ANALISIS KELAYAKAN DAN EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DONGENG FANTASI BERBASIS POWTOON DI SMPN 13 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37461Keywords:
Bahan ajar, dongeng fantasi, powtoonAbstract
Pembelajaran teks dongeng fantasi di SMP sering mengalami kendala karena materi yang bersifat abstrak dan kurang didukung media visual yang menarik. Siswa kesulitan memahami struktur teks, mengembangkan tokoh, membayangkan latar cerita, serta menyusun alur yang runtut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menilai kelayakan serta efektivitas bahan ajar teks dongeng fantasi berbasis Powtoon sebagai media pembelajaran di SMPN 13 Medan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan media, pengembangan video Powtoon, implementasi terbatas, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri atas satu guru Bahasa Indonesia dan enam siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan validasi ahli, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Powtoon dinilai layak digunakan berdasarkan penilaian guru sebagai validator, terutama karena mampu menyajikan konsep fantasi secara lebih konkret melalui kombinasi animasi, ilustrasi, teks, dan audio. Media ini juga dinilai mudah dipahami, menarik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dari sisi efektivitas, penggunaan Powtoon terbukti membantu siswa memahami struktur dan unsur kebahasaan dongeng fantasi secara lebih baik. Siswa terlihat lebih fokus, antusias, dan mampu menjelaskan kembali bagian-bagian dongeng dengan lebih runtut. Selain itu, kemampuan mereka dalam mengembangkan ide dan menulis cerita fantasi juga meningkat karena adanya visualisasi tokoh, latar, dan alur cerita.
Downloads
References
Annisa Syafrina Rizkyka Hamid, Harry Soeprianto, Muhammad Turmuzi,Arjudin Efektivitas Media Pembelajaran Software Powtoon terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1772
Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIIID SMP Nurul Islam Jember Semester Genap Tahun Pelaj. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 122–127.
Bastiar Ismail Adkhar (2016).Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di SD LabSchool UNNES. Journal on Education 1–195. http://lib.unnes.ac.id/24027/1/1102411080
Dewanti, A., & Putra, A. (2022). Pengembangan video animasi untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 178–188. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.50209
Dwi Aulia Lestari,Tri Wintolo Apoko (2022)Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3180
Ermawati, Rochmiyati, S., Rufaidah, D., Aprilia, A., & Solehati, A. (2021). Implementation of Powtoon Media On Students’ Fiction Writing Learning Junior High School. The 3rd International Conference on Technology, Education and Sciences, 19–23.
Eva, M. (2024). Peningkatan kemampuan menulis cerita fantasi melalui model Picture and Picture berbantuan aplikasi Canva: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII-H SMP Negeri 3 Rancaekek (Skripsi S1). Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/117457
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.
Hamid, A. S. R., Soeprianto, H., Turmuzi, M., & Arjudin. (2024). Efektivitas media pembelajaran software Powtoon terhadap hasil belajar dan minat siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 693–703. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1772
Lestari, D. A., & Apoko, T. W. (2022). Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5953–5960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3180
Muthmainnah, A., Nisa, N., Ashifa, R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan Media Powtoon selama Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5159–5168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1595
Permana, I. G. A. P., & N. W. Suniasih. (2022). Pentingnya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran Animasi Berbasis Discovery Learning Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 226–240. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50969
Tejo Nurseto(2011).Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















