Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran langsung. Selain itu, dilakukan pengamatan tentang sikap  dan keterampilan pemecahan masalah matematis siswa selama pembelajaran berbasis masalah berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method model concurent embeded strategy. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK di kabupaten Majalengka. Sampel diambil dengan cara sampling purposive lalu secara acak diambil sebanyak dua kelas. Terpilih kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 2 sebagai kelas kontrol di SMKN 1 Talaga. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis bentuk uraian untuk kompetensi pengetahuan, dan lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran langsung. Mutu gain ternormalisasi kedua kelompok termasuk kategori sedang. Siswa bersikap pada kategori baik selama pembelajaran berbasis masalah dengan berperilaku santun, disiplin, percaya diri, bekerja sama dan toleransi. Siswa dapat menerapkan langkah pemecahan masalah menurut Polya dalam memecahkan masalah matematis tetapi siswa mengalami kesulitan dalam merencanakan pemecahan dan memeriksa kembali hasil.

Keywords

Kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah pembelajaran berbasis masalah sikap siswa

Article Details

How to Cite
Mahmudin, D. (2017). Analisis Kemampuan Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis Serta Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Penilaian Autentik Di SMK. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 77–95. https://doi.org/10.23969/pjme.v7i2.2719

References

Read More

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.