IMPLEMENTASI READING ALOUD MELALUI PEMANFAATAN POJOK BACA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR: STUDI KUALITATIF

Authors

  • Chilmianida Ainis Syifa Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Universitas Negeri Semarang
  • Bernadus Wahyudi Joko Santoso Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35030

Keywords:

reading aloud, reading corner, reading literacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Membaca Keras melalui pemanfaatan sudut baca untuk meningkatkan literasi membaca di kalangan siswa kelas dua di MIN Kudus. Latar belakang penelitian ini berasal dari pentingnya literasi membaca sebagai keterampilan dasar untuk keberhasilan akademik siswa di sekolah dasar, serta peran sudut baca dalam menciptakan lingkungan literasi yang menarik dan mudah diakses. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan penerapan kegiatan Membaca Keras melalui sudut baca dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas dua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa integrasi kegiatan Membaca Keras dengan sudut baca efektif meningkatkan keterampilan membaca, pengucapan, dan pemahaman siswa, sementara juga menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca. Lebih lanjut, kegiatan ini mendukung keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di lingkungan sekolah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer.

Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa Pgsd Fkip Uir. Journal Basicedu, vol. 4, no. 1, 24 Jan.

DeJulio, S., Martinez, M., Harmon, J., Wilburn, M., & Stavinoha, M. (2022). Read Aloud Across Grade Levels: A Closer Look. 47(2).

Faan, E. M., A, Y., & A, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasa.

Fadjriati Nurman, S., Hikmawati Usman, & Yulfaita, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Reading Aloud. Lempu PGSD, 1(2), 189–193.

Hartati, S. (2021). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.

Hermalini, I. E., & I. O. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa. Journal of Classroom Action.

Humaidah. (2025). Implementasi Reading Aloud melalui Pemanfaatan Pojok Baca dalam Gerakan Literasi Sekolah Dasar.

Hwang, H., Orcutt, E., Reno, E. A., Kim, J., Harsch, R. M., McMaster, K. L., Kendeou, P. (Pani), & Slater, S. (2023). Making the Most of Read-Alouds to Support Primary Grade Students’ Inference-Making. The Reading Teacher, 77(2), 167–177.

Khasanah, U., Miyono, N., Utami, R. E., & Rachmawati, Y. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 703–708.

L. K. S, W., & P. A. P. D. (2017). Strategi Membaca Nyaring di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Mukhtazar (2002). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media.

Natsir, M. J., Bahri, A., Ulviani, M., & Pgsd, P. (2025). PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI ROMANG RAPPOA. 10.

Pratiwi, W. M., & Musyarifah, Z. (2021). The Book of Read Aloud. Elex Media Komputindo.

Rahayu, E. W., & Mustadi, A. (2022). The Read-Aloud Method to Develop Reading Literacy at the School’s Educational Park. Jurnal Prima Edukasia, 10(2), 104–113.

Rahmadani, D., & Pasiri, H. Y. (t.t.). Strategi Reading Aloud dalam Menumbuhkan Minat Membaca Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 5 Turatea.

Rahmat, C. P., & Sugara, H. (2024). Pelatihan Literasi untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa SMAN 30 Jakarta. Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 25.

Rika Herlina, Ajo Sutarjo, & Muhammad Hanif. (2023). Penggunaan Let’s Read Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9–16.

Rizkayanti, J. (2019). Peranan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.

S, Y. (2017). Membudayakan Membaca Dengan Metode Read Aloud. Pancawahana : Jurnal Studi Islam.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sulistyowati, & Wahyu, dkk. (2023). Analisis Pemanfaatan Pojok Baca Terhadap MinatBaca Siswa Kelas IV SDN Bangunrejo Lor 1. Global Education Journal, Vol 1, No.2.

Ujung, M. W., Pd, S., Lestari, N., & Ujung, M. W. (t.t.). Analisis Penggunaan Metode Read Aloud Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III SD Negeri 101751 Klambir V.

Zahrotun. (2025). Implementasi Reading Aloud melalui Pemanfaatan Pojok Baca dalam Gerakan Literasi Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2025-11-10

Most read articles by the same author(s)