Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Berdasarkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah
DOI:
https://doi.org/10.23969/pjme.v5i1.2517Keywords:
pembelajaran berbasis masalah, kecerdasan emosional, aktivitas siswaAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dan dampaknya pada kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran masalah. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi aktifitas siswa dalam pembelajaran matematika deng mengguanakan metode pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen (the nonequivalent control design). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Mandalawangi, sampel sebanyak dua kelas yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Insnstrumen tes berupa soal-soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang kecerdasan emosional tinggi dan rendah menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dan kecerdasan emosinal siswa; 4) Aktivitas siswa meningkat dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalahDownloads
References
Amir M.T. (2009).
Inovasi Pendidikan
Melalui Problem Based
Learning
. Jakarta: Prenada
Media Group
A
ri
kunto, S.
(2006).
Prosedur
Penelitian
.
Jakarta
:
Rieneka
C
ipta
Asyirin
t, G. (2010). Langkah
Cerdas
Menjadi Guru Sejati Berprestasi
.
Yogyakarta
: Bahtera Buku
C
azzola, M. (2008).
Problem
-
Based
Lea
rn
ing And Mathematics:
Possible
Synergical Actions
;
Universit
‘a degli Studi di
Milano
-
Bicocca Milano Italy
Chaplin, J.P. (2001).
Kamus Lengkap
Psikologi
. Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada
D
epdiknas Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidik (KTSP).
Tujuan
Pendidikan Matematika
. Badan
St
a
ndar Nasional Pendidikan
(BSNP)
Goleman, D. (2005).
Ke
cerdasan
Emosional
; alih bahasa, T.
Hermaya. Jakarta : Gramedia
Pustaka Utama
Habibi, Yusuf. (2009).
Pengaruh
Kecerdasan Emosional Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa
Jurusan IPS MA Al
-
Hidayah
Wajak Malang
. Skripsi pada
Fakultas Tarbiyah UIN Malang
Hasratud
din. (2010).
Peningkatan
Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa
. Jurnal Pendidikan
Matematika Volume 4. No 2
Desember 2010
Indrawan, R dan Yaniawati, P. (2014).
Metodologi Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan
Campuran untuk Manajemen,
Pembangunan, dan Pendidik
an.
Refika Aditama. Bandung.
Karyati, T. (2008).
Pengaruh
Kecerdasan Emosional Terhadap
Prestasi Belajar Matematika
Siswa Kelas X SMAN 1
Tegalwaru Purwakarta.
Skripsi
pada FKIP UNPAS. UNPAS
Bandung : Tidak Diterbitkan.
Diki
Najib Fuadi
, P
eningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik
Berdasarkan
Kecerdasan Emosional Siswa Melalui
Pembelajaran Berbasis Masalah
Meltzer, D.E. (2002).
The Relatiship
Between Mathematics
Preparations And Conceptual ln
Pearning Gains in Physics: A
Possible “Hidden Varible” in
Diagnostic Pretest Scores.
Journal of am J Phys. 70 (12).
Nasution, S. (2005).
Berbagai
Pendekatan Dalam Proses
Belajar & Mengajar.
Jakarta
:
Bumi Aksara
National Council of Teacher of
Mathematics
(NCTM). (2000).
Virginia Principles and Standars
for School Mathematics.
Reston
VA : The National Council of
Teachers of Mathematics Inc
Nurfaizin,
Luqman. (2007).
Hubungan
Kecerdasan Emosi Dengan
Mo
tivasi Berprestasi Mahasiswa
Fakultas Psikologi UIN Malang
.
Skripsi pada Fakultas Psikologi
UIN Malang
Octaviani. (2009).
Hubungan Antar
Kecerdasan Emosional Dengan
Prestasi Belajar Matematika
Siswa SMP Negeri 1
Buluspesantren
. Skripsi pada
Program Studi Pendidikan
Matematika FKIP Universitas
Muhammadiyah Purworejo
Ratna
ningsih, N. (2006).
Belajar
Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
. Makalah
Seminar Pendidikan Matematika
: PSPM FKIP UNSIL. Tidak
Diterbitkan
Rosdianwina
ti, E. (2014).
Penerpana
Metode Discovery Untuk
Meningkatkan Pemecahan
Masalah Matematika dan
Dampaknya Pada Kecerdasan
Emosional Sosial
. Skripsi pada
MPM Pascasarjana Unpas.
Unpas Bandung
Russefendi, E. T. (2005).
Dasar
-
dasar
Penelitian Pendidikan dan
Bid
ang Non Eksakta Lainnya
.
Bandung : Tarsito
Russefendi, E. T. (2006).
Pengantar
Kepada Membantu Guru
Mengembangkan Kompetensinya
Dalam Pengajaran Matematika
Untuk Meningkatkan CBSA
.
Bandung : Tarsito
Sanjaya, W. (2010).
Strategi
Pembelajaran: Berorientasi
S
tandar Proses Pendidikan
.
Jakarta : Prenada Media Group
Simorangkir, F. (2013).
Perbedaan
Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis dan Berpikir
Kritis Siswa Yang Diajar Dengan
Pembelajaran Berbasis Masalah
dan Pembelajaran Konvensional
.
Tesis Unimed : tidak d
iterbitkan
Sugiyono. (2013).
Statistik Untuk
Penelitian
. Bandung : Alfabeta
Wipperman, J. (2007).
Meningkatkan
Kecerdasan Emosional
. Jakarta :
Prestasi Pusta
ka