Model Group Investigation dan Kemampuan Komunikasi Matematik dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Cirebon

Authors

  • Tri Nopriana Sekolah Pascasarjana UPI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2451

Keywords:

Group Investigation, Kemampuan Komunikasi Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada tingkat Sekolah Menengah Atas. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Cirebon dengan metode quasi eksperimen dengan melibatkan 62 Siswa Kelas XI sebagai sampel. Pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang dugunakan dalam mengumpulkan data adalah tes essay. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation  lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensinal. (2) Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa  yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih tinggi dari rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

NCTM. Principles and Standards for School Mathematics. 2009. Reston, VA: Authur

Sharan, Sholomo. 2009. Hanbook of Cooperative Lerning: Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran untuk Memacu Keberhasilam Siswa di Kelas, Yogyakarta: Imperium.

E, Robert. Slavin. 2008. Cooperative Learning. Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa media

Zinargo, Daniel. 2008. Group Investigation: Theory and practice . Toronto: Ontario Institute for Studies in Education

Majalah Ilmiah Pendidikan Matematika dan IPA. Volume 8, nomor 1. 2009. Kendari: Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Haluoleo Kendari

Prosidinng Seminar Nasional Matematika.. 2007. Permasalahan matematika dan Pendidikan Matematika Terkini. Bandung : UPI

Algoritma. Volume 1, Number 2.2005. Jakarta : CeMED Jur. Pend Matematika UIN Jakarta

Published

2020-04-27