HUBUNGAN PENDIDIKAN NILAI KEJUJURAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Melva Adelia Manurung Universitas Negeri Medan
  • Yakobus Ndona Universitas Negeri Medan
  • Daulat Saragi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35207

Keywords:

pendidikan nilai kejujuran, motivasi belajar, prestasi siswa, PKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan nilai kejujuran dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di sekolah menengah. Pendidikan nilai kejujuran dipandang sebagai faktor penting dalam pembentukan karakter siswa, sementara motivasi belajar merupakan dorongan internal maupun eksternal yang memengaruhi keberhasilan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah, dengan sampel yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket pendidikan nilai kejujuran dan motivasi belajar, sedangkan data prestasi siswa diperoleh dari nilai rapor mata pelajaran PKN. Analisis data menggunakan uji korelasi ganda untuk mengetahui kekuatan dan arah hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pendidikan nilai kejujuran dengan prestasi belajar siswa, serta antara motivasi belajar dengan prestasi siswa. Secara simultan, pendidikan nilai kejujuran dan motivasi belajar berkontribusi signifikan terhadap pencapaian prestasi siswa pada mata pelajaran PKN. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan karakter dan dorongan belajar yang kuat berperan penting dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurul Ngainin. (2023). Studi Komprehensif Faktor Pendorong Motivasi dan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI MI Al Ma’arif Plumpang Tuban. Journal of Education Counseling (JEC), 4(2), 2320.

Retno Indri Aeni, Yasin, & Didik Tri Setiyoko. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran PPKn SDN Cimohong 03. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 3413–3420.

Zelfi Khairunnisa, Santi Susanti, & Ati Sumiati. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar, Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri Jakarta Timur. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(9), 810–815.

Marina Filayanti, Rusijono, & Nasution, Nasution. (2024). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa yang Orangtuanya Bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(1), 11–21

Mia Salmiah, Yulia Novita, & Novia Rahmawita. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 12(2)

Yelina Zihura, Dian Juliarti Tanjung, Arni Putri Zendrato, Krisman Waruwu, Bobi Firman Zega, Sara Felicia Telaumbanua, Agnes Putri Juwita Ziliwu, David Candra Damai Gulo, & Edward Harefa. (2022). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(2)

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000–2020-an revisi atau artikel mereka) tentang Self-Determination Theory (motivasi intrinsik & ekstrinsik).

Fahlia Mutia, Yakobus Ndona, Deni Setiawan, (2022) Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam implementasi nilai- nilai Pancasila siswa sekolah dasar, Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris,.4 (1 )

Downloads

Published

2025-11-01

Most read articles by the same author(s)