Penggunaan Media Interaktif Dengan Pembelajaran Model Assure Untuk Meningkatkan Kemampuan Komuniasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Serta Self Confidence Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Authors

  • Popon Rosnawati Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5006

Keywords:

KAM, Komunikasi Matematis, Media interaktif, Model ASSURE, Pemecahan Masalah, dan self confidence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah serta Self Confidence Siswa kelas IX pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan penggunaan media interaktif dalam pembelajaran model ASSURE ditinjau berdasarkan nilai KAM (Kemampuan Awal Matematika). Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methods), dan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 6 pertemuan dalam tiga siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 5 Sumedang sebanyak 3 kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah, instrumen  non tes lembar observasi, angket dan hasil wawancara, dan nilai PAT kelas VIII semester 2 dijadikan sebagai KAM. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: secara keseluruhan Pembelajaran model ASSURE dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah serta self confidence  siswa pada KAM berkategori tinggi dan rendah. Penggunaan media interaktif dengan pembelajaran model ASSURE dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah serta self confidence  siswa pada siswa berkategori KAM tinggi dan rendah. Adanya perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapat  Pembelajaran model ASSURE, siswa yang mendapatkan Pembelajaran penggunaan media interaktif dengan model ASSURE dan siswa yang mendapatkan Pembelajaran Konvensional. Terdapat peningkatan self confidence siswa antara siswa yang mendapatkan Pembelajaran model ASSURE dan siswa yang mendapatkan penggunaan media interaktif dengan pembelajaran model ASSURE, dari siswa yang mendapatkan Pembelajaran konvensional. Terdapat korelasi dengan kategori baik antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah serta Self Confidence siswa dimana semakin tinggi tingkat kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis akan semakin tinggi self confidence siswa. Namun demikian kondisi korelasi dapat terganggu dengan beberapa faktor diantaranya, ketidakmampuan siswa untuk konsentrasi, keadaan kondisi sosial dan ekonomi, serta kurangnya kemampuan guru dalam menyampaikan materi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, H. (2013). Penerapan model assure dengan menggunakan media power point dalam pembelajaran bahasa inggris sebagai usaha peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Man Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aristiani, R.(2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang [Online], vol 2 (2), 8 halaman.Tersedia: http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/717/716.[15 April 2017].

Ayundhita, A. (2014). Komparasi kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model learning cycle dan time token. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3).

Departemen Pendidikan Nasional (2008). Permendiknas no, 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendididkan dasar dan menengah. Jakarta: Direktorat Menejemen Pendididkan Dasar dan Menengah.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.

Fisher, D., Yaniawati, RP, & Mariani, M. (2019). Pendekatan saintifik berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri. Jurnal Analisa , 5 (2), 137-151.

Fitriani, N.(2015). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self confidence siswa SMP yang menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Euclid, vol 2 (2).

Gusmania,Y dan Marlita.(2016). Pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X Sman 5 Batam tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pythagoras, Vol 5(2).

Heinich, R., Molenda, M., Russel, J.D., and Smaldino, S.E. (1996). Instructional media and technologies for learning 5th ed. New York: Printice-Hall, Inc.

Hidayat, R., & Indriyani, I. (2017). Penerapan model pembelajaran assure dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2).

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). Metodologi penelitian kuntitatif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan (revisi). Bandung : Refika Aditama.

Kania, E. S. (2020). Peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis serta analisis motivasi belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan geogebra. Doctoral dissertation, Universitas Pasundan.

Khotimah, R,P., & Masduki. (2016). Improving teaching quality and problem solving ability through contextual teaching and learning in differential equations:a lesson study approach. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, Vol 1 (1) 13 halaman.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Risqi, H. (2016). Pengembangan media cd interaktif matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1).

Santoso, P. (2019). Pengembangan media interaktif menggunakan model assure untuk membantu guru dalam pembelajaran fisika tentang alat ukur listrik. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(2), 235-248.

Saputra, D. Y., & Anshori, D. S. (2018). Pengembangan multimedia interaktif model assure untuk meningkatkan kemampuan menulis karya tulis ilmiah. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 941-950.

Shadiq, F.(2009). Kemahiran matematika. Makalah diklat instruktur pengembang matematika SMA Jenjang Lanjut [Online]. Tersedia: https://mgmpmatsatapmalang.files.wordpress.com/2011/11/smalanjut-kemahiran-fadjar.pdf. [14 April 2017].

Siska, dkk. (2003) Kepercayaan diri dan kecemasan komunikasi interpersonal pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, Vol 2(2).

Sritresna, T. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa melalui model pembelajaran cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419-430.

Sugiman. (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa smp: problematika dan cara melatihkannya. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan penerapan MIPA. Yogyakarta. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/12311/1/M_Pend_32_Sugiman.pdf. [14 April 2017].

Suhendri, H. (2012). Pengaruh kecerdasan matematis-logis, rasa percaya diri, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Prosiding [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/8082/1/P%20-%2043.pdf.[14 April 2017].

Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Garut : STKIP Garut press.

Sundayana, R., Herman, T., Dahlan, J. A., & Prahmana, R. C. (2017). Using ASSURE learning design to develop students’ mathematical communication ability. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(3), 245-249.

Widyaningtyas, D dan Farid, M.(2014). Pengaruh experiential learning terhadap Kepercayaan diri dan kerjasama tim remaja. Pesona Jurnal Psikologi Indonesia, Vol 3(3).

Wulandari, K., & Supriyono, S. (2015). Komparasi kemampuan pemecahan masalah antara pembelajaran arias dan nht pada geometri SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1).

Yaniawati, R. P. (2012). Pengaruh e-learning untuk meningkatkan daya matematik mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3).

Yaniawati, R. P. (2013). E-learning to improve higher order thinking skills (HOTS) of students. Journal of Education and Learning, 7(2), 109-120.

Yaniawati, R. P. (2016). Using mathematics assessment based on e-learning to improve students' mathematical power. International Journal of Management and Applied Science. II, 10, 130-135.

Yenni, Y. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Jurnal Analisa, 2(3), 1-8.

Published

2022-07-07