Main Article Content

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampaun koneksi dan kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan  Modul Program Linear Berbasis Howard Gardner’s Multiple Intelligences. Penelitian ini adalah penelitian mix method dengan tindakan penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XI MIPA 2 sebagai kelas modul MI dan XI MIPA 3 sebagai siswa kelas konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi dan skala kemandirian belajar siswa. Uji statistik yang dilakukan adalah Independent Sample t-test, Uji Mann Whitney, dan Uji Korelasi Berganda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Modul Program Linear Berbasis MI dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa;  (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang  pembelajarannya menggunakan modul MI lebih  baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional; (3) tidak terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan modul MI; (4) tidak terdapat korelasi antara kemampuan koneksi dan kemandirian belajar siswa.

Keywords

Kecerdasan Majemuk Modul Kemampuan koneksi kemandirian.

Article Details

How to Cite
Sulastri, F. (2021). Implementasi Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Howard Gardner’s Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemandirian Belajar Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.23969/pjme.v8i1.3996

References

Read More

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.