapan model project-based learning melalui pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 37-42. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.127
- Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice. Teachers College Press.
- Gumilar, G., & Rosid, D. P. S. (2024). Peranan supervisi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 651-661. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.3189
- Gunawan, G., Lubis, A. R., Yusuf, K., & Yani, A. (2024). Pelatihan canva untuk guru-guru di SMA swasta Amir Hamzah Medan Sumatera Utara. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 3(01), 34-37. https://doi.org/10.54209/jumas.v3i01.74
- Hansa, G. Z., & Muthi, I. (2024). Meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dalam operasi bilangan bulat menggunakan media koin bermuatan. katalis pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(3), 187-194. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i3.587
- Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. (2022). The Influence of Wordwall on Students' Interests and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51691.
- Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2016). Metodologi penelitian: Kuantitatif, kualitatif dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan.
- Jannah, M., & Hayati, M. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40-54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416
- Kaban, L., Puspa, M., Yoki, M., Sihombing, M., Pratiwi, W., Guru, P., Dasar, S., & Medan, U. (2023). Interactive Learning Through Digital Media: Enchancing Elementary Math Instruction. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i6.331.
- Kerrigan, V., Lewis, N., Cass, A., Hefler, M., & Ralph, A. P. (2020). “How can I do more?” Cultural awareness training for hospital-based healthcare providers working with high Aboriginal caseload. BMC Medical Education, 20, 1-11. https://doi.org/10.1186/s12909- 020-02086-5
- Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2024). Penerapan PJBL (Project-Based Learning) dengan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1-9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
- Kristanto, Y. D. (2020). Upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui flipped classroom dan gamifikasi: Suatu kajian pustaka. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 266-278). Jurusan Matematika FMIPA UNNES. https://repository.usd.ac.id/36900/1/5992_Kristanto_PRISMA_3_266-278.pdf
- Kurniasih, S. R. (2021). Buku inovasi media belajar saat pandemi edisi 1. Cerita Guru Belajar & Media merdeka Belajar.
- Kurniati, K., Kusumah, Y., Sabandar, J., & Herman, T. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 53-62. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1901.53-62
- Ladson-Billings, G. (1995). Toward a theory of culturally relevant pedagogy. American educational research journal, 32(3), 465-491. https://doi.org/10.3102/00028312032003465
- Lestari, R., & Rohmani, R. (2024). Analysis of the Effectiveness of Wordwall Media Use on Science Learning Outcomes in Elementary Schools. IJORER : International Journal of Recent Educational Research. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i4.634.
- Luluk, L. (2024). Eskalasi kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 276-287. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.119
- Martini, R. S., Gunarti, W., Satrio, M. G., Maryam, M., AS, H. K., & Zahra, C. A. (2023). Pelatihan penggunaan aplikasi canva for education, bagi Guru Paud di Kecamatan Pulo Gadung. Jurnal Basicedu, 7(5), 3242-3248. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6067
- Markey, K., Brien, B., Kouta, C., Okantey, C., & Donnell, C. (2021). Embracing classroom cultural diversity: Innovations for nurturing inclusive intercultural learning and culturally responsive teaching. Teaching and Learning in Nursing. https://doi.org/10.1016/J.TELN.2021.01.008.
- Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran daring (quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/113
- Molita, A., Widiyanto, R., Ariyanti, G., & Dian, M. (2024). Penerapan strategi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XII-5 SMAN 6 Surabaya. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(10). Doi : http://doi.org/10.59188/jcs.v3i10.2086
- Mursalin, M., Ali, M., & Armita, D. (2024). Pelatihan Canva sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Digital Bagi Guru SMA dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 4(1), 38-44. https://doi.org/10.5281/zenodo.12337816
- Mutiaratri, R. L., Wijayanti, T. S., & Merta, I. W. (2024). Peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi menggunakan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) di kelas XB SMA 1 Labuapi tahun ajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 199-204. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1821
- Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01), 64-73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
- Nuraridha, S., Rahmat, I., & Rahayu, S. (2024). Peran guru dalam penerapan pembelajaran abad 21 untuk peningkatan kompetensi matematika siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 76-89.
- Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243-255. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1338
- OECD. (2023b). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
- Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616
- Pinahayu, E. A. R. (2016). Problematika pembelajaran matematika pada pokok bahasan eksponen dan alternatif pemecahannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5 (3), 182–191. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/642
- Pinta, A. R., Karim, H. A., & Trisna, L. (2024). Implementasi penggunaan media wordwall pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa di SMPN 3 kecamatan Guguak. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 126-134. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.983
- Partasiwi, N., Safitri, D., & Syaadah, R. S. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis canva untuk guru-guru sekolah menengah pertama di kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(2), 152-156. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i2.225
- Pramesti, F. I. (2025). Lesson study: Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 11(1), 51-62. http://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/11693
- Pratiwi, R., Amilia, W., & Masnur, A. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan Canva bagi guru SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25831-25838. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10752/8572/19973
- Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: jurnal ilmu-ilmu keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
- Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain bersama pengetahuan peserta didik melalui media pembelajaran berbasis game online word wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77. https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17052
- Putri, L. I. D. (2024). Implementasi pendekatan culturally responsive teaching guna meningkatkan hasil belajar matematika kelas v materi penyajian data. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 221-231. https://doi.org/10.69533/487tam71
- Rahmawati, Y., Rahman, A., Ridwan, A., Triwana, M., Handayani, T., Fahriza, N., ... & Rizqiya, L. (2017). Pendekatan pembelajaran kimia berbasis budaya dan karakter: Culturally responsive teaching terintegrasi etnokimia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287. https://opac.fitk.uinjkt.ac.id/index.php?p=show_detail&id=25594
- Rika, R., Rachmadani, J., Nuran, A. A., Ariatna, A., & Arnita, A. (2024). Pendampingan dan pelatihan media ajar interaktif wordwall berbasis literasi numerasi di sdn 105290 desa kolam, kec. Percut sei tuan, kab. Deli serdang. Jurnal Pengabdian Mandiri, 3(9), 833–842. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/8650
- Rohman, A. D., & Khaliza, T. N. (2024). Inovasi media pembelajaran wordwall berbasis quizizz: alternatif dalam meningkatkan critical thingking siswa di era abad 21. Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika), 2(2), 72-79. DOI: https://doi.org/10.55377/mardika.v2i2.10159
- Rosdiani, L., Munawar, B., & Dewi, R. (2021). Pelatihan membuat game edukasi wordwall untuk guru di kelurahan karaton. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(2), 247-255. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i2.138
- Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi culturally responsive teaching (crt) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas x ipa 2 sma negeri 7 mataram pada mata pelajaran kimia tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110-118. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.18
- Sari, Y., Ansya, Y. A. U., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). Studi literatur: Upaya dan strategi meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(1), 9-26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
- Suwarni, S., Poncowati, S., Supriatna, E., Adiputra, D., & Pasongli, H. (2024). Provide Instructors with A Learning Experience That is Fun, Convenient, and Enjoyable For Students. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.719.
- Shiddiq, J. (2021). Inovasi pemanfaatan word-wall sebagai media game-based learning untuk bahasa arab. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5(1), 151-169. https://doi.org/10.33754/jalie.v5i1.337
- Silitonga, I. D. B., & Siahaan, R. D. R. (2024). Pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi canva bagi guruguru smp putri cahaya medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 23–27. http://jurnalistiqomah.org/index.php/jpmi/article/view/873%0Ahttp://jurnalistiqomah.org/index.php/jpmi/ article/view/873/747
- Siwatu, K. O. (2011). Preservice teachers’ culturally responsive teaching self-efficacy-forming experiences: A mixed methods study. The Journal of Educational Research, 104(5), 360-369. https://doi.org/10.1080/00220671.2010.487081.
- Sulistianingrum, E., Fauziati, E., Rohmah, W., & Muhibbin, A. (2023). Differentiated Learning : The Implementation of Student Sensory Learning Styles in Creating Differentiated Content. Jurnal Paedagogy. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7030.
- Susanto, E., & Sari, M. (2023). Effectiveness of Using The Wordwall Application on Student Learning Outcomes. At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29300/attalim.v22i1.11206.
- Susilowati, D. (2018). Penelitian tindakan kelas (ptk) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01). DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
- Tangkoro, M., Monoarfa, J., & Maukar, M. G. (2024). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48–61. Retrieved from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1731
- Tasya, M. A., Maki, M., & Hadi, E. (2025). Pengaruh penerapan quiz wordwall terhadap peningkatan literasi membaca bahasa indonesia siswa kelas iv. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEdJournal), 6(2), 789-794. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.727
- Tsai, J., Lindo, E., & Bridges, K. (2021). Seeing the Window, Finding the Spider: Applying Critical Race Theory to Medical Education to Make Up Where Biomedical Models and Social Determinants of Health Curricula Fall Short. Frontiers in Public Health, 9. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.653643.
- Tul’adawiyah, R., Nurihsan, J., & Budiman, N. (2024). A Systematic Literature Review on Student Boredom: Analyzing Contributing Factors. Proceedings of the 5th International Conference on Psychological Studies, ICPSYCHE 2024, 24 – 25 July 2024, Semarang, Central Java, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.24-7-2024.2354297.
- Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
- Virliana, A. I. (2024). Pengaruh evaluasi pembelajaran berbasis quizziz dan wordwall dalam meningkatkan pemahaman siswa. Nusantara, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.36088/nusantara.v6i1.4272
- Wahira, W., Hasan, H., & Hamid, A. (2024). Pelatihan Pelaksanaan Pendekatan Teaching At The Right Level Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(2), 01-07. https://doi.org/10.59024/jpma.v2i2.697
- Wardana, J. W., & Ariyanto, L. (2024). Efektivitas pendekatan culturally responsive teaching berbantuan¬ e-lkpd dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa smp. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4955-4965. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14349
- Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224. https://doi.org//10.24014/jete.v2i2.11707
References
Afandi, A., Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi digital-age literacy dalam pendidikan abad 21 di Indonesia. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 113-120). https://core.ac.uk/download/pdf/289791953.pdf
Afrianti, N., Asdar, A., & Ismail, I. (2024). Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan culturally responsive teaching. Global Journal Education Humanity, 1(2), 172-176. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjeh/article/view/2138
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653-1660. https://repository.umj.ac.id/14011/1/13143-Article%20Text-40838-1-10-20230402.pdf
Alfaruqi, A. Z., & Nurwahidah, N. (2025). Reflection on indonesia's pisa scores and the 2024 madrasah teacher competency assessment results: challenges in enhancing teacher competence. Jurnal Pendidikan IPS, 15(1), 11-19. https://doi.org/10.37630/jpi.v15i1.2559
Arifah, A. N., Rahma, A. L., Savon, I. M., Mutiara, K., Sekarningrum, S. A., & Marini, A. (2023). Pembelajaran IPS sekolah dasar dengan aplikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 115-122. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/6750
Arifin, A. H., Pratiwi, W. R., Andriyansah, A., & Sultan, Z. (2024). Peningkatan kreativitas guru PAUD di Kota Tangerang dalam membuat media pembelajaran berbasis canva. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 151-157. https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.571
Asmaliyah, F., Keriyani, N. M. I., & Nugroho, S. (2025). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model problem-based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 840-850. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3136
Astuti, H. Y. (2023). Evaluasi efektivitas pembelajaran berdiferensiasi materi matriks dengan memperhatikan kearifan lokal pertanian padi sebagai konteks belajar. JSG: Jurnal Sang Guru, 2(3). http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/jsg/article/view/7939
Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2021). Kemajuan pendidikan, pembalikan pembelajaran: Profil pembelajaran Indonesia antara tahun 2000 dan 2014. Jurnal Internasional Pengembangan Pendidikan, 85. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436
Comstock, M., Litke, E., Hill, K. L., & Desimone, L. M. (2023). A culturally responsive disposition: How professional learning and teachers’ beliefs about and self-efficacy for culturally responsive teaching relate to instruction. AERA Open, 9, 23328584221140092. https://doi.org/10.1177/23328584221140092
Damayanti, L., Hiltrimartin, C., & Wati, D. (2023). Cultural responsive teaching: increasing student PPKN learning outcomes. Journal of Basic Education Research, 4(3), 85-90.. https://doi.org/10.37251/jber.v4i3.723
Enjelina, R. F., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39-51. https://doi.org/10.69533/t35nhb59
Fauzi, H., Yaniawati, R. P., & Sari, N. M. (2024). Penerapan pembelajaran computer-based learning dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 225-240. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1671
Fahlevi, M. R. (2022). Upaya pengembangan number sense siswa melalui kurikulum merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11-27. DOI: https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414
Firdausy, I. A., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Penerapan model project-based learning melalui pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Journal of Science and Education Research, 3(2), 37-42. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.127
Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice. Teachers College Press.
Gumilar, G., & Rosid, D. P. S. (2024). Peranan supervisi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 651-661. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.3189
Gunawan, G., Lubis, A. R., Yusuf, K., & Yani, A. (2024). Pelatihan canva untuk guru-guru di SMA swasta Amir Hamzah Medan Sumatera Utara. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 3(01), 34-37. https://doi.org/10.54209/jumas.v3i01.74
Hansa, G. Z., & Muthi, I. (2024). Meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dalam operasi bilangan bulat menggunakan media koin bermuatan. katalis pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(3), 187-194. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i3.587
Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. (2022). The Influence of Wordwall on Students' Interests and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51691.
Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2016). Metodologi penelitian: Kuantitatif, kualitatif dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan.
Jannah, M., & Hayati, M. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40-54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416
Kaban, L., Puspa, M., Yoki, M., Sihombing, M., Pratiwi, W., Guru, P., Dasar, S., & Medan, U. (2023). Interactive Learning Through Digital Media: Enchancing Elementary Math Instruction. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i6.331.
Kerrigan, V., Lewis, N., Cass, A., Hefler, M., & Ralph, A. P. (2020). “How can I do more?” Cultural awareness training for hospital-based healthcare providers working with high Aboriginal caseload. BMC Medical Education, 20, 1-11. https://doi.org/10.1186/s12909- 020-02086-5
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2024). Penerapan PJBL (Project-Based Learning) dengan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1-9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
Kristanto, Y. D. (2020). Upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui flipped classroom dan gamifikasi: Suatu kajian pustaka. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 266-278). Jurusan Matematika FMIPA UNNES. https://repository.usd.ac.id/36900/1/5992_Kristanto_PRISMA_3_266-278.pdf
Kurniasih, S. R. (2021). Buku inovasi media belajar saat pandemi edisi 1. Cerita Guru Belajar & Media merdeka Belajar.
Kurniati, K., Kusumah, Y., Sabandar, J., & Herman, T. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 53-62. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1901.53-62
Ladson-Billings, G. (1995). Toward a theory of culturally relevant pedagogy. American educational research journal, 32(3), 465-491. https://doi.org/10.3102/00028312032003465
Lestari, R., & Rohmani, R. (2024). Analysis of the Effectiveness of Wordwall Media Use on Science Learning Outcomes in Elementary Schools. IJORER : International Journal of Recent Educational Research. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i4.634.
Luluk, L. (2024). Eskalasi kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Ta'limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 276-287. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.119
Martini, R. S., Gunarti, W., Satrio, M. G., Maryam, M., AS, H. K., & Zahra, C. A. (2023). Pelatihan penggunaan aplikasi canva for education, bagi Guru Paud di Kecamatan Pulo Gadung. Jurnal Basicedu, 7(5), 3242-3248. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6067
Markey, K., Brien, B., Kouta, C., Okantey, C., & Donnell, C. (2021). Embracing classroom cultural diversity: Innovations for nurturing inclusive intercultural learning and culturally responsive teaching. Teaching and Learning in Nursing. https://doi.org/10.1016/J.TELN.2021.01.008.
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran daring (quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/113
Molita, A., Widiyanto, R., Ariyanti, G., & Dian, M. (2024). Penerapan strategi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XII-5 SMAN 6 Surabaya. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(10). Doi : http://doi.org/10.59188/jcs.v3i10.2086
Mursalin, M., Ali, M., & Armita, D. (2024). Pelatihan Canva sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Digital Bagi Guru SMA dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 4(1), 38-44. https://doi.org/10.5281/zenodo.12337816
Mutiaratri, R. L., Wijayanti, T. S., & Merta, I. W. (2024). Peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi menggunakan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) di kelas XB SMA 1 Labuapi tahun ajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 199-204. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1821
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01), 64-73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Nuraridha, S., Rahmat, I., & Rahayu, S. (2024). Peran guru dalam penerapan pembelajaran abad 21 untuk peningkatan kompetensi matematika siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 76-89.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243-255. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1338
OECD. (2023b). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616
Pinahayu, E. A. R. (2016). Problematika pembelajaran matematika pada pokok bahasan eksponen dan alternatif pemecahannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5 (3), 182–191. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/642
Pinta, A. R., Karim, H. A., & Trisna, L. (2024). Implementasi penggunaan media wordwall pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa di SMPN 3 kecamatan Guguak. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 126-134. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.983
Partasiwi, N., Safitri, D., & Syaadah, R. S. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis canva untuk guru-guru sekolah menengah pertama di kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(2), 152-156. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i2.225
Pramesti, F. I. (2025). Lesson study: Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 11(1), 51-62. http://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/11693
Pratiwi, R., Amilia, W., & Masnur, A. (2023). Pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan Canva bagi guru SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25831-25838. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10752/8572/19973
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: jurnal ilmu-ilmu keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain bersama pengetahuan peserta didik melalui media pembelajaran berbasis game online word wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77. https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17052
Putri, L. I. D. (2024). Implementasi pendekatan culturally responsive teaching guna meningkatkan hasil belajar matematika kelas v materi penyajian data. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 221-231. https://doi.org/10.69533/487tam71
Rahmawati, Y., Rahman, A., Ridwan, A., Triwana, M., Handayani, T., Fahriza, N., ... & Rizqiya, L. (2017). Pendekatan pembelajaran kimia berbasis budaya dan karakter: Culturally responsive teaching terintegrasi etnokimia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287. https://opac.fitk.uinjkt.ac.id/index.php?p=show_detail&id=25594
Rika, R., Rachmadani, J., Nuran, A. A., Ariatna, A., & Arnita, A. (2024). Pendampingan dan pelatihan media ajar interaktif wordwall berbasis literasi numerasi di sdn 105290 desa kolam, kec. Percut sei tuan, kab. Deli serdang. Jurnal Pengabdian Mandiri, 3(9), 833–842. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/8650
Rohman, A. D., & Khaliza, T. N. (2024). Inovasi media pembelajaran wordwall berbasis quizizz: alternatif dalam meningkatkan critical thingking siswa di era abad 21. Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika), 2(2), 72-79. DOI: https://doi.org/10.55377/mardika.v2i2.10159
Rosdiani, L., Munawar, B., & Dewi, R. (2021). Pelatihan membuat game edukasi wordwall untuk guru di kelurahan karaton. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(2), 247-255. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i2.138
Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi culturally responsive teaching (crt) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas x ipa 2 sma negeri 7 mataram pada mata pelajaran kimia tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110-118. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.18
Sari, Y., Ansya, Y. A. U., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). Studi literatur: Upaya dan strategi meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(1), 9-26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Suwarni, S., Poncowati, S., Supriatna, E., Adiputra, D., & Pasongli, H. (2024). Provide Instructors with A Learning Experience That is Fun, Convenient, and Enjoyable For Students. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.719.
Shiddiq, J. (2021). Inovasi pemanfaatan word-wall sebagai media game-based learning untuk bahasa arab. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5(1), 151-169. https://doi.org/10.33754/jalie.v5i1.337
Silitonga, I. D. B., & Siahaan, R. D. R. (2024). Pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi canva bagi guruguru smp putri cahaya medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 23–27. http://jurnalistiqomah.org/index.php/jpmi/article/view/873%0Ahttp://jurnalistiqomah.org/index.php/jpmi/ article/view/873/747
Siwatu, K. O. (2011). Preservice teachers’ culturally responsive teaching self-efficacy-forming experiences: A mixed methods study. The Journal of Educational Research, 104(5), 360-369. https://doi.org/10.1080/00220671.2010.487081.
Sulistianingrum, E., Fauziati, E., Rohmah, W., & Muhibbin, A. (2023). Differentiated Learning : The Implementation of Student Sensory Learning Styles in Creating Differentiated Content. Jurnal Paedagogy. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7030.
Susanto, E., & Sari, M. (2023). Effectiveness of Using The Wordwall Application on Student Learning Outcomes. At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29300/attalim.v22i1.11206.
Susilowati, D. (2018). Penelitian tindakan kelas (ptk) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01). DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Tangkoro, M., Monoarfa, J., & Maukar, M. G. (2024). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48–61. Retrieved from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1731
Tasya, M. A., Maki, M., & Hadi, E. (2025). Pengaruh penerapan quiz wordwall terhadap peningkatan literasi membaca bahasa indonesia siswa kelas iv. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEdJournal), 6(2), 789-794. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i2.727
Tsai, J., Lindo, E., & Bridges, K. (2021). Seeing the Window, Finding the Spider: Applying Critical Race Theory to Medical Education to Make Up Where Biomedical Models and Social Determinants of Health Curricula Fall Short. Frontiers in Public Health, 9. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.653643.
Tul’adawiyah, R., Nurihsan, J., & Budiman, N. (2024). A Systematic Literature Review on Student Boredom: Analyzing Contributing Factors. Proceedings of the 5th International Conference on Psychological Studies, ICPSYCHE 2024, 24 – 25 July 2024, Semarang, Central Java, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.24-7-2024.2354297.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Virliana, A. I. (2024). Pengaruh evaluasi pembelajaran berbasis quizziz dan wordwall dalam meningkatkan pemahaman siswa. Nusantara, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.36088/nusantara.v6i1.4272
Wahira, W., Hasan, H., & Hamid, A. (2024). Pelatihan Pelaksanaan Pendekatan Teaching At The Right Level Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(2), 01-07. https://doi.org/10.59024/jpma.v2i2.697
Wardana, J. W., & Ariyanto, L. (2024). Efektivitas pendekatan culturally responsive teaching berbantuan¬ e-lkpd dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa smp. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4955-4965. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14349
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224. https://doi.org//10.24014/jete.v2i2.11707