Penerapan stategi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Berfikir Kreatif serta Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTS

Authors

  • Edi Rohendi

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v9i1.2708

Keywords:

Problem based Learning, berfikir kreatif, berfikir kritis , motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpkir kritis dan kemampuan berfikir kreatif serta pengaruh terhadap motivasi belajar siswa Mts. Model yang diterapkan dalam pembelajaran adalah Problem Based Learning. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang siswa yang duduk di kelas VIII di Mts Al Mukhlisin Kabupaten Bandung. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan berfikir kritis matematis dan kemampuan berfikir kreatif siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model konvensional, gambaran peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan berfikir kreatif siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model konvensional, terdapat   korelasi      antara      kemampuan    berpikir     kritis matematis   dengan kemampuan berfikir kreatif, dan ada korelasi antara kemampuan berfikir kritis matematis dan kemampuan berfikir kreatif serta pengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2012). Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Mathematical Modelling Dalam Model Problem Based Learning. Tesis SekolahPascaSarjanaUPI. Bandung: tidakditerbitkan.

Fauziah,R .(2013). Pendekatan Saintifik Pembelajaran Elektronika Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Diunduh pada http://jurnal.upi.edu/file/06._Resti_Fauziah_165-178pdf_.pdf (24 Februari 2014)

Fariha, M. (2013).”Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kecemasan Matematika dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving”. Jurnal Peluang (Vol.1/No.2/April 2013/ ISSN:2302-5158). Jakarta: tidak diterbitkan.

Gallagher, Shelagh A & Stepien. William J. 1995. Implementing Problem Based Learning in Science Classroom.School Science and Mathemathic.

Halat, E. (2011). “The Impacts of Mathematical Representations Developed Through Webquest and Spreadsheet Activities on The Motivation of Pre-Service Elementary School Teacher”.International Journal of Mathematics Education Vol 10 Issue 2. Mei 2011. [Online]. Tersedia : www.tojet.net/articles/v10i2/10225.pdf

Hermansyah. (2010). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Unpas Bandung: Tidak Diterbitkan.

Husamah dan Yanur,S. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Ibrahim, Muslimin dan Mohammad Nur.(2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Indrawan, R., & Yaniawati, R.P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Managemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Penyegaran Nara Sumber Pelatihan Guru untuk Implementasi Kurikulum 2013 Jakarta, 26-28 Juni 2013

Kemendikbud.(2013).Sosialisasi Kurikulum 2013

Lesmana, R. (2010). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Unpas Bandung: Tidak diterbitkan.

Munandar, U. (2002). Kreativitas dan Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Nasution, M.H. (2010). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Archievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Unpas Bandung: Tidak diterbitkan.

Peter, E.E. (2012). “Creative Thinking: Essence for Teaching Mathematics and

Mathematics Problem Solving Skills.”African Journal of Mathematis and Computer Science Research. 5, (3), 39-43.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.(2013).Pelatihan Pendampingan

Kurikulum 2013

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada

Media Grup

Ruseffendi, E.T. (Ratnaningsih ,N ,2007:2) Pembelajaran dalam konstektual terhadap kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematika serta kemandirian belajar menengah atas. Disertasi sekolah pasca UPI Bandung.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Rizema, Sitiatava P. (2012). Desain Belajar mengajar Kreatif Berbasis Sains.Yogyakarta : Diva Press

Published

2020-05-31