Main Article Content

Abstract

Penelitian ini didorong karena tuntutan  mengimplementasikan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 mempunyai perbedaan dengan kurikulum sebelumnya diantaranya pada proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran scientific. Penelitian ini ingin membuktikan bahwa dengan pendekatan pembelajaran scientific dapat meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan representasi matematis meningkat. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen dengan membandingkan kemampuan koneksi dan kemampuan representasi matematis melalui pendekatan pembelajaran scientific dan pembelajaran Langsung. Desain penelitian menggunakan desaian kelompok kontrol pretest dan postest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X dari satu sekolah dengan subjek sampel sebanyak 76 siswa yang berasal dari dua kelas. Satu kelas mendapat pembelajaran scientific (kelas eksperimen) dan satu kelas  mendapat pembelajaran Langsung (Kelas control). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes kemampuan koneksi dan kemampuan representasi matematis, serta skala sikap siswa berdasarkan skala Likert. Dari penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pedekatan pembelajaran scientific lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran Langsung; 2) Kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pedekatan pembelajaran scientific tidak lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran Langsung; 3) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pedekatan pembelajaran scientific lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran Langsung; 4) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pedekatan pembelajaran scientific tidak lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran Langsung;  5) Siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pendekatan pembelajaran scientific.

Keywords

kemampuan koneksi matematis kemampuan representasi matematis pembelajaran scientific

Article Details

How to Cite
Kristanelina, L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Scientific. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 64–77. https://doi.org/10.23969/pjme.v4i2.2511

References

Read More

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.