ANALISIS KELAYAKAN DAN EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DONGENG FANTASI BERBASIS POWTOON DI SMPN 13 MEDAN

Authors

  • Silfani Hulu Universitas Negeri Medan
  • Tiara A. Banjarnahor Universitas Negeri Medan
  • Tina Arsita Siregar Universitas Negeri Medan
  • Nadifa Syalaisha Universitas Negeri Medan
  • Silva Universitas Negeri Medan
  • Desclaudia Silaban Universitas Negeri Medan
  • Trisnawati Hutagalung Universitas Negeri Medan
  • Nurul Azizah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37461

Keywords:

Bahan ajar, dongeng fantasi, powtoon

Abstract

Pembelajaran teks dongeng fantasi di SMP sering mengalami kendala karena materi yang bersifat abstrak dan kurang didukung media visual yang menarik. Siswa kesulitan memahami struktur teks, mengembangkan tokoh, membayangkan latar cerita, serta menyusun alur yang runtut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menilai kelayakan serta efektivitas bahan ajar teks dongeng fantasi berbasis Powtoon sebagai media pembelajaran di SMPN 13 Medan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan media, pengembangan video Powtoon, implementasi terbatas, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri atas satu guru Bahasa Indonesia dan enam siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan validasi ahli, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Powtoon dinilai layak digunakan berdasarkan penilaian guru sebagai validator, terutama karena mampu menyajikan konsep fantasi secara lebih konkret melalui kombinasi animasi, ilustrasi, teks, dan audio. Media ini juga dinilai mudah dipahami, menarik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dari sisi efektivitas, penggunaan Powtoon terbukti membantu siswa memahami struktur dan unsur kebahasaan dongeng fantasi secara lebih baik. Siswa terlihat lebih fokus, antusias, dan mampu menjelaskan kembali bagian-bagian dongeng dengan lebih runtut. Selain itu, kemampuan mereka dalam mengembangkan ide dan menulis cerita fantasi juga meningkat karena adanya visualisasi tokoh, latar, dan alur cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa Syafrina Rizkyka Hamid, Harry Soeprianto, Muhammad Turmuzi,Arjudin Efektivitas Media Pembelajaran Software Powtoon terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1772

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIIID SMP Nurul Islam Jember Semester Genap Tahun Pelaj. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 122–127.

Bastiar Ismail Adkhar (2016).Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di SD LabSchool UNNES. Journal on Education 1–195. http://lib.unnes.ac.id/24027/1/1102411080

Dewanti, A., & Putra, A. (2022). Pengembangan video animasi untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 178–188. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.50209

Dwi Aulia Lestari,Tri Wintolo Apoko (2022)Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3180

Ermawati, Rochmiyati, S., Rufaidah, D., Aprilia, A., & Solehati, A. (2021). Implementation of Powtoon Media On Students’ Fiction Writing Learning Junior High School. The 3rd International Conference on Technology, Education and Sciences, 19–23.

Eva, M. (2024). Peningkatan kemampuan menulis cerita fantasi melalui model Picture and Picture berbantuan aplikasi Canva: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII-H SMP Negeri 3 Rancaekek (Skripsi S1). Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/117457

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Hamid, A. S. R., Soeprianto, H., Turmuzi, M., & Arjudin. (2024). Efektivitas media pembelajaran software Powtoon terhadap hasil belajar dan minat siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 693–703. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1772

Lestari, D. A., & Apoko, T. W. (2022). Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5953–5960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3180

Muthmainnah, A., Nisa, N., Ashifa, R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan Media Powtoon selama Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5159–5168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1595

Permana, I. G. A. P., & N. W. Suniasih. (2022). Pentingnya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran Animasi Berbasis Discovery Learning Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 226–240. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50969

Tejo Nurseto(2011).Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Downloads

Published

2025-12-25

Most read articles by the same author(s)