Main Article Content

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan metakognisi siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode eksplorasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk desain kelompok control non-equivalent. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP pada sebuah SMP Negeri di Kota Cimahi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan non-tes. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, (1) Persentase jumlah siswa yang berpikir untuk menyusun strategi dan mengevaluasi tindakan tidak jauh berbeda antara siswa kelas eksplorasi dengan siswa kelas konvensional; (2) Persentase jumlah siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode eksplorasi dalam aspek berpikir memonitor tindakan lebih tinggi dibandingkan persentase jumlah siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (3) siswa yang berpikir untuk menyusun rencana dan memonitor tindakan memiliki peluang yang lebih besar untuk dapat merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah dengan benar serta memiliki kemampuan yang baik dalam memeriksa kembali hasil yang diperoleh.
 

Keywords

metode eksplorasi, kemampuan metakognisi, kemampuan pemecahan masalah matematis

Article Details

How to Cite
Sari, N. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa SMP Dengan Metode Eksplorasi. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 83–107. https://doi.org/10.23969/pjme.v9i2.2716

References

Read More