Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Authors

  • Hasanah Hasanah SMPN 3 Plered Kabupaten Cirebon

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, Mind Maping, Motivasi

Abstract

Masih rendahnya motivasi dan kemampuan koneksi matematis siswa dan adanya perubahan paradigma pendidikan,dari paradigma mengajar menjadi paradigma belajar, guru harus menciptakan lingkungan atau kondisi belajar yang menyenangkan,bermakna bagi siswa, yang pada ahirnya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mengambil sample siswa kelas VIII D dan VIII E di SMP Negeri 3 Plered Cirebon. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar  siswa antara yang menggunakan pembelajaran Mind Mapping  dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan koneksi matematis siswa yang mempergunakan pembelajaran Mind Mapping lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (3) Terdapat pengaruh antara motivasi dan kemampuan koneksi matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, T.C., & Rifa’i, Achmad. (2010). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Maps. Jakarta : Gramedia.

Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia

Buzan, T. (2003). Use Both Sides of Your Brain. Surabaya : Ikon.

Buzan. T. (2004). Mind Map: Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Pt. Gramedia Pustaka Utama, Cet. VI.

Buzan, T. (2012). Buku pintar Mind Map. PT Gramedia Pustaka Utama,Jakarta

Basuki, T. (2000). Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Tesis. Bandung : PS UPI Bandung

Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Deporter, B., & Hernarcki, M. (2011). Quantum Learning. Bandung : Kaifa.

Deporter, B., et. al. (2003). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Erman, S. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA

Fathurrohman, P., & Sutikno, S.M. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui konsep Umum & konsep islam.PT refika aditama

Hudojo, H. (2000). Mengajar dan Belajar Matematika. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hudojo, H., et al. (2002). Peta Konsep. Jakarta: Makalah disajikan dalam Forum Diskusi Pusat Perbukuan Depdiknas.

Martadiputra, B.A.P. (2013). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SPSS untuk Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung

Mulyasa. (2007). Menjadi guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT RemajaRosdakarya

Nasution,S. (1982). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar,Jakarta: Bumi Aksara

Pandley,J.B.D., Bretz, R.I, & Novak, J.D. (1994). Concept maps as tool to assas Learning in chemmistry,J.of Chemical Education. 71:9-15

Piaget, J. (1977). Psychology and Epistemology. New york The Viking Press

Priati, E. (2010). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP melalui Model CTL

Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Pernada Group.

Rose, C., & Malcolm, J. (2006). Accelered Learning. Bandung : Nusantara.

Ruspiani. (2000). Kemampuan Siswa dalam melakukan Koneksi Matematis. Tesis UPI : Tidak dipublikasikan

Susilawati. W. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Tidak dipublikasikan (UIN Sunan Gunung Jati)

Sardiman, A.M. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sutarmi, M. (2011). Penerapan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Pecahan.Jurnal Pendidikan

Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Paget. Yogyakarta: Kanisius.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka.

Sugiarto, I. (2004). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir. Jakarta : Gramedia

SuryaBrata, S. (1995). Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta

Triyanto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Uno, H B. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Zhao, Y. (2003). The Use of a Constructivist Teaching Model in Environmental Science at Beijing Normal University, Dalam The China Papers:78-83

Downloads

Published

2017-05-31