Penerapan Assesmen kinerja dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik SMP.

Authors

  • Yulianingsih Yulianingsih

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v8i1.3993

Keywords:

Pemahaman konsep,Pembelajaran Berbasis Masalah,Pemecahan masalah dan Assesmen kinerja.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMP. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah peserta didik siswa yang mendapat pembelajaran matematika berbasis masalah dengan menggunakan assesmen kinerja mendapat peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pembelajaran ekspositori; 2) Untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan assesmen kinerja dan model pembelajaran berbasis masalah.  Penelitian ini menggunakan metode  eksperimen, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Kab Cirebon tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan uraian berdasarkan indikator pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik dan instrumen non-tes berupa angket dan lembar observasi assesmen kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan penerapan Assesmen kinerja dalam Pembelajaran Berbasis Masalah peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematiknya lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan ekspositori; 2) Hampir seluruh siswa menunjukkan sikap positif terhadap  pembelajaran matematika,Pembelajaran Berbasis masalah dan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan. Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas: Metode, Landasan Teoritis-Praktis dan Penerapannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Branca, N.A (1980). Problem Solving as a Goal, Process and Basic Skill. Dalam Krulik,S dan Reys,R.E (ed). Problem Solving in School Mathematics. NCTM: Reston. Virginia

Creswell,John .(2010). Research Design Pendekatan kualitatif,Kuantitatif dan mixed. Jakarta : Pustaka pelajar

Erman.S, . (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika,Bandung:JICA

Fathor Rachman (2013). Panduan Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press

Hudojo, Herman,. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Universitas Negeri Malang Press.

ibrahim, M dan Nur, M (2005). Pengajaran Berbasis masalah. Surabaya : university Press.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik Jakarta:,Rajagrafindo Persada

Lianghuo Fan, R.L. (2008). Using Performance Assessment in Seconary School Mathematics, Journal of Mathematics Education. Singapore,

Makmun, Abin Syamsuddin.(1996). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja.

Mohamad Ali Gunawan (2013). Penilaian Unjuk Kerja. Bandung: Tidak diterbitkan.

Ott, J. (1995). Performance Assesment : Mathematic Aplication And Connection Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Depdiknas Dirjen Dikdasmen PPPG Matematika.

Polya, G (1985). How to Solve It . A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed). Princeton, New Jersey : Princeton University Press.

Popham, W.James.(1995). Classroom Assesment What Teacher Need to Know.Problem Solving. New York : John Willey & Sons.

Ratumanan T.G dan T. Laurens.(2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W (2008). Strategi Penbelajaran Berorientasi Standar Pasal Pendidikan.. Jakarta Kencana Prenada Group

Sitiatava. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta : Diva Press

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta

Sumarmo,U, Dedy, E dan Rahmat (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk MeningkatkanPemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMA. Laporan Hasil Penelitian FPMIPA IKIP Bandung.

Surakhmad, W.(1985). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito.

Trianto.(2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik : University Press.

Hamdani,(2010). Strategi belajar mengajar,Bandung:Pustaka Setia

Downloads

Published

2021-05-17