Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X-Multimedia 1 SMK Muhammadiyah Kota Tegal melalui penerapan pendekatan STEM berbasis PBL pada materi trigonometri. Dalam Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-Multimedia 1 SMK Muhammadiyah Kota Tegal tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan  data meliputi wawancara, observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian tentang penerapan pendekatan STEM berbasis PBL adalah sebagai berikut: persentase ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus kesatu berada pada kriteria tinggi yaitu 81,25%, pada siklus kedua mengalami penurunan dengan kriteria kurang yaitu 46,875% dan pada siklus ketiga mengalami peningkatan dengan kriteria Cukup yaitu 75%.  Hasil  penelitian, menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEM berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X-Multimedia 1 SMK Muhammadiyah Kota Tegal pada tahun ajaran 2019/2020.

Keywords

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis PBL STEM

Article Details

How to Cite
Faoziyah, N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan STEM Berbasis PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 50–64. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3942

References

Read More

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.