Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa melalui pendekatan saintifik dengan reward, pemahaman matematika siswa dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen tipe embeded dengan tiga perlakuan di tiga kelas berbeda. Kelas eksperimen pertama diberi perlakuan pendekatan saintifik dengan reward, kelas eksperimen kedua diberi perlakuan pendekatan saintifik tanpa reward, dan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes berupa pretes dan postes, yang dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan rerata. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pemahaman matematika  antara kelas saintifik dengan reward, kelas saintafik tanpa reward dan kelas kontrol, terdapat perbedaan pemahaman antara kelas saintifik dengan reward dan kelas saintifik tanpa reward, begitu juga ada perbedaan pemahaman antara kelas saintifik tanpa reward dan kelas kontrol.

Keywords

Pemahaman matematis, pembelajaran langsung, pemberian reward, pendekatan saintifik

Article Details

How to Cite
Mubarika, M. P., & Firmansyah, E. (2020). Pendekatan Saintifik Dengan Reward Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 23–35. Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/3247

References

Read More

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.