Inovasi Materi Ajar Teks Eksposisi Berbantuan CapCut Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 18 Medan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37600Keywords:
pengembangan bahan ajar, teks eksposisi, aplikasi CapcutAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi ajar teks eksposisi berbasis video
menggunakan aplikasi CapCut sebagai inovasi media pembelajaran yang lebih
menarik dan mudah dipahami oleh siswa kelas XII. Latar belakang penelitian
bermula dari kebutuhan untuk menghadirkan bahan ajar yang mampu mendukung
pemahaman siswa, mengingat pembelajaran sebelumnya masih bersifat
konvensional dan kurang melibatkan media visual. Penelitian ini menggunakan
metode Research and Development (R&D) melalui tahapan pengumpulan data
awal, perancangan produk, pengembangan video pembelajaran, serta validasi
oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa materi ajar
memperoleh persentase 95% dari ahli materi dan 91,6% dari ahli media, sehingga
dinyatakan sangat layak digunakan. Penilaian tersebut menegaskan bahwa materi
ajar yang dikembangkan telah sesuai dengan tujuan pembelajaran, akurat,
relevan, serta memiliki kualitas tampilan yang mendukung penyampaian materi
secara efektif. Dengan demikian, video pembelajaran berbasis CapCut dinilai
efektif sebagai media ajar karena memenuhi standar kelayakan dan dapat
digunakan dalam pembelajaran teks eksposisi di kelas XII.
Downloads
References
Aisha, H. (2023). Analisis Pembelajaran Menulis Eksposisi di SMA Negeri 11 Banda Aceh.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa.
Aprilia, E., dkk. (2024). Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di SDN 2 Takeranklanting. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia.
Dedi, Y. (2024). Penerapan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Teks Eksposisi di SMP Batara Gowa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1), 45–53.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas XII. Kemdikbud RI.
Saputra, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 115–124.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















