PENERAPAN PENDEKATAN BERDIFERENSI UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD N 3 BRAJA HARJOSARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35602Keywords:
kecerdasan logika matematika; pendekatan berdiferensiasi; siswa kelas VAbstract
ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk menelaah dampak penerapan pendekatan berdiferensiasi terhadap pengembangan kecerdasan logika matematika siswa kelas V SD N 3 Braja Harjosari. Pendekatan berdiferensiasi diimplementasikan dengan menyesuaikan Materi, tahapan, dan hasil dari kegiatan belajar mengajar matematika guna mengakomodasi keberagaman keperluan studi siswa. Pendekatan riset yang diterapkan berupa kuasi eksperimen dengan rancangan one-group pre-test post-test. Data kecerdasan logika matematika siswa Data diperoleh lewat evaluasi yang disampaikan pada tahap pra dan pasca implementasi pendekatan berdiferensiasi. Hasil dari penelitan membawa dampak yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan hasil pretes dan pos tes yang diperoleh yaitu rata-rata nilai pretes yang diperoleh 66 % dan hasil posttes yang diperoleh 84,58%, terhadap nilai kecerdasan logika matematika. Implementasi pendekatan ini memberikan kesempatan bagi peserta didik diberikan kesempatan guna menimba ilmu yang selaras dengan level kapasitas serta metode pembelajaran mereka sehingga menstimulasi kemampuan bernalar, memecahkan masalah, dan memahami konsep matematika secara lebih efektif. Meskipun demikian, implementasi pendekatan berdiferensiasi juga memiliki tantangan terkait waktu dan sumber daya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan berdiferensiasi berpotensi menjadi strategi yang efektif dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika siswa di sekolah dasar.
Kata Kunci: kecerdasan logika matematika; pendekatan berdiferensiasi; siswa kelas V
Downloads
References
Armstrong, T. (2009). Multiple intelligences in the classroom (3rd ed.). ASCD. (Diadaptasi oleh Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media).
Fatimah, S., & Suryadi, D. (2018). Pengembangan instrumen asesmen kemampuan berpikir logis matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 182-194.
Gardner, H. (1993). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic Books.
Hidayat, R., & Patras, Y. E. (2019). Penerapan model pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 168-177.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbud.
Kosasih, E. (2014). Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum 2013. Alfabeta. (Adaptasi dari Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). McGraw-Hill).
Mulyati, Y., & Erman, S. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar berdasarkan tingkat kecerdasan logika matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 1-10.
Pratiwi, D. D., & Retnawati, H. (2017). Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 198-207.
Setiawan, A., Widodo, A., & Misbah, M. (2020). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 1-10.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Subban, P. (2018). Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas Inklusif (Terjemahan). Indeks. (Karya asli diterbitkan tahun 2016 dengan judul Differentiated Instruction in Inclusive Classrooms).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















