PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN POWERPOINT MATERI TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMAN 1 PERCUT SEI TUAN

Authors

  • Muhammad Fadhil Romadhon Universitas Negeri Medan
  • Intan Maharani Daulay Universitas Negeri Medan
  • Lainunah Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Alda Khafifah Ritonga Universitas Negeri Medan
  • Rio Hamonangan Sipahutar Universitas Negeri Medan
  • Trisnawati Hutagalung Universitas Negeri Medan
  • Nurul Azizah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37330

Keywords:

bahan ajar, teks anekdot, media powerpoint.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik kelas X SMA terhadap materi teks anekdot akibat keterbatasan variasi media pembelajaran. Media yang digunakan sebelumnya belum mampu menghadirkan materi secara menarik dan interaktif, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep penting, termasuk pengertian teks anekdot, fungsi sosial, bentuk penyampaian kritik, struktur, unsur kebahasaan, unsur intrinsik-ekstrinsik, serta langkah penulisan. Untuk mengatasi kesenjangan pembelajaran tersebut, penelitian ini mengadopsi pendekatan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang dipilih adalah Model 4-D ( Define, Design, Develop, Desseminate) karena sifatnya yang sistematis dan terstruktur, menjamin pengembangan produk pembelajaran yang valid dan reliabel. Proses validasi dilakukan oleh dua kategori ahli, yaitu ahli materi dan ahli media, menggunakan lembar penilaian yang mencakup aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, kemenarikan tampilan, efektivitas visual, serta kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar berbantuan PowerPoint interaktif memperoleh kategori sangat layak dari kedua validator. Secara spesifik, dari sisi materi, konten pembelajaran dinilai akurat, sistematis, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik untuk menguasai seluruh fitur kebahasaan dan struktur teks anekdot. Sementara itu, dari aspek media, tampilan visual dinilai menarik, intuitif, mudah dipahami, dan yang paling penting, mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar. Berdasarkan seluruh hasil validasi dan pengujian ahli yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis PowerPoint interaktif yang dikembangkan peneliti sangat efektif dan siap untuk diimplementasikan secara optimal dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Azizah, N. (2022). Pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan teknik clustering berbantuan media komik strip digital di sekolah menengah pertama (Tesis Magister, Universitas Pendidikan Indonesia).

Kemendikbudristek. (2022). Laporan hasil PISA dan strategi peningkatan literasi nasional. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mayer, R. E. (2021). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

OECD. (2020). PISA 2018 results: What students know and can do (Vol. 1). OECD Publishing.

Prensky, M. (2018). Education to better their world: Unleashing the power of 21st-century kids. Teachers College Press.

Riduwan, & Sunarto. (2012). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Preneda Media.

Jurnal :

Farhan, M., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2021). Problem Based Learning On Literacy Mathematics : Experimental Study in Elementary School. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 118–128.

Hadad, N., dkk. (2025). Problem kurangnya bahan ajar/literatur pendidikan bagi peserta didik. Journal of Islamic Religious Education (JoIRE), 1(3).

Putra, A. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menulis teks anekdot di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 45–53.

Rahmawati, F., & Anggraeni, S. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada teks anekdot untuk meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Lingua, 7(2), 100–110.

Rika, dkk. (2025). Pemanfaatan media digital dan artificial intelligence pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 10 Banjarmasin. FIKRUNA: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan, 7(3).

Saputra, D., & Rahayu, W. (2020). Pengembangan media pembelajaran inovatif berbasis digital dalam pembelajaran teks anekdot. Jurnal Pengajaran Bahasa, 15(3), 250–262.

Sari, N. (2021). Teks anekdot sebagai sarana kritik sosial dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 4(2), 189–198.

Zulvira, R., & Ariani, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penyajian Data Berbasis Lectora Inspire dengan Pendekatan CTL di Kelas IV Development of Data Presentation Teaching Materials Based of Lectora Inspire with CTL Approach In Class IV. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(9), 1–15.

Downloads

Published

2025-12-24

Most read articles by the same author(s)