PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI SISWA KELAS 7 SMP 5 PERCUT SEI TUAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.39424Keywords:
bahan ajar, website interaktif, teks prosedur, motivasi belajar, Merdeka Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis website interaktif pada materi teks prosedur di kelas VII SMP 5 Percut Sei Tuan. Masalah utama yang ditemukan di lapangan adalah rendahnya pemahaman dan motivasi siswa terhadap materi teks prosedur, terutama pada topik “Makanan Bergizi”. Berdasarkan hasil kuesioner terhadap 30 siswa, sebagian besar menyatakan bahwa pembelajaran dengan media konvensional masih kurang menarik, sementara penggunaan teknologi membuat proses belajar lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model Sugiyono yang mencakup tahap analisis kebutuhan, perancangan, pembuatan, evaluasi, dan revisi produk. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis website interaktif membantu siswa memahami langkah-langkah teks prosedur secara lebih mudah, meningkatkan keterlibatan belajar, dan menumbuhkan minat terhadap pelajaran Bahasa Indonesia. Melalui media interaktif ini, pembelajaran menjadi lebih menarik dan sesuai dengan semangat Merdeka Belajar yang menekankan kebebasan, kreativitas, dan kemandirian siswa. Hasil validasi menunjukkan produk layak digunakan dan efektif meningkatkan pemahaman serta motivasi siswa.
Downloads
References
Anggraini, F., & Rahmadani, S. (2023). Efektivitas Website Interaktif dalam Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jakarta: Pratama Press.
Depdiknas. (2008). Pedoman Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Harahap, R., Sihombing, M., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Media Berbasis Website Interaktif terhadap Pemahaman Materi Prosedural Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 33–45.
Kemendikbud. (2020). Merdeka Belajar: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ratnasari, D. (2021). Website Interaktif sebagai Sarana Pembelajaran Mandiri. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 55–64.
Sanjaya, W. (2020). Media Pembelajaran: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Siregar, A. & Putri, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Website Interaktif terhadap Pemahaman Prosedural Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(3), 112–124.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Amanda, R., & Lestari, V. (2020). Pengembangan media belajar berbasis web untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 145–156.
Azizah, F., & Widodo, T. (2021). Efektivitas penggunaan website interaktif dalam memahami teks prosedur siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Bahasa, 9(2), 87–95.
Manurung, E., & Siregar, H. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teknologi: Dampak website interaktif terhadap keterlibatan siswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 9(3), 143–152.
Rahmawati, L., & Yuniar, D. (2024). Pengembangan bahan ajar digital untuk memahami struktur teks prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 14(1), 21–33.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















