Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen.Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share  lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional berdasarkan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah). Tujuan lain adalah untuk mengetahui dampak self confidence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share adalah sangat  tinggi, serta untuk mengetahui hubungan yang positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen kelas VIII-C kelas kontrol.Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes kemampuan awal matematika (KAM), kemampuan pemahaman matematis dan angket self confidencesiswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model think pair sharedengan konvensional. Karena rerata gain ternormalisasi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan modelthink pair share lebih kecil dari kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair  share  tidak lebih baik daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional berdasarkan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah). Sedangkan data hasilself confidence siswa dapat disimpulkan bahwa dampak self confidence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share adalah sangat  tinggi.Hal ini diperlihatkan dari data hasil angket self confidence. Berdasarkan hasil analisis hubungan (korelasi),  ternyata tidak terdapat hubungan yang positif antara kemampuan pemahaman matematis dengan self confidence siswa.

Keywords

kemampuan pemahaman matematis model pembelajaran think pair share self confidencesiswa

Article Details

How to Cite
Chaerani, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 95–106. https://doi.org/10.23969/pjme.v4i2.2513

References

Read More

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.