Main Article Content

Abstract

Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (2) Menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam penggunaan e-modul berbantuan sigil software setelah pada materi kaidah pencacahan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Desain pengembangan tersebut terdiri dari tiga tahap, meliputi : (a) tahap perencanaan (planning), (b) tahap desain (design), dan (c) tahap pengembangan (development). Uji coba produk terdiri dari uji alfa dan uji beta. Uji alfa dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Sedangkan uji beta terdiri dari dua tahap pengumpulan data, yaitu uji beta 1 dan uji beta 2. Pada uji beta 1 melibatkan 30 siswa kelas XII. Uji beta 2 melibatkan 27 siswa kelas XI SMKN Peternakan Lembang. Pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket respon siswa, dan instrumen tes. Penelitian ini (1) menghasilkan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (2) produk yang dihasilkan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, terbukti dengan penilaian ahli materi sebesar 4.19, penilaian ahli media sebesar 3.97, dan nilai effect size sebesar 4.37.

Keywords

berpikir kritis, e-modul, kemandirian belajar, sigil software

Article Details

How to Cite
Malik, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 18–35. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3731

References

Read More

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.