Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Berdasarkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Diki Najib Fuadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v5i1.2517

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, kecerdasan emosional, aktivitas siswa

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan dampaknya pada kecerdasan emosional  siswa dalam pembelajaran matematika  melalui metode pembelajaran masalah. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi aktifitas siswa dalam pembelajaran matematika deng mengguanakan metode pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen (the nonequivalent control design). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa  MTs Negeri Mandalawangi, sampel sebanyak dua kelas yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Insnstrumen tes berupa soal-soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang kecerdasan emosional tinggi dan rendah menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dan kecerdasan emosinal siswa; 4) Aktivitas siswa meningkat dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir M.T. (2009).

Inovasi Pendidikan

Melalui Problem Based

Learning

. Jakarta: Prenada

Media Group

A

ri

kunto, S.

(2006).

Prosedur

Penelitian

.

Jakarta

:

Rieneka

C

ipta

Asyirin

t, G. (2010). Langkah

Cerdas

Menjadi Guru Sejati Berprestasi

.

Yogyakarta

: Bahtera Buku

C

azzola, M. (2008).

Problem

-

Based

Lea

rn

ing And Mathematics:

Possible

Synergical Actions

;

Universit

‘a degli Studi di

Milano

-

Bicocca Milano Italy

Chaplin, J.P. (2001).

Kamus Lengkap

Psikologi

. Jakarta : PT. Raja

Grafindo Persada

D

epdiknas Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidik (KTSP).

Tujuan

Pendidikan Matematika

. Badan

St

a

ndar Nasional Pendidikan

(BSNP)

Goleman, D. (2005).

Ke

cerdasan

Emosional

; alih bahasa, T.

Hermaya. Jakarta : Gramedia

Pustaka Utama

Habibi, Yusuf. (2009).

Pengaruh

Kecerdasan Emosional Terhadap

Kemandirian Belajar Siswa

Jurusan IPS MA Al

-

Hidayah

Wajak Malang

. Skripsi pada

Fakultas Tarbiyah UIN Malang

Hasratud

din. (2010).

Peningkatan

Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa

. Jurnal Pendidikan

Matematika Volume 4. No 2

Desember 2010

Indrawan, R dan Yaniawati, P. (2014).

Metodologi Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan

Campuran untuk Manajemen,

Pembangunan, dan Pendidik

an.

Refika Aditama. Bandung.

Karyati, T. (2008).

Pengaruh

Kecerdasan Emosional Terhadap

Prestasi Belajar Matematika

Siswa Kelas X SMAN 1

Tegalwaru Purwakarta.

Skripsi

pada FKIP UNPAS. UNPAS

Bandung : Tidak Diterbitkan.

Diki

Najib Fuadi

, P

eningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik

Berdasarkan

Kecerdasan Emosional Siswa Melalui

Pembelajaran Berbasis Masalah

Meltzer, D.E. (2002).

The Relatiship

Between Mathematics

Preparations And Conceptual ln

Pearning Gains in Physics: A

Possible “Hidden Varible” in

Diagnostic Pretest Scores.

Journal of am J Phys. 70 (12).

Nasution, S. (2005).

Berbagai

Pendekatan Dalam Proses

Belajar & Mengajar.

Jakarta

:

Bumi Aksara

National Council of Teacher of

Mathematics

(NCTM). (2000).

Virginia Principles and Standars

for School Mathematics.

Reston

VA : The National Council of

Teachers of Mathematics Inc

Nurfaizin,

Luqman. (2007).

Hubungan

Kecerdasan Emosi Dengan

Mo

tivasi Berprestasi Mahasiswa

Fakultas Psikologi UIN Malang

.

Skripsi pada Fakultas Psikologi

UIN Malang

Octaviani. (2009).

Hubungan Antar

Kecerdasan Emosional Dengan

Prestasi Belajar Matematika

Siswa SMP Negeri 1

Buluspesantren

. Skripsi pada

Program Studi Pendidikan

Matematika FKIP Universitas

Muhammadiyah Purworejo

Ratna

ningsih, N. (2006).

Belajar

Berbasis Masalah (Problem

Based Learning)

. Makalah

Seminar Pendidikan Matematika

: PSPM FKIP UNSIL. Tidak

Diterbitkan

Rosdianwina

ti, E. (2014).

Penerpana

Metode Discovery Untuk

Meningkatkan Pemecahan

Masalah Matematika dan

Dampaknya Pada Kecerdasan

Emosional Sosial

. Skripsi pada

MPM Pascasarjana Unpas.

Unpas Bandung

Russefendi, E. T. (2005).

Dasar

-

dasar

Penelitian Pendidikan dan

Bid

ang Non Eksakta Lainnya

.

Bandung : Tarsito

Russefendi, E. T. (2006).

Pengantar

Kepada Membantu Guru

Mengembangkan Kompetensinya

Dalam Pengajaran Matematika

Untuk Meningkatkan CBSA

.

Bandung : Tarsito

Sanjaya, W. (2010).

Strategi

Pembelajaran: Berorientasi

S

tandar Proses Pendidikan

.

Jakarta : Prenada Media Group

Simorangkir, F. (2013).

Perbedaan

Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis dan Berpikir

Kritis Siswa Yang Diajar Dengan

Pembelajaran Berbasis Masalah

dan Pembelajaran Konvensional

.

Tesis Unimed : tidak d

iterbitkan

Sugiyono. (2013).

Statistik Untuk

Penelitian

. Bandung : Alfabeta

Wipperman, J. (2007).

Meningkatkan

Kecerdasan Emosional

. Jakarta :

Prestasi Pusta

ka

Published

2020-04-30