Analisis Penerapan Pembelajaran Diferenisiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan berbantuan LKPD Kreatif Pada Materi Suku Kata Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa kelas 2 SD Negeri Morkepek

Penelitian Deskriptif

Authors

  • Dimas Kurniawan Budi Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Universitas Negeri Semarang
  • Bernadius Wahyudi Joko Susanto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36552

Keywords:

Pembelajaran, Diferenisiasi, LKPD, Kreatif, Suku kata, SD Negeri Morkepek

Abstract

Pembelajaran diferenisiasi adalah sebuah strategi pembelajaran yang berorientasi guna memenuhi kebutuhan peserta didik selama proses pembelajaran. Kebutuhan tersebut dapat diartikan berupa pemberian gaya belajar, bahan ajar, dan media pembelajaran yang variatif dengan tujuan membantu siswa dalam memahami substansi materi dan menunjang hasil belajar siswa. Adapun fokus penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana pembelajaran diferenisiasi dapat dikatakan menjadi jembatan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menerapkan jenis kualitatif dengan pendekatan kasus. Adapun subjek penelitian sebanyak 15 siswa yang mendapatkan hasil pengerjaana dibawah KKTP pada assessment formatif matri suku kata. Penelitian ini mengunakan tekhnik pengumpulan data melalui tekhnik pengamatan dan penyebaran kuisioner, dan metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif Hasil pembahasan penelitian ini mencangkup analisis penerapan  pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan berbantuan LKPD Kreatif pada pada materi mengenal suku kata kelas 2 SD Negeri Morkepek.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Diferenisiasi, LKPD, Kreatif, Suku kata, SD Negeri Morkepek

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2010. Strategi Membaca Teori dan Pembelajaranya. Bandung: Risqi Press

Avivi, A. A., Pramadhitta, A. D., Rahayu, F. F., Saptariana, M., Salamah, A. U., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning pada peserta didik Sekolah Menengah Atas kelas X pada materi bioteknologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 251–258.

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67–75. Https://Doi.Org/10.46772/Kontekstual.V4i02.995

Bahauddin Azmy, & Arif Mahya Fanny. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Inventa, 7(2), 217–223. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a8739.

Disma, D. R. I., Aunurrahman, A., Halida, H., & Sulistiyaningrum, F. (2023). Memahami Landasan Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Proses Belajar-Mengajar Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 1547–1556. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2139.

Lutfiyah. (2023). ANALISIS METODE SUKU KATA BAGI SISWA SULIT MEMBACA (DISLEKSIA) PADA SEKOLAH DASAR KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. ELSE (Elementary School Education Journal). 7(1), 60-74. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Margunayasa, G, I., (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferenisiasi di SD. Jurnal Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3),502-510. https://doi.org/10.23887/mpi.v4i3.70048

Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., Wenno, E. C., Studi, P., Bahasa, P., & Pattimura, U. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Jurnal Pendidikan Bahasa, 2(April), 1–8.

Munifah, M., & Fauziah, R. (2023). Strategi guru dalam mengelola kelas berdiferensiasi berbasis kebutuhan belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.31004/jipp.v5i1.567

Pontrimah. dkk. (2024). Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan LKPD Berbasis Proyek pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5). https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1)

Downloads

Published

2025-12-12

Most read articles by the same author(s)