Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
Keywords:
Kemampuan Koneksi Matematis, Mind Maping, MotivasiAbstract
Masih rendahnya motivasi dan kemampuan koneksi matematis siswa dan adanya perubahan paradigma pendidikan,dari paradigma mengajar menjadi paradigma belajar, guru harus menciptakan lingkungan atau kondisi belajar yang menyenangkan,bermakna bagi siswa, yang pada ahirnya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mengambil sample siswa kelas VIII D dan VIII E di SMP Negeri 3 Plered Cirebon. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran Mind Mapping dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan koneksi matematis siswa yang mempergunakan pembelajaran Mind Mapping lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (3) Terdapat pengaruh antara motivasi dan kemampuan koneksi matematis siswa.Downloads
References
Anni, T.C., & Rifa’i, Achmad. (2010). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Maps. Jakarta : Gramedia.
Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia
Buzan, T. (2003). Use Both Sides of Your Brain. Surabaya : Ikon.
Buzan. T. (2004). Mind Map: Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Pt. Gramedia Pustaka Utama, Cet. VI.
Buzan, T. (2012). Buku pintar Mind Map. PT Gramedia Pustaka Utama,Jakarta
Basuki, T. (2000). Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Tesis. Bandung : PS UPI Bandung
Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Deporter, B., & Hernarcki, M. (2011). Quantum Learning. Bandung : Kaifa.
Deporter, B., et. al. (2003). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Erman, S. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA
Fathurrohman, P., & Sutikno, S.M. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui konsep Umum & konsep islam.PT refika aditama
Hudojo, H. (2000). Mengajar dan Belajar Matematika. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hudojo, H., et al. (2002). Peta Konsep. Jakarta: Makalah disajikan dalam Forum Diskusi Pusat Perbukuan Depdiknas.
Martadiputra, B.A.P. (2013). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SPSS untuk Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung
Mulyasa. (2007). Menjadi guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT RemajaRosdakarya
Nasution,S. (1982). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar,Jakarta: Bumi Aksara
Pandley,J.B.D., Bretz, R.I, & Novak, J.D. (1994). Concept maps as tool to assas Learning in chemmistry,J.of Chemical Education. 71:9-15
Piaget, J. (1977). Psychology and Epistemology. New york The Viking Press
Priati, E. (2010). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP melalui Model CTL
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Pernada Group.
Rose, C., & Malcolm, J. (2006). Accelered Learning. Bandung : Nusantara.
Ruspiani. (2000). Kemampuan Siswa dalam melakukan Koneksi Matematis. Tesis UPI : Tidak dipublikasikan
Susilawati. W. (2010). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Tidak dipublikasikan (UIN Sunan Gunung Jati)
Sardiman, A.M. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sutarmi, M. (2011). Penerapan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Pecahan.Jurnal Pendidikan
Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Paget. Yogyakarta: Kanisius.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka.
Sugiarto, I. (2004). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir. Jakarta : Gramedia
SuryaBrata, S. (1995). Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta
Triyanto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Uno, H B. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Zhao, Y. (2003). The Use of a Constructivist Teaching Model in Environmental Science at Beijing Normal University, Dalam The China Papers:78-83