Main Article Content

Abstract

Matematika dipandang sebagai pelajaran yang membosankan, diperlukan model pembelajaran untuk mengatasi hal itu, Snowball Throwing diharapkan bisa mengatasi hal itu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa MAN Cianjur,  menganalisis aktivitas dan respon dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain penelitian adalah Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas X-B Madrasah Aliyah Negeri Cianjur yang berjumlah 48 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah logika matematika. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes, tes dilaksanakan setiap akhir siklus sebelum menuju siklus berikutnya sedangkan non tes yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, jurnal, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa MAN Cianjur, selain itu dapat menciptakan aktivitas belajar yang menyenangkan bagi siswa, serta menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan respon siswa pun menunjukan respon yang positif terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Snowball Throwing direkomendasikan untuk mengatasi pembelajaran yang membosankan.

Keywords

aktivitas belajar mixed method pembelajaran matematika PTK Siswa MAN

Article Details

How to Cite
Santoso, A., & Mutiara Sari, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–97. Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/7411

References

Read More

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.