Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (2) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Garut. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian kemampuan representasi matematis dan skala kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model ekspositori; (3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model PBL Berbantuan Geogebra.

Keywords

Geogebra, Kemandirian Belajar, PBL, Representasi Matematis.

Article Details

How to Cite
Fasa, I. L., Firmansyah, E., & Pratama, D. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Geogebra. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 82–91. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i2.2741

References

Read More

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.