Peran Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran Matematika

Authors

  • Leonard .

Keywords:

kemampuan berpikir lateral, berpikir positif, hasil belajar, evaluasi pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang peran kemampuan berpikir terhadap prestasi belajar mata kuliah evaluasi pendidikan. Kemampuan berpikir dalam penelitian ini meliputi kemampuan berpikir lateral dan kemampuan berpikir positif. Penelitian ini adalah penelitian survei korelasional, dengan populasi mahasiswa pendidikan matematika UNINDRA. Sampel diambil dengan teknik multistage random sampling sejumlah 60 orang. Instrumen yg digunakan adalah angket dan tes yang telah divalidasi sebelumnya. Analisis data menggunakan regresi berganda, dengan terlebih dahulu menguji normalitas, linieritas dan multikolonieritas. Dari pengolahan data diperoleh hasil: 1) terdapat pengaruh kemampuan berpikir lateral terhadap hasil belajar evaluasi, 2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan berpikir positif, dan 3) terdapat pengaruh kemampuan berpikir lateral dan kemampuan berpikir positif secara bersama-sama terhadap hasil belajar evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, Amit. 2008. Developing Your Personality by Positive Thinking, Terjemahan: Jasmine Amelia Putri. Yogyakarta: Quills Books Publisher.

Amrin, Ahmad Muchlis. 2009. Cara Belajar Cerdas dan Efektif, Bukan Keras dan Melelahkan. Yogyakarta: Gerailmu.

Hasratudin. 2008. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kecerdasan emosional melalui pembelajaran matematika realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Katolik Parahyangan 3, 45-56.

Humprey, Sandra McLeod. 2007. Berani Bermimpi - 25 Kisah Hebat. Jakarta: Penerbit Banana.

Madhi, Jamal. 2009. Kreatif Berpikir. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Krishna, Anand. 2007. Self Empowerment- Seni Memberdaya Diri bagi Para Pendidik & Pemimpin. Jakarta: Penebar Swadaya.

Leonard & Supardi U.S. 2010. Pengaruh konsep diri, sikap siswa pada matematika, dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika. Cakrawala Pendidikan, 29(3), 341-352.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional- Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peale, Norman Vincent. 1996. Positive Thinking Every Day. Jakarta:Ragam Media.

Prihastuti. 2009. Pengaruh braingym terhadap peningkatan kecakapan berhitung siswa sekolah dasar. Cakrawala Pendidikan, 28(1), 35-47.

Rooney, Anne. 2008. The Story of Mathematics. London: Arcturus Publishing Limited.

Sears, David O.; Freedman, Jonathan L.; Peplau, L. Anne. 1985. Social Psichology Jilid 1 Edisi 5. Terjemahan: Michael Adryanto. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Seto, Mario. 2010. Wisdom of positif thinking. Yogyakarta: New Diglossia.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, Yohanes. 2006. MESTAKUNG Rahasia Sukses Juara Dunia Olimpiade Fisika. Jakarta: Hikmah.

Published

2020-04-27