Analisis Penerapan Pembelajaran Diferenisiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan berbantuan LKPD Kreatif Pada Materi Suku Kata Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa kelas 2 SD Negeri Morkepek
Penelitian Deskriptif
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36552Keywords:
Pembelajaran, Diferenisiasi, LKPD, Kreatif, Suku kata, SD Negeri MorkepekAbstract
Pembelajaran diferenisiasi adalah sebuah strategi pembelajaran yang berorientasi guna memenuhi kebutuhan peserta didik selama proses pembelajaran. Kebutuhan tersebut dapat diartikan berupa pemberian gaya belajar, bahan ajar, dan media pembelajaran yang variatif dengan tujuan membantu siswa dalam memahami substansi materi dan menunjang hasil belajar siswa. Adapun fokus penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana pembelajaran diferenisiasi dapat dikatakan menjadi jembatan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menerapkan jenis kualitatif dengan pendekatan kasus. Adapun subjek penelitian sebanyak 15 siswa yang mendapatkan hasil pengerjaana dibawah KKTP pada assessment formatif matri suku kata. Penelitian ini mengunakan tekhnik pengumpulan data melalui tekhnik pengamatan dan penyebaran kuisioner, dan metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif Hasil pembahasan penelitian ini mencangkup analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan berbantuan LKPD Kreatif pada pada materi mengenal suku kata kelas 2 SD Negeri Morkepek.
Kata Kunci: Pembelajaran, Diferenisiasi, LKPD, Kreatif, Suku kata, SD Negeri Morkepek
Downloads
References
Abidin, Yunus. 2010. Strategi Membaca Teori dan Pembelajaranya. Bandung: Risqi Press
Avivi, A. A., Pramadhitta, A. D., Rahayu, F. F., Saptariana, M., Salamah, A. U., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning pada peserta didik Sekolah Menengah Atas kelas X pada materi bioteknologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 251–258.
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67–75. Https://Doi.Org/10.46772/Kontekstual.V4i02.995
Bahauddin Azmy, & Arif Mahya Fanny. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Inventa, 7(2), 217–223. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a8739.
Disma, D. R. I., Aunurrahman, A., Halida, H., & Sulistiyaningrum, F. (2023). Memahami Landasan Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Proses Belajar-Mengajar Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 1547–1556. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2139.
Lutfiyah. (2023). ANALISIS METODE SUKU KATA BAGI SISWA SULIT MEMBACA (DISLEKSIA) PADA SEKOLAH DASAR KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. ELSE (Elementary School Education Journal). 7(1), 60-74. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Margunayasa, G, I., (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferenisiasi di SD. Jurnal Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3),502-510. https://doi.org/10.23887/mpi.v4i3.70048
Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., Wenno, E. C., Studi, P., Bahasa, P., & Pattimura, U. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Jurnal Pendidikan Bahasa, 2(April), 1–8.
Munifah, M., & Fauziah, R. (2023). Strategi guru dalam mengelola kelas berdiferensiasi berbasis kebutuhan belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.31004/jipp.v5i1.567
Pontrimah. dkk. (2024). Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan LKPD Berbasis Proyek pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5). https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















