Pembelajaran Matematika Guided Note Taking Dan Pbl Ditinjau Dari Motivasi Belajar Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah

Authors

  • Jaka Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2654

Keywords:

PBL, GNT, Motivasi, Kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Artikel ini membahas temuan dari penelitian kuasi eksperimen untukmengetahui pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik peserta didik SMK Negeri 1 Purwakarta kelas XI,sampel penelitian terdiri dari 3 kelas sebagai kelas eksperimen 1, dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL), kelas eksperimen 2 dengan strategi Guided Note Taking (GNT) dan kelas kontrol tanpa perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Sampling.Data yang digunakan adalah metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama, yang sebelumnya mengunakan uji prasarat analisis dengan metode lilliefors untuk uji normalitas dengan metode bartlet untuk uji homogenitas. Analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen 1, dengan eksperimen 2 ditinjau dari motivasi belajar matematika. Pencapaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang pembelajarannya menggunakan PBL lebih baik dari pada GNT, Pembelajaranya menggunakan PBL lebih baik dari konvensional,  pembelajaranya menggunakan GNT tidak lebih baik dari konvensional, Pencapaian kemapuan pemecahan masalah  matematik yang pembelajarannya menggunakan PBL nilainya lebih besar sama denan 70, 20 0rang, menggunakan GNT, 17 orang dan kelas Konvensional 17 orang, Tidak terdapat interaksi antara motivasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, T. 2009.

Inovasi Pendidikan melalui

Problem Based Learning: Bagaimana

Pendidik Memberdayakan Pemela

jar di Era

Pengetahuan

.

Jakarta: Prenada Media

Grup.

Arifin, Z. 2008. “

Meningkatkan Motivasi

Berprestasi, Kemampuan Pemecahan

Masalah, Dan hasi belajar Siswa kelas

IV SD Melalui Pembelajaran

Realistikdengan Strategi kooperatif di

kabupaten Lamongan”.

Disertasi PPS

UPI: Tidak dit

erbitkan.

Arikunto, S. 2006.

Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka

Cipta.

Budiyono, 2009.

Statistik Dasar Untuk

Penelitian.

Surakarta: UNS Pers.

Creswell, J. 2010.

Research Design

Pendekatan kualitatif, kuantitatif

dan Mixed

.

Yogyakarta: PustakaPelajar.

Departemen Pendidikan Nasional, 2006.

Permendiknas nomer 22 tahun Tentang

Standar Isi Sekolah Menengah Atas,

Jakarta: DEPDIKNAS

Edistra, E. 2012. “

Pengaruh Penerapan

Hypnoteaching dalam Problem Based

Learning terhadap kema

mpuan

komunikasi dan berfikir kreatif

matematika siswa SMP”.

Tesis PPS UPI:

Tidak Diterbitkan.

Kemenntrian Pendidikan Nasional,

Daftar Kolektif Hasil Ujian

Nasional (DKHUN).

Propinsi Jawa Barat:

Bandung

Kementrian Pendidikan danKebudayaan,

Materi Pelatihan Imlemntasi

kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK

Matematika

. Jakarta

Kosasih, E. 2008.

Ketatabahasaandan

Kesustraan

. Bandung: YRAMA

WIDYA.CV

Lopiccolo, O.S. 2013.

Implementing Guided

Note Taking to Improve

Student

Learning of Energy Saving

Constraction

Technique.

Copyright ASEE Middle

Atlantic Regional Conference April

30 Farmingdale State College SUNY.

Sabtu 16

-

-

jam 10

www.asee.org

/document

/section/middleatlantic/spring/2011/lopic

colo.pdf

,

Mahmudi, A.

Improving Student

Mathematical Problem Solving Ability

and Disposition by using Problem Based

MHM Strategy.

Educationist Jurnal

kajian filosofi, teori, kualitas, dan

menejemen pendidikan. Vol.v

No.1/Januari 2012.

Jaka Slamet Riyadi, Pembelajaran Matematika Guided Note Taking dan PBL ditinjau dari Motivasi Belajar untuk

Pencapaian Kemampuan

Pemecahan Masalah

Martin, T. 2011. Pembelajaran Matem

atika

melalui Pendekatan React untuk

meningkatkan kemampuan Pemevahan

masalah siswa SMP.

Educationist Jurnal

kajian filosofi, teori, kualitas, dan

menejemen pendidikan.Vol.v

No.1/Januari 2012.

Matlin, M W. 2009.

Cognition Seventh

Edition. Hoboken,

New Jers

ey: John

Wiley & Sons, Inc.

Muhamad S dan Abdul A. 2005.

Syarah

Tsalatsatil Ushul

: Sukoharjo: Al

-

Ghuroba’

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005

tentang

Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia Nomor

Tahun 2013 tentang

Kerangka Dasar

dan Struktur Kurikulum.

Promovendus, S. 2011. “

Peningkatan

kemampuan Berfikir logis, kemampuan

pemecahan masalah matematis, dan

sikap siswa terhadap matematika melalui

pendekatan pendidikan matematik

realistic”.

PPS Di

sertasi UPI, tidak

dipublikasikan.

Purwanto, M. N 2007.

Psikologi Pendidikan.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosnawati. R. 2012.

Kemampuan Penalaran

Matematika Siswa SMP Indonesia pada

TIMSS 2011

Prosiding Seminar Nasional

Penelitian, Pendidikan dan

Penerapan

MIPA, Fakultas MIPA, Universitas

Negeri Yogyakarta, 18 Mei 2013

Ruseffendi, E.T.

Pengantar Kepada

Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya dalam Pengajaran

Matematika,

Bandung: Tarsito

Sardiman, 2012.

Interaksidan Motivasi Belajar

Mengaja

r.

Jakarta: Raja Grafindo

Persada PT

Shadiq, F. 2004.

Pemecahan Masalah,

Penalaran dan Komunikasi.

Yogyakarta:

Dirjendikdasmen PPPG Matematika

Silberman, M. 2007.

Active Learning: 101

Strategi Pembelajaran Aktif,

terjemahan

Sarjulidkk. Yogyakarta:

Insani Madani

PT

Solihin. 2011.

Meningkatkan Kemampuan

berfikir kritis dan kreatif pada siswa

SMA melalui pembelajaran berbasisi

Masalah

: JPME November 2011, tahun

, nomer 1

Sugiyono. 2013.

Statistik Untuk Penelitian:

Bandung: Alfa Beta

Sukmadinata, N S

, 2006.

Metode Penelitian

Pendidikan.

Bandung: Remaja

Rosdakarya

Suprihatiningrum, J. 2013.

Strategi

Pembelajaran Teori dan Aplikasi

.

Jogjakarta: Ar

-

Ruzz Media.

Trianto, 2007.

Model

-

model Pembelajaran

Inovatif Berorientasi

Konstruktivistik.

Jakarta: Presta

siPustaka

Uno, H. B. 2007.

Model Pembelajaran

.

Jakarta: Bumi Aksara PT

Weinstein, C.E, & Mayer, R.E. 1986.

The

teaching of learning strategies.

In M.C

Wittrock (Ed),

Handbook of researarch

on teaching

(3

rd

,Ed.,pp.315

-

. New

York: Macmillan.

Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 6, Nomor 2, November 2016, Hal 68

-

Winatapu

tra, 2002.

Strategi Belajar

Mengajar.

Jakarta: UT

Wianti, 2007.

Penerapan Metode Problem

Based Leraning,

http://wianti;multiply.com/journal/item/7

Widjayanti, D. B. 2010. “

Analisis

Implementasi Strategi Perkuliahan

Kolaboratif Berbasis Masalah dalam

Mengembangkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematik,

Kemampuan Komunikasi Matematisdan

Keyakinan TerhadapPembelajaran

Matematika”.

PPS Disertasi UPI, tidak

dipublikasikan.

Yuni

ta, F. 2011.

Hypno Learning

. Jakarta:

Transmedia Pustaka.

Zaini, dkk. 2008.

Strategi Pembelajaran Aktif.

Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Published

2020-05-26